Kamus Istilah Properti

End Table

istilah properti

End Table

End Table adalah sebuah meja kecil yang diletakan pada samping kursi atau sofa.

Apa Itu End Table?

End Table
(Urban Ladder)

End Table adalah sebuah meja kecil yang diletakan pada samping kursi atau sofa. Banyak orang menggunakan istilah tersebut sebagai side table alias meja samping. Meski sebenarnya keduanya memiliki sedikit perbedaan. 

Perbedaan kedua jenis meja tersebut terletak pada adalah peletakannya. Meja ujung hampir selalu diletakan ruang tamu dimaksudkan untuk ditempatkan di sebelah sofa atau kursi. Untuk alasan ini, ketinggian table mengikuti sandaran pada kursi atau sofa, atau bisa juga sejajar. 

Sementara side table, di sisi lain, seringkali lebih dekoratif dan dimaksudkan untuk diletakkan di dinding. 

Fungsi Meja End Table

End Table
(Space Joy)

Secara umum, fungsi end table adalah sebagai tempat untuk meletakkan barang di atasnya. Selain itu, penggunaan meja ini juga digunakan untuk mempercantik interior ruangan karena bentuknya yang mungil dapat menambah daya tarik atau sentuhan akhir pada interior ruang tamu.

Pemilik hunian bisa meletakan meja di mana pun sesuai dengan kebutuhan. Nah, berikut ini fungsi meja ujung di dalam ruangan. 

Tempat Meletakan Majalah di Ruang Tamu 

Selain sebagai menyambut tamu, tak ada salahnya untuk meletakan meja sebagai tempat untuk meletakan pernak-pernik yang bisa digunakan oleh tamu seperti beberapa koran dan majalah terbaru. 

Tamu bisa membaca majalah atau koran tersebut ketika mengunjungi rumahmu sehingga mereka tak bosan saat harus ditinggalkan sendiri di ruangan tersebut. 

Menyimpan Lampu Meja di Kamar Tidur 

Selain di ruang tamu, Pins juga bisa meletakan di kamar tidur. Meja ini bisa berguna untuk menyimpan lampu duduk atau lampu meja di atasnya. 

Menempatkan lampu di atas end tables dapat menambah kesan menyenangkan di dalam ruangan. Apalagi banyak orang menikmati saat-saat membaca buku menjelang tidur dan lampu meja tentunya akan mudah dijangkau jika terletak di atas end table. 

Menaruh Ponsel Saat Diisi Daya 

Letakan meja dengan dengan colokan listrik agar bisa menjadi tempat menyimpan ponsel ketika di-charger. Pins bisa mengecek ponsel sesekali di meja ujung ini sambil duduk di sofa. 

Tak hanya ponsel, kalau meja berukuran cukup besar, bisa juga mengisi daya laptop di sini, Pins! 

Sebagai Coffee Table 

Meja ini juga bisa berfungsi sebagai coffee table untuk menaruh kopi, kue, permen dan camilan lainnya. Tempatkan pada area yang strategis  seperti ruang tamu sehingga mudah ditemukan oleh orang-orang. 

Jangan lupa sediakan tatakan gelas untuk menjaga agar end tables terhindar dari noda akibat rembesan air, ya, Pins! 

Tempat Menyimpan Barang 

Fungsi yang terakhir dari meja tersebut adalah tempat yang tepat untuk menempatkan berbagai macam barang, seperti foto keluarga maupun piagam penghargaan yang pernah Pins terima.

Tak hanya itu, Pins juga dapat menaruh permainan favorit keluarga, remote televis, atau telepon rumah. Taruhlah sebuah mangkuk hias yang bagus diatas meja jenis end tables Pins lalu taruh kunci atau uang koin didalamnya. 

Desain End Table untuk Mempercantik Ruang Tamu

Kalau kamu merasa ruang tamu terasa monoton, maka tak ada salahnya menambah meja sebagai sentuhan akhir. 

Sebagai inspirasi, berikut ini desain meja yang bisa Pins gunakan untuk mempercantik ruanganmu.

Meja Bulat Kayu  

End Table
(Etsy)

Buat mereka yang mengusung konsep kesederhanaan, desain meja bulat dengan sentuhan kayu ini bisa jadi pilihan.

Ambil kreasi kayu jati ini yang menggunakan cabang sebagai kaki. Pilihlah meja berbahan kayu jati dengan kaki batang yang kokoh. Tempatkan cangkir kopi di atasnya. 

Meja Mungil dengan Laci

End Table
(Family Handyman)

Ide end table berikutnya yaitu berbentuk mungil dengan laci. Pins bisa membuatnya sendiri sehingga bisa membuat sesuai keinginan.

Desain sederhana ini membuatnya cocok untuk banyak ruang keluarga. Dan, end table memiliki laci yang berguna untuk penyimpanan.

Pet Crate End Table

end table
(Tan AE)

Desain meja yang satu ini cocok buat Pins yang memelihara hewan seperti anjing maupun kucing. Dudukkan mereka di dalam meja ujung berbahan kayu ini untuk menjauhkan bulu mereka dari sofa. 

Kemudian, di bagian atasnya Pins bisa meletakan berbagai macam barang seperti lampu, pajangan, maupun majalah. Cantik dan multifungsi, bukan? 

End Table Modern dengan Penyimpanan

end table
(Sassy Townhouse Living)

Percantik ruangan dengan menambah meja yang satu ini. Pilihlah dengan ruang penyimpanan yang cukup dengan dua laci. Di dalamnya Pins bisa meletakan kunci mobil, remot, dan lain sebagainya.

Jadi, tak perlu kesulitan mencarinya karena sudah pasti ada di dalam end table tersebut. 

Twisted Mirrored-End Table

end table
(Interior Design Ideas)

Jika tak mau menggunakan berbahan kayu, maka pilihlah meja yang terbuat dari kaca ini. Bentuknya yang artistik dan modern, menampilkan kesan yang anti-mainstream. 

Bentuk kakinya yang melengkung namun tetap kokoh, meja ujung ini menawarkan ilusi ruang yang lebih besar.

Nah, itulah informasi mengenai end table. Melihat fungsi dan desainnya yang menarik, apakah Pins merasa membutuhkannya di ruangan? 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti. 

Kontributor: Linda

Editor: Iko