BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Menambah Pondasi Rumah dengan Aman dan Kokoh
0
0

7 Cara Menambah Pondasi Rumah dengan Aman dan Kokoh

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Berbicara tentang cara membuat pondasi rumah, pastinya kita tidak dapat asal membuatnya karena pondasi merupakan hal yang paling penting dari rumah. Pondasi rumah berguna untuk menopang semua yang dibangun di atasnya. Ketika pondasi tidak kuat, maka apapun yang berada di atasnya tentunya akan mudah rubuh juga. Pada artikel ini Pinhome akan menjelaskan beberapa cara untuk menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh.

Bahan bangunan adalah aspek yang sangat penting untuk Kamu perhatikan jika ingin mendapatkan pondasi rumah yang aman dan kokoh. Tidak hanya untuk umur bangunan yang awet, akan tetapi juga untuk keselamtan penghuninya. Jika hal buruk terjadi, maka taruhannya yaitu nyawa dan harta benda. Oleh sebab itu, Kamu harus mengetahui beberapa cara menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung atau dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Cara Menambah Pondasi Rumah dengan Aman dan Kokoh

Source : Pixabay

Salah satu kecelakaan kerja proyek pembuatan rumah yang mempunyai risiko fatal yaitu kerusakan atau rapuhnya beton yang ada ketika pembuatan pondasi rumah. Biasanya beton yang rapuh akan sulit untuk digunakan. Para pekerja proyek mau tidak mau harus melakukan penambahan pondasi atau biasa dikenal dengan sebutan penyuntikan. Hal tersebut berguna untuk membuat beton yang digunakan pada proyek bisa menjadi kokoh dan tahan lama.

Dengan melakukan penambahan pondasi ini, beton yang rusak akan kembali seperti semula. Akan tetapi ketika saat melakukan penyuntikan beton, Kamu harus memperhatikan cara-cara yang benar agar tidak terjadi risiko buruk yang dapat terjadi. Penambahan pondasi ini memang terbilang cukup mudah jika dilakukan oleh orang yang telah ahli pada bidangnya. Akan tetapi jika salah sedikit pada prosesnya maka kerusakan fatal akan mudah terjadi juga.

Indonesia merupakan negara yang berada di ring of fire atau cincin api pasifik. Ring of fire ini membuat negara kita sering mengalami gempat ataupun aktivitas lempek tektonik. Dengan tingginya intensitas aktivitaas lempeng tektonik tersebut, konstruksi di Indonesia harus mempunyai pondasi yang kuat untuk mencegah terjadinya kerusakan parah. Sebaliknya, pondasi yang kurat kuat atau tidak kuat sama sekali dapat membuat konstruksi menjadi mudah roboh. Berikut ini beberapa cara menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh.

1. Siapkan Situs

Source : Pixabay

Cara yang pertama yaitu menyingkirkan semua pohon, semak, tumbuh-tumbuhan, tunggul, batu berukuran besar, ataupun sisa dari konstruksi pada area yang ingin digunakan. Tempatkan bidang pelat sejajar dengan pembatas dan tancapkan tiang kayu ke dalam tanah untuk menunjukan batas bidang tersebut. Kemudian gunakan pita pengukur untuk memeriksa kembali dimensi untuk memastikan keakuratannya.

2. Penggalian Lengkap

Source : Pixabay

Garit parit ke dalam tanah yang belum tersentuh dengan daya dukung yang cukup. Kedalaman penggalian perlu sesuai dengan kebutuhan jenis dari pondasi, dengan mempertimbangkan garis beku untuk daerah yang lebih dingin. Pertahankan kedalaman yang sama untuk mencegah titik lunak atau permukaan yang tidak stabil. Langkah yang satu ini membutuhkan bantuan ekskavator profesional kecuali Kamu telah mempunyai peralatan dan terampilan menyelesaikan proyek seperti ini.

3. Melakukan Pengikisan Permukaan dan Hacking

Cara menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh yang berikutnya yaitu melakukan hacking. Hacking merupakan langkah dasar sebelum Kamu masuk ke dalam tahap penambahan pondasi. Sehingga, Kamu juga harus melakukan hacking dan mengikis beton-beton yang sudah keropos hingga Kamu bisa menemukan permukaannya yang padat.

Kenapa harus permukaan yang padat? Hal tersebut dikarenakan permukaan yang padat akan lebih mudah untuk dilakukan proses penyuntikan atau penambahan pondasi rumah.

4. Pemasangan Khusus Beton Kecil (Menggunakan Agregat 22 mm)

Source : Pixabay

5. Pembersihan Beton

Cara menambah pondasi rumah berikutnya yaitu Kamu bisa melakukan pembersihan permukaan beton dari berbagai sisa-sisa kotoran yang ada dan masih menempel pada permukaan. Langkah yang satu ini dilakukan guna ketika proses penyuntikan tidak terdapat kotoran yang menghalangi ataupun menganggu proses tersebut.

Jika terdapat sedikit saja kotoran yang menghalangi atau mengganggu, dapat dipastikan penyuntikan atau penambahan pondasi tidak akan optimal. Sehingga, ketika proses pembersihan ada baiknya Kamu mengeceknya dengan teliti hingga bersih.

6. Pemasangan Beksiting dan Pengecoran

Cara menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh yang berikutnya yaitu Kamu harus melakukan pemasangan beksiting dan pengecoran. Akan tetapi, sebelum melakukan cara yang satu ini ada baiknya Kamu membasahai terlebih dahulu beton menggunakan sikabond MV.

Sehabis itu Kamu dapat melakukan pemasangan bekisting. Gunakan sikagrout 215 atau betondengan yang mempunyai kualitas yang baik dan sama agar pemasangan tidak akan memakan waktu yang lama dan akan jauh lebih mudah.

7. Perawatan Beton

Proses perawatan beton juga harus dimulai sehari setelah penuangan dan diulangi dua hingga tiga kali sehari. Tanpa perawatan yang cukup, retakan akan cepat muncul dan ketahanan komponen strukturnya bisa terpengaruh. Praktik ini sangat pentin untuk menyediakan kelembapan yang cukup untuk reaksi kimia yang berkontribusi terhadap kekuatan beton.

Itu dia penjelasan cara menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh. Cara-cara yang digunakan memang terlihat cukup mudah. Akan tetapi Kamu tetap harus waspada dan berhati-hati jika melakukan penambahan podnasi rumah ini. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Itu dia penjelasan cara menambah pondasi rumah dengan aman dan kokoh. Cara-cara yang digunakan memang terlihat cukup mudah. Akan tetapi Kamu tetap harus waspada dan berhati-hati jika melakukan penambahan podnasi rumah ini. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download