Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Jangan Lupa Ini Dia Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya

Lifestyle

Jangan Lupa Ini Dia Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 24 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Sebagai umat islam setiap perbuatan atau tindakan alangkah baiknya diiringi dan diakhiri dengan niat dan doa agar Allah SWT, melindungi kita dari hal-hal buruk yang akan menimpa dan dilancarkan dalam urusannya. Ini sebabnya membaca doa sebelum dan sesudah melakukan berbagai hal itu penting, termasuk doa sebelum masuk ke kamar mandi.

Pinhome – Begitu banyak doa dalam agama Islam untuk melakukan suatu perbuatan, dari doa hendak makan, doa akan tidur, doa masuk masjid, dan masih banyak lagi bahkan sulit untuk menghitungnya. Sebagai seorang muslim patutnya kita bangga dan bersyukur akan hal itu.

Sudah kita ketahui bahwa WC atau toilet merupakan tempat yang kotor, tempat berbagai macam kuman dan sumber penyakit berada di tempat ini, karena toilet adalah tempat membuang hajat baik itu hajat besar maupun hajat kecil. Selain itu toilet juga dihuni oleh setan, maka dari itu kita dianjurkan untuk berdoa pada saat masuk maupun keluar dari WC. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan berbagi doa masuk dan keluar dari WC atau toilet agar kita terhindar dari godaan setan laki-laki maupun perempuan, jadi sangat dianjurkan untuk berdoa pada saat memasukinya dan juga saat keluar.

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

(health.kompas.com)

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa masuk dan keluar dari Wc/toilet/kamar mandi lengkap beserta latin dan terjemahnya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a’udzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan”

Doa di atas dibaca ketika akan masuk ke kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri, doa tersebut dibaca agar kita terhindar dari godaan syaitan laki-laki maupun perempuan, pada saat kita berada di dalam sedang membuang hajat. 

Bacaan Doa Ketika Keluar dari Kamar Mandi beserta Artinya

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa diatas dibaca ketika akan keluar dari WC atau kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan. Sebagai rasa bersyukur kepada Alloh Swt atas nikmat yang kita peroleh, yang telah menghilangkan kotoran yang ada pada tubuh kita, dan supaya terbebas dari kotoran atau sumber penyakit yang ada di dalam toilet.

Keutamaan Membaca Doa ke Kamar Mandi 

Berikut ini adalah Hadits tentang Anjuran berdoa ketika masuk dan keluar dari WC atau kamar mandi

Hadits anjuran berdoa saat masuk ke Wc atau kamar mandi.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: “Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan”.(HR. Bukhari)

Hadits anjuran berdoa pada saat keluar dari WC/kamar mandi.

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya: “Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Kecil Untuk Hunian Mungil

Adab-adab di Kamar Mandi 

(Popbela.com)

Selain membaca doa masuk dan keluar kamar mandi, juga ada adab yang harus dilakukan. Apa saja adab-adab ketika di kamar mandi atau toilet?

Membaca Doa Ketika Masuk Kamar Mandi

Sebagaimana kegiatan lainnya, ketika akan masuk ke kamar mandi sekalipun kita harus membaca doa.  

Masuk dengan Melangkahkan Kaki Kiri Terlebih Dahulu

Jika biasanya kita dianjurkan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu saat masuk rumah dan masjid, maka saat masuk kamar mandi berlaku sebaliknya. Rasulullah memberi contoh mendahulukan kaki kiri saat masuk kamar mandi dan mendahulukan kaki kanan saat keluar.

Mengapa? Karena kamar mandi adalah tempat yang kotor dan kita masuk dalam keadaan kotor sehingga didahulukan kaki kiri yang melambangkan kotornya. Sedangkan ketika sudah keluar dari kamar mandi, kita tentu telah membersihkan diri yang dilambangkan dengan keluar dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Tidak Menghadap Kiblat atau Membelakangi Kiblat

Saat buang hajat di kamar mandi, hendaknya tidak dalam posisi menghadap atau membelakangi kiblat. Dari Abu Ayyub Al Anshori, 

Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian mendatangi jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan tetapi, hadaplah ke arah timur atau barat.”

Bagi orang Indonesia, kiblat kita menghadap arah barat. Karena itu, baiknya buatlah agar toilet menghadap arah utara atau selatan

Jangan Berlama-lama di Kamar Mandi

Nabi Muhammad melarang kita berlama-lama di kamar mandi karena kamar mandi adalah tempat setan sehingga setan sangat suka menggoda manusia untuk berlama-lama di rumahnya.

Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya kamar mandi ini dihadiri setan.(HR. Ahmad 19807, Abu Daud 6, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Beristinja’ dengan Menggunakan Tangan Kiri

Membersihkan kemaluan setelah buang air (istinja’) dilakukan dengan tangan kiri karena tangan kanan digunakan untuk makan dan kegiatan lainnya. 

Dari Abu Qotadah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja’ dengan tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 153 dan Muslim no. 267)

Tidak Bicara Selama di Kamar Mandi

Rasulullah menganjurkan kita diam saat berada di kamar mandi. Bahkan jika ada yang memberi salam, kita sebaiknya tetap diam. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata;

“Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.” (HR. Muslim no. 370)

Lalu, bagaimana jika bernyanyi di kamar mandi? Jika menjawab salam saja tidak diperbolehkan apalagi bernyanyi.

Membaca Doa Waktu Keluar dari Kamar Mandi

Jika masuk ke kamar mandi kita harus berdoa, maka setelah keluar dari kamar mandi pun kita juga harus berdoa.

Itulah Doa Masuk Kamar Mandi, doa ini alangkah baiknya di hafalkan. semoga doa di atas bisa bermanfaat terutama bagi yang belum hafal.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel