Rincian Biaya dan Cara Bangun Rumah 10 Juta

Diperbarui oleh Nabila Azmi ∙ November 10, 2022 ∙ 5 menit membaca

Pins, tahu tidak kalau tidak selamanya membangun rumah memerlukan biaya yang sangat besar. Berkat teknologi saat ini, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk bangun rumah dengan kisaran biaya 10 juta rupiah, lho.

Dengan harga tersebut, kamu bisa membangun rumah yang murah, tetapi berkualitas. Walau begitu, Pins perlu berhati-hati ketika membuat rincian biaya anggaran membangun rumah. Alih-alih hemat, sembarangan membuat RAB justru bisa bikin kantong jebol. Begini tipsnya!

Baca juga: Cara Mengurus Sertifikat Rumah, Biaya, dan Persyaratannya

Rincian Biaya Bangun Rumah 10 Juta

Jika memiliki budget pas-pasan, tentu Pins harus memiliki perencanaan yang matang, mulai dari desain hingga memilih bahan bangunan. Pada saat perencanaan tersebut tentu Pins bisa mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk membangun rumah dengan biaya 10 jutaan.

Penasaran bagaimana contoh rincian biaya bangun rumah 10 juta? Simak ulasan lengkap di bawah ini dengan mengusung tipe rumah 36, yaitu 6m x 6m.

Baca juga:

Biaya Pondasi Rumah

Untuk mengurangi biaya, Pins bisa memilih batu kali sebagai pondasi rumah. Pondasi batu kali ini cukup ditaruh pada kolom utama yang berjumlah 9 buah batu kali. Jika satu batu kali dibanderol Rp20.000, total yang harus dibayarkan adalah Rp180.000.

Biaya Urugan Tanah

Urugan tanah setinggi 30 cm biasanya memiliki volume 8m x 8m x 0,3m = 19,2 m3. Sementara itu, harga tanah per m3 adalah Rp50.000. Bila ditotal, biaya urugan tanah bisa mencapai Rp960.000.

Jika Pins memakai kolom berbahan bambu, biaya perbatang bambu umumnya Rp50.000 dikalikan sembilan buah menjadi Rp450.000.

Estimasi Biaya Pembuatan Dinding Rumah

Biaya bangun rumah 10 juta tidak akan terlepas dari menghitung estimasi harga pemasangan dinding rumah. Bila ingin lebih murah, Pins bisa memilih dinding yang terbuat dari anyaman bambu dengan total kebutuhan (6m x 3m) x 6 buah = 108 m2.

Di sisi lain, harga anyaman bambu per lembar berukuran 3 m2 adalah Rp100.000. Jadi, Pins akan membutuhkan sekitar 36 lembar bambu dengan total biaya Rp3.600.000.

Harga Pemasangan Lantai

Bila lantai rumah terbuat dari screed beton dengan tebal 7 cm, volume lantai biasanya 6m x 6m x 0,07m = 2,52m3. Dengan ukuran tersebut, harga beton per m3 adalah Rp500.000. Bila ditotal, Pins perlu membayar Rp1.260.000.

Baca juga: Bangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya

Perhitungan Biaya Plafon, Atap, dan Kamar Mandi

Jika ingin lebih murah, Pins bisa memilih opsi tidak menggunakan plafon rumah. Selain hemat, metode ini membuat ruangan terlihat lebih tinggi dan sejuk. Namun, kamu tetap perlu membayar untuk rangka atap dan penutupnya dengan harga Rp2.000.000. Untuk kamar mandi dan pemasangan septic tank biasanya dibanderol dengan harga Rp1.500.000.

Bila ditotal semuanya, kamu bisa mendapatkan rumah yang sudah berfungsi dengan baik dengan harga sekitar Rp9.995.000. Tentu saja, biaya tersebut masih estimasi dengan model dan pilihan bahan bangunan yang cukup sederhana.

Cara Bangun Rumah 10 Juta

Merinci biaya membangun rumah menjadi 10 jutaan memang penting. Namun, Pins tetap harus memperhatikan beberapa hal agar estimasi biaya membangun rumah murah ini benar-benar bisa tercapai. Berikut beberapa tips yang patut dipertimbangkan saat membangun rumah.

Menentukan Lokasi yang Tepat

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membangun rumah murah adalah menentukan lokasi yang tepat. Bila memungkinkan, cari tempat atau tanah yang menawarkan harga murah meskipun tidak terlalu luas.

Memilih Desain yang Minimalis dan Sederhana

Tidak hanya lokasi, pemilihan desain ternyata sangat berpengaruh terhadap rancangan anggaran biaya bangunan. Salah satu model rumah yang paling aman adalah desain yang minimalis dan sederhana sesuai dengan kreativitas masing-masing pemilik hunian.

Mengurangi Jumlah Ruangan di Hunian

Jika ingin berhasil bangun rumah dengan biaya 10 jutaan, Pins perlu mempertimbangkan jumlah ruangan yang akan dibangun. Umumnya, rumah yang murah memiliki ruangna yang tidak banyak untuk menekan biaya bahan bangunan. Walau sedikit, Pins masih bisa mempercantik interior rumah dengan kreativitas yang dimiliki kok.

Baca juga:

Menunda Finishing Bangunan

Finishing merupakan langkah terakhir dari proses membangun rumah, mulai dari interior, eksterior, hingga detail kecil lainnya. Sebenarnya, Pins bisa melewati proses ini ketika rumah sudah bisa dihuni dan kembali melanjutkan finishing saat dana sudah terkumpul kembali nih.

Ikut Membantu Pekerjaan Tukang Bangunan

Terlalu banyak menyewa jasa tukang bangunan tentu bisa menyebabkan biaya anggaran bangun rumah membengkak. Oleh sebab itu, Pins bisa mengurangi hal tersebut dengan membatasi jumlah tukang bangunan dan membantu mereka bekerja.

Contoh Rumah dengan Biaya 10 Juta

Walau budget terbatas, model rumah dengan biaya 10 juta rupiah ternyata cukup beragam, lho. Berikut ini daftar inspirasi contoh rumah dengan biaya yang cukup terjangkau!

Rumah Desain Minimalis Sederhana

Salah satu model rumah dengan biaya 10 juta rupiah yang paling laris manis adalah minmalis. Desain minimalis sederhana biasanya dipakai pada rumah tipe 36 karena cenderung tidak memakn banyak lahan dan biaya yang begitu banyak.

Baca juga: Murah! Ini Kisaran Harga Jasa Bangun Rumah Per Meter Beserta Tipsnya

Rumah Balok

Jika ingin desain rumah yang unik, Pins bisa mencoba rumah balok. Maksudnya, rumah ini dibuat dengan bentuk persegi di lahan yang cukup terbatas. Isi ruangan rumah balok memang terbatas, tetapi bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin membangun rumah 2 lantai kemudian hari.

Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

(Suara.com)

RISHA adalah singkatan dari rumah instan sederhana sehat. Model rumah ini merupakan penemuan teknologi konstruksi knock down dengan memakai bahan beton bertulang sebagai struktur utamanya. Dibandingkan rumah biasa, proses pembangunan RISHA terbilang lebih cepat hanya dengan 3 orang. Selain itu, konsumsi bahan bangunan rumah ini lebih hemat dan ramah lingkungan, lho.

Nah, itu tadi sederet tips yang bisa kamu coba untuk bangun rumah dengan biaya 10 juta. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga: Harga Bahan Bangunan Terbaru dan Terlengkap


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia