Pinhome

Tips Properti

7 Pertimbangan Sebelum Membangun Garasi Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagian rumah sering ada beberapa yang tak mendapat cukup perhatian pada saat pembangunan. Segudang tentu saja alasannya, mulai dari urgensi hingga pertimbangan dari segi budget atau biaya. Salah satu yang paling sering diabaikan adalah bagian garasi rumah.

Padahal meski fungsinya sebagai pelengkap komplementer. Karena memang tak semua keluarga musti fokus untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi. Adanya garasi bagi sebuah rumah setidaknya bisa menjadi ruang tambahan untuk keperluan lainnya, sebagai gudang misalnya. Bila ingin membangun garasi rumah, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

garasi rumah

Perhitungkan Luasan Lahan, Desain Rumah Juga Utama

Sebuah rumah bisa dikategorikan fungsional bila sudah punya beberapa bagian utama. Kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi tentu saja. Seperti dijelaskan diatas, garasi sebagai salah satu bagian rumah memang bukan termasuk yang urgen dan mutlak harus ada. Tapi tetap alangkah baiknya untuk menghadirkan garasi sebagai bagian dari rumah yang akan menambah fungsi serta estetika.

1. Pastikan Lahannya Tersedia

Ini biasa terjadi di permukiman padat penduduk. Orang memiliki kendaraan tapi tak punya lahan untuk membangun garasi, sehingga harus menyewa. Tentunya sah-sah saja. Dengan dasar ini pula sebelum membangun garasi hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kesiapan lahan.

2. Lakukan Penghitungan Budget Secara Detil

Saat ini, melakukan pekerjaan konstruksi apapun, adalah bukan hal yang murah dan mudah. Perlu pertimbangan pasti, termasuk dalam hal membangun garasi. Pastikan budgetnya tersedia, jangan sampai proyek berhenti ditengah jalan karena hambatan keuangan. Ini akan menjadikan rumah bukannya tampak indah malahan terkesan semrawut.

3. Sesuaikan Dengan Desain Bangunan

Terkadan orang membangun garasi setelah keseluruhan bangunan telah berdiri. Oleh karena itu bila konsep ini yang berjalan. Ada baiknya, untuk menghitung keseluruhan konsep, sehingga tidak sampai menggangu konsep rumah yang telah jadi sejak awal.

4. Pilih Pekerja Konstruksi Profesional

Meski bersifat komplementer, membangun garasi adalah pekerjaan konstruksi serius juga. Lakukan ini dengan menggunakan jasa tenaga konstruksi atau tukang profesional. Oleh karena itu, pastikan bahwa budget telah siap dan tersedia.

5. Pertimbangkan Perabot Tambahan

Sebagai bagian dari rumah, garasi juga perlu ditambahkan beberapa perabot sederhana. Salah satunya adalah rak penyimpanan. Ini perlu agar barang-barang yang seyogianya menjadi perlengkapan berkendara tak berserakan kala dikeluarkan dari dalam mobil.

6. Bentuk Pintu Garasi Sangat Berpengaruh, Pastikan Bahan Apa Yang Akan Dipergunakan

Dari sekian banyak hal, pintu garasi adalah salah satu yang utama. Selain berfungsi keamanan. Bagian ini juga adalah bagian vital yang akan menjaga kendaraan dari kontak dengan luar ruangan saat terparkir. Oleh karenanya pikirkan dengan baik bentuk dan modelnya, termasuk juga material apa yang akan dipergunakan untuk membangun.

7. Bagian Lantai Mendukung Keamanan, Masukkan Pula Dalam Perencanaan

Bagian lantai garasi tak bisa diremehkan, fungsinya juga mengandung unsur keselamatan. Beberapa pakar konstruksi berpendapat, ada baiknya lantai garasi tak menggunakan keramik biasa. Tetapi dengan keramik khusus yang akan meningkatkan faktor safety saat memarkir kendaraan didalam garasi.

Tujuh hal diatas adalah rangkumannya. Tentu saja sebagai pemilik rumah dan kendaraan siapa saja bisa melakukan penyesuaian lebih agar semakin nyaman dan aman bila akan membangun sebuah garasi untuk mobil kesayangan. Semoga tips kali ini bermanfaat. Salam!

Tags :

Bagikan Artikel