Pinhome

Tips Properti

5 Aspek Untuk Renovasi Kamar Mandi Terbaru

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Renovasi rumah merupakan salah satu hal yang menyenangkan karena dengan renovasi, Anda akan mendapatkan suasana yang baru untuk hunian Anda. Membuat suasana baru tidak harus dengan renovasi besar-besaran pada seluruh bagian rumah Anda. Salah satu target yang dapat Anda ubah atau renovasi adalah kamar mandi.

Meskipun kamar mandi hanya sebagian kecil dari rumah Anda, bukan berarti renovasi akan lebih cepat dan hanya membutuhkan sedikit biaya. Agar renovasi berjalan dengan baik dan sesuai harapan, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan dan siapkan sebelum benar-benar merenovasi kamar mandi Anda. Berikut beberapa aspek yang harus Anda perhatikan dan siapkan dalam merenovasi kamar mandi.

Anggaran

Dalam urusan renovasi, tentu anggaran menjadi hal yang paling penting. Anggaran yang Anda alokasikan setidaknya harus mencakup upah pekerja, peralatan kerja, bahan material, dan tambahan-tambahan lain.

Waktu

Jangan beranggapan bahwa renovasi kecil seperti renovasi kamar mandi tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk renovasi tidak hanya bergantung pada besar kecilnya bagian yang direnovasi namun juga mencakup aspek apa saja yang perlu diganti dan seberapa besar kesulitan yang akan dihadapi oleh kontraktor dalam merenovasi rumah. Lamanya waktu renovasi kamar mandi tidak hanya dihitung mulai dari pengerjaan saja namun mulai dari proses perencanaan, pemesanan, pembelian bahan material, hingga pengerjaan akhir.

Urutan Kerja

Urutan kerja dalam renovasi kamar mandi sangatlah penting. Urutan kerja juga berpengaruh pada hasil akhir dari renovasi. Biasanya, renovasi akan dilakukan mulai dari atap, dinding yang mencakup perbaikan dinding dan pengecatan ulang, baru lantai. Jangan bayangkan Anda akan memulai renovasi dari lantai terlebih dahulu baru menuju kea tap. Tentu Anda tidak ingin lantai yang telah direnovasi tertimpa benda-benda yang jatuh saat pengerjaan di bagian atap dan tembok, bukan?

Masalah Tersembunyi

Dalam melakukan renovasi, pasti ada masalah kerusakan yang tersembunyi. Anda tentu harus siap dengan hal-hal yang akan terjadi misalnya pipa yang berkarat, kesalahan struktur pipa, keramik yang tidak tahan air, pemasangan pipa yang kurang pas, dan penggunaan elemen lain yang kurang tahan air. Untuk itu, dalam setiap renovasi Anda memerlukan dana yang lebih untuk mengantisipasi masalah-masalah yang tak terduga selama renovasi berlangsung.

Gaya Desain dan Fungsi

Renovasi bukan hanya bertujuan untuk mengganti dan memperbaiki bagian yang rusak. Tidak jarang renovasi dilakukan untuk merubah konsep dan desain kamar mandi. Agar tidak menyesal, carilah gaya desain yang Anda inginkan melalui internet. Tampilan akhir dari kamar mandi akan tergantung pada berbagai aspek seperti warna cat, pemilihan keran, shower, tubs, kebinet, dan elemen-elemen lain. mulailah dengan merancang dimana elemen-elemen itu akan di tempatkan. Jangan lupa untuk mementingkan fungsi dari elemen-elemen yang akan Anda pasang.

Tags :

Bagikan Artikel