Kamus Istilah Properti

Lisplang

istilah properti

Lisplang

Lisplang adalah bilah papan yang dipasang di pinggir atap untuk mempercantik bangunan dan menyembunyikan struktur atap. 

Apa itu Lisplang?

Lisplang
(Pixabay)

Lisplang adalah bilah papan yang dipasang di pinggir atap untuk mempercantik bangunan dan menyembunyikan struktur atap. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lisplang diartikan sebagai bilah papan yang dipasang di pinggir atap di bawah talang. 

Lisplang sering digunakan pada rumah dengan atap segitiga yang umumnya berada di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Sebab, di daerah tropis curah hujannya cukup tinggi sehingga air bisa saja terjatuh tak sempurna ke tanah, tapi justru merembes melalui atap. Oleh karenanya, dibuatlah lisplang agar air hujan tidak mengenai struktur usuk dan reng atap rumah.

Fungsi Lisplang

Lisplang
(PxFuel)

Fungsi lisplang umumnya dibagi dalam dua macam, yakni fungsi dari segi konstruksi dan fungsi dari segi estetik. Adapun penjelasannya ialah sebagai berikut.

Fungsi Lisplang dari Segi Konstruksi 

Lisplang dapat membentuk rigid yang umumnya berasal dari susunan kaso. Penggunaan lisplang dapat membuat bagian atap tidak bergeser, jadi setiap ujungnya pun lebih rapi dan terlindungi dari air hujan atau sinar matahari. 

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat membuat rumah terhindar dari kerusakan. Baik karena rembesan air atau paparan sinar matahari. Tak hanya itu, lisplang pun bisa dimanfaatkan sebagai pemisah antar ruang, sehingga bangunan tampak lebih terstruktur, khususnya pada bagian atapnya.

Fungsi Lisplang dari Segi Estetika 

Disadari atau tidak, lisplang dapat membuat tampilan rumah lebih cantik dan rapi. Dengan catatan, pemasangannya harus terencana dan ketinggiannya pun sesuai dengan kebutuhan rumah. 

Tak hanya itu, kamu pun perlu menggunakan lisplang yang sesuai dengan tema rumah, supaya lebih menyatu.

Jenis Lisplang

Lisplang
(Pixabay)

Jenis lisplang cukup beragam. Jika dilihat dari segi bahannya, berikut jenis lisplang yang umum ditemukan di pasaran. 

Lisplang Kayu

Lisplang kayu bisa dibilang sebagai lisplang tertua di Indonesia. Lisplang ini banyak digunakan pada bangunan tradisional, seperti rumah joglo ala Jawa atau Bale Sepakat ala Bali. 

Umumnya,  lisplang kayu dibuat dengan menggunakan papan kayu dengan lebar, sekitar 20 sentimeter. Ketebalannya sendiri antara dua sampai tiga sentimeter. 

Kelebihan dari lisplang ini yakni bisa diukir sesuai selera. Namun begitu, ada pula model lisplang kayu modern yang biasa polos dan tak memiliki ukiran. Selain itu, bahan lisplang kayu juga relatif ringan tapi kuat dan tahan rayap.

Lisplang Beton

Lisplang beton dibuat dengan menggunakan cetakan, sehingga bentuknya lebih rapi dan presisi. Lisplang ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya ialah tahan panas dan hujan serta tidak mengalami pembusukan. 

Sayangnya pemasangan lisplang beton bisa jadi tak semenarik lisplang kayu. Sebab, bentuknya kurang bervariatif dan cenderung polos. 

Lisplang beton dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Meski demikian, harganya pun bisa lebih murah daripada lisplang kayu kelas satu.

Lisplang Metal

Lisplang metal memiliki keunggulan seperti tipis, ringan, dan kuat. Selain itu, pemasangannya juga lebih rapi. 

Bentuk lisplang metal cukup sederhana dan simpel, sehingga cocok untuk rumah bergaya minimalis modern. Lisplang metal cocok dipadukan dengan rangka atap baja ringan. Kombinasi keduanya dapat membuat atap rumah lebih estetis dan kuat. 

Dalam penggunaannya, biasanya dipilih bahan metal yang terbuat dari campuran aluminium dan galvanis. Oleh karenanya, ketahannya terhadap kerat akibat panas dan hujan cukup baik. 

Lisplang metal biasanya dijual pada ketebalan 0,6 hingga 0,9 sentimeter. Harganya sendiri relatif lebih murah jika dibandingkan dengan lisplang lainnya.

Lisplang GRC

Ada satu bahan lisplang yang bisa menjadi alternatif pengganti lainnya, yakni lisplang GRC. 

Lisplang GRC memiliki sifat anti bocor serta bobot yang ringan dan kekuatan yang baik. Lisplang ini umumnya berbentuk sederhana dan polos, sehingga cocok untuk rumah bergaya modern. Meski begitu, ada juga lisplang GRC yang dibuat dengan serat kayu supaya terlebih natural. Mengenai harga, lisplang ini tidak terlalu mahal, sekalipun kualitasnya cukup bagus.

Tips Memilih Lisplang untuk Atap Rumah

Lisplang
(Pixabay)

Sebelum membeli, pastikan untuk memilih lisplang yang sesuai dengan kebutuhan rumah supaya penerapan tepat. 

Tak perlu bingung, pemilihan lisplang kayu dapat disesuaikan dengan tema rumah maupun kondisi cuaca di daerah tempat tinggal. Sebagai anjuran, sebaiknya pilihlah lisplang yang tahan terhadap semua cuaca, baik hujan maupun panas. Pasalnya, kerusakan pada lisplang bisa mengganggu fungsinya sebagai pelindung rangka atap, sehingga berpotensi membuat bagian bangunan lain ikut rusak. 

Selain itu, pastikan pula visual lisplang cukup cantik karena dapat memengaruhi keindahan rumah. Di luar daripada itu, kamu juga harus mempertimbangankan harganya. Sebaiknya sesuaikan bujet di awal, supaya pembelian lisplang tidak mengganggu anggaran belanja lainnya. 

Pemilihan lisplang harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Walau tampaknya sepele, tetapi bagian ini memiliki fungsi yang cukup krusial dalam rumah. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangakannya matang-matang serta melakukan riset terlebih dulu supaya tak keliru membeli. 

Kamu dapat mengecek melalui media daring atau toko bangunan untuk memahami kualitas lisplang. Tak perlu ragu untuk bertanya, mengingat bahwa peran bagian bangunan ini cukup krusial fungsinya. Di luar daripada itu, penting pula untuk memahami fungsi lisplang karena hal ini merupakan patokan awal dalam penggunaan dan pemasangannya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.