Kamus Istilah Properti

Conwood

istilah properti

Conwood

Conwood adalah material bangunan sebagai alternatif pengganti kayu yang terbuat dari semen dan serat selulosa.

Apa Itu Conwood?

conwood
(Courtina)

Saat ini ada banyak material pengganti kayu yang dapat Pins pertimbangkan, conwood adalah salah satunya. 

Meskipun memiliki tampilan seperti kayu, tetapi material ini terbuat dari semen berkualitas tinggi dan serat selulosa. Selama proses pembuatannya, material ini diproses menggunakan teknologi terbaik dari Swiss.

Alhasil, produk Conwood dikenal memiliki daya tahan yang sangat baik dan kokoh seperti kayu asli. 

Banyak orang juga memilih conwood karena termasuk kategori material yang ramah lingkungan karena tanpa menggunakan kayu asli dan 100 persen tanpa asbes.

Pins bisa memilih conwood sebagai  material konstruksi gedung atau rumah. Hasil akhirnya berupa bangunan alami dengan unsur kayu tetapi kekuatan yang sangat tinggi layaknya beton. 

Tak heran memang jika mengingat proses terbentuknya conwood dengan menggunakan komposisi 70 persen fiber semen dan 30 persen selulosa.

Lalu, campuran adonan ini dicetak dan dikeringkan memakai teknologi khusus. Hasilnya sangat padat dan memiliki kesolidan yang sama seperti kayu. 

Pins dapat memotong conwood dengan gergaji maupun memakai pahat. Material ini sangat cantik dan kokoh yang dapat digunakan untuk berbagai elemen bangunan, baik itu interior maupun eksterior.

Di Indonesia, pembangunan rumah yang didominasi material conwood dibuat oleh PT Conwood Indonesia. Harga conwood sekitar Rp 2,4 juta per meter persegi. 

Kelebihan Conwood Sebagai Material Bangunan

conwood
(Caritra)

Sebagai material pengganti kayu, ada sejumlah keunggulan dari conwood. Mari simak ulasannya berikut ini.

Tahan Lama dan Kokoh

Conwood adalah material yang sangat baik untuk membuat gaya rumah bertema kayu tetapi tanpa unsur kayu sama sekali. Dibandingkan kayu yang mudah dimakan rayap dan mudah rapuh kalau sering terkena sinar matahari dan hujan, conwood tidak demikian karena sangat kuat dan tahan lama. 

Penyebabnya karena material ini menggunakan semen yang memiliki sifat anti rayap, anti jamur, anti api, dan anti air. Alhasil, produk ini tergolong material yang bisa digunakan untuk jangka waktu panjang.

Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, conwood adalah material tanpa menggunakan kayu dan asbes. Ini berarti, ketika Pins memilih material ini, maka akan turut menjaga lingkungan karena tidak harus menebang pohon. 

Produk ini juga sudah memperoleh sertifikat ramah lingkungan dari Singapore.

Estetik

Bagi Pins ingin memiliki hunian bernuansa alami dengan kesan natural, maka conwood menjadi pilihan yang tepat. Bahkan, hampir sulit membedakan apakah rumahmu mengandung kayu atau tidak. 

Hal ini karena tekstur dan corak memang hampir menyerupai kayu asli sehingga agak sulit untuk membedakannya.

Pemasangannya Mudah

Tak jauh berbeda dengan kayu solid, alternatif pengganti kayu ini terbilang mudah dipasang  memakai paku, bor, dan sekrup. 

Lalu material ini juga bisa dengan mudah digergaji sama seperti kayu asli. Jadi, proses instalasinya pun tidak membutuhkan banyak waktu.  

Harga Lebih Ekonomis

Kalau Pins bandingkan dengan menggunakan kayu, maka penggunaan conwood jauh lebih hemat. Dari sisi daya tahannya juga tidak kalah karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Proses pemasangannya juga sederhana sehingga tidak terlalu membutuhkan biaya yang banyak. 

Perawatan yang Mudah

Kelebihan terakhir material ini sangat mudah dalam hal perawatannya, bahkan sekalipun dibandingkan dengan kayu asli. Pins tak perlu khawatir conwood termakan rayap, jamur, lembab, dan efek lain yang bisa merusak.  

Kekurangan Conwood

Adapun sejumlah kekurangan conwood adalah sebagai berikut: 

  • Bobotnya berat sehingga sulit dipindahkan
  • Pins akan membutuhkan penopang atau kerangka yang digunakan dalam keadaan kokoh dan kuat.
  • Cenderung tidak tahan terhadap benturan. Pins harus berhati-hati selama proses pemasangan dan perawatannya. 
  • Rawan tergores benda tajam.

Jenis Conwood 

Pins bisa menemukan conwood dalam beberapa jenis dengan bentuk dan tekstur yang tampak sama persis seperti kayu original.

Jenisnya ini juga menentukan fungsi dan kegunaannya. Yuk, simak jenis-jenis material pengganti kayu ini sebagai berikut: 

Conwood Lap Siding BG

Conwood Lap Siding BG
(Arsitag)

Jenis Lap Siding BG yang cocok diaplikasikan sebagai fasad rumah. Tekstur kayu alaminya sangat cantik dan memberikan tampilan modern. Pins isa juga menggunakannya untuk menghiasi dinding.

Conwood Decorative Panel ECP

Conwood Decorative Panel ECP
(Conwood Indonesia)

Jika Pins ingin mengaplikasikan desain beton expose, jenis panel ECP adalah pilihan yang tepat untukmu. Pins bisa memilih dua ukuran dengan tekstur dasar layaknya semen atau beton.  Tipe ini memiliki keunggulan karena tidak perlu dicor dan bisa langsung dipakai.

Conwood Lap Siding G-Series 

conwOod
(Conwod Thailand)

Tipe G-Series tergolong serba guna yang bisa digunakan pada dinding interior maupun eksterior. Pins bisa memilihnya untuk memberikan tampilan modern pada rumah dengan serat kayu bertekstur. 

Conwood Decorative Panel Array

Decorative Panel Array
(Conwod Thailand)

Memiliki ciri khas lekukan berbentuk U yang unik. Tampilannya memberikan kesan dimensi pada berbagai jenis ruangan dengan tekstur yang terlihat cantik. 

Jenis ini cocok untuk diterapkan di berbagai jenis dinding, baik vertikal maupun horizontal. Ruas-ruasnya terlihat padat. 

Conwood Plank 2”

Conwood Plank 2”
(Wix.com)

Tipe selanjutnya bisa memberikan tampilan modern dan klasik. Menariknya, Pins bisa menempatkannya pada ruang apa saja, baik itu hunian maupun bangunan lainnya. 

Keunggulannya produk ini cenderung tahan lama sehingga dapat digunakan secara kreatif untuk menghadirkan nuansa kayu dekoratif.

Panel Decorative Panel Rhythm

Panel Decorative Panel Rhythm
(Conwood Thailand)

Terakhir, merupakan jenis conwood terbaru yang cocok untuk desain dinding artistik kontemporer yang modern. Pins bisa mengaplikasikannya dengan memodifikasinya.

Hasilnya berupa tampilan dinding tidak monoton.

Nah, itu dia Pins informasi seputar conwood yang bisa Pinhome sampaikan. Apakah kamu tertarik menggunakannya di rumah? 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.