Kamus Istilah Properti

Wonderboard

istilah properti

Wonderboard

Wonderboard adalah sebuah panel yang terbuat dari beton dan fiberglass yang digunakan sebagai bahan pendukung ubin keramik maupun lantai dan dinding ubin. 

Apa Itu Wonderboard?

Wonderboard
(johnbridge.com)

Ketika Pins hendak membangun atau merenovasi rumah, pada bagian pemasangan keramik atau material berbahan dasar bebatuan pada area basah seperti kamar mandi, maka akan membutuhkan wonderboard. 

Wonderboard adalah sebuah panel yang terbuat dari beton dan fiberglass yang digunakan sebagai bahan pendukung ubin keramik maupun lantai dan dinding ubin. 

Selain untuk aplikasi ubin, penggunaan wonderboard juga sering ditemukan pada deck bak mandi, batu, batu tulis, dan bata tipis pada perumahan.  

Produk berbahan dasar semen ini tersedia dalam bentuk lembaran, umumnya 3 x 5 lembar ditemukan dengan nama WonderBoard ® Lite. 

Tujuan pemasangan wonderboard adalah untuk stabilitas dan perlindungan kelembaban. 

Dibandingkan bahan lainnya, papan lantai beton ini disebut 20 persen lebih ringan dan lebih halus untuk dipotong sehingga membutuhkan pengikat khusus dan saat proses penempelannya pun menggunakan mortar, bukan sambungan.

Mortal sendiri sering digunakan untuk campuran semen, pasir, dan juga air. 

Kekuatan lenturnya tinggi ditambah dengan tahan terhadap kelembaban, membuat wonderboard ideal untuk aplikasi area interior maupun eksterior.

Tips untuk Bekerja Dengan WonderBoard

Wonderboard
(The Bath Company)

Wonderboard meamng dirancang untuk digunakan di tempat basah, tetapi bukan penghalang kelembaban. Untuk itulah, agar penggunaannya lebih maksimal, Pins membutuhkan perhatian ekstra.

Saat memasangnya di dinding atau lantai yang terkena kondisi lembab, Pins harus terlebih dahulu mencari bahan yang tahan lembab seperti kertas tar atau foil polietilen sebagai gulungan lantai. 

Ketika memotong lembaran wonderboard, sebaiknya terlebih dahulu membuat garis imajiner sehingga potongan lebih pasti dan rapi. Tetapi, tak ada salahnya kalau memasang langsung dalam bentuk lembaran penuh.

Lalu, Pins bisa memakai pisau atau gergaji bundar untuk memotongnya.

Prosedur yang disarankan untuk memasang papan fiber semen seperti Wonderboard di lantai membutuhkan penyebaran lapisan atau mortar terlebih dahulu. Hal ini untuk menstabilkan papan pelindung, mengangkatnya, dan mencegah retakan pada ubin atau nat ubin. Lumuri mortar dengan stud beberapa saat dan letakkan papan pelindung pada saat mortar masih basah.

Jangan lupa gunakan kacamata karena selama proses pemotongannya menghasilkan debu semen yang akan mengganggu penglihatan.    

Cara Memasang Wonderboard

Wonderboard
(Home Depot)

Lalu, bagaimana cara menginstalasi Wonderboard? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Potong Wonderboard

Meskipun memiliki inti berbasis beton, WonderBoard memotong seperti drywall. Gunakan pisau utilitas untuk mencetaknya, lalu jepret sepanjang garis dengan Wonderboard diposisikan pada garis lurus, seperti tepi meja kerja. 

Setelah bagian yang tersisa terpisah, lepaskan dengan mengiris melalui penyangga jala. Potongan untuk perlengkapan dan kotak listrik memerlukan penggunaan bilah karbida atau potongan batu, yang menembus material beton dan lebih panjang dari perkakas baja.

Gunakan Penutup Stud

Saat memasang di dinding, Pins mungkin perlu memotong lembaran untuk memastikan sambungan terjadi di tengah permukaan stud.

Fitur tahan air Wonderboard memang akan membantu melindungi bingkai yang mendasarinya di dinding. Akan tetapi, masih merupakan praktik yang baik untuk menutupi stud dalam lembaran plastik polietilen sebagai penghalang uap, sebelum memasang semua jenis backerboard.

Di lantai atau meja, substrat kayu lapis dengan celah ekspansi 1/8 inci menyediakan dasar yang diperlukan untuk WonderBoard. 

Ketebalan keseluruhan kayu lapis dan WonderBoard bersama-sama harus minimal 1 inci. Tidak perlu melepas material lantai seperti ubin, vinyl atau linoleum karena Wonderboard dipasang langsung di atasnya. 

Demikian pula, laminasi tidak perlu dilepas dari meja sebelum memasang WonderBoard.

Ikat Wonderboard

Untuk lantai atau meja, paku tempat tidur mortar tato ke substrat dan posisikan dengan ujung sekop. Karena lantai sering dilalui pejalan kaki, kencangkan Wonderboard dengan sekrup backerboard 1 1/4 inci, atau paku atap galvanis 1/2 inci. 

Pins bisa mendapatkan sekrup untuk papan semen fiber ini ini di toko bangunan maupun pertukangan untuk papan semen fiber.  

Ruang paku atau sekrup sekitar 6 hingga 8 inci. Aplikasi dinding tidak memerlukan mortar thinset, jadi sekrup saja sudah cukup untuk memasang WonderBoard. 

Selesaikan jahitan antara lembar Wonderboard untuk pemasangan lantai dan dinding. Hal ini untuk menghilangkan celah konstan di sepanjang permukaan, yang dapat melemahkan pemasangan. Tinggalkan celah ekspansi 1/8 inci di antara lembar Wonderboard.

Tahap Finishing

Terakhir, Pins bisa mengisi lipatan di antara lembaran Wonderboard dengan mortar tipis. Saat lembaran bertemu dalam garis horizontal, tambahkan beberapa selotip fiberglass dan lapisan tisu lainnya. Proses ini mirip dengan finishing baja. 

Jaga agar mortar tetap halus dengan melepaskannya dari jahitannya. Setelah jaringan benar-benar kering, instalasi Wonderboard selesai, dan permukaan siap untuk ubin atau perawatan lain yang diinginkan.

Saat memasang pada kayu lapis kayu lapis, goyangkan jahitannya dan jangan sejajarkan tepi lembaran dengan sambungan kayu lapis. 

Itulah informasi mengenai Wonderboard. Mengingat pentingnya elemen ini pada bagian yang basah dan lembab, sebaiknya tidak melewatkan bagian ini, ya! 

Pins bisa menemukan Wonderboard dengan mudah di toko bangunan maupun di e-commerce. Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko