Kamus Istilah Properti

Wash-basin

istilah properti

Wash-basin

Wash-basin merupakan istilah dalam bahasa Inggris British (English British) untuk sink atau artinya wastafel, yang digunakan untuk tempat mencuci tangan. Media ini umumnya digunakan pada level rumah tangga hingga restoran untuk kebutuhan dapur atau membersihkan alat makan.

Tipe wash basin

Wash basin pada dasarnya mempunyai banyak tipe. Tipe tersebut dibagi berdasarkan jumlah area cuci. Berikut ini ada beberapa tipe wash basin yang perlu kamu pahami.

Tipe single (Single basin)

Tipe ini hanya mempunyai satu bak saja. Biasanya digunakan untuk rumah tangga dan diletakkan di dekat dapur atau kamar mandi. Fungsi single basin biasanya untuk mencuci muka atau tangan. Single basin mudah dibersihkan karena hanya terdiri dari satu bak dan satu aliran air.

Tipe double (Double basin)

Double basin merupakan wastafel dengan dua bak. Jika kamu pernah makan di restoran cepat saji seperti McD atau KFC, kamu akan melihat ada 2 bak yang bersebelahan. Satu bak besar untuk mencuci tangan orang dewasa, dan bak yang lain  untuk anak-anak. Apabila kamu ingin memasang double basin di dalam rumah, pastikan area yang digunakan cukup. Hal ini karena double basin akan memakan tempat lebih banyak dibandingkan single basin.

Tipe triple (Triple basin)

Triple basin adalah wastafel dengan tiga bak. Umumnya triple basin akan digunakan oleh dapur pada restoran dan kafe untuk kebutuhan mencuci sayur, buah atau peralatan makan. Triple basin pada dasarnya kurang cocok untuk diletakkan di area rumah yang sempit, hal ini karena ukurannya yang panjang dan memakan tempat.

Bagaimana tips membersihkan wash basin?

Wash-basin
(IKEA)

Pada umumnya, membersihkan wastafel bisa dilakukan dengan mudah. Namun ada beberapa tips dan trik yang perlu dilakukan.

Lap bagian bak dengan sabun

Langkah pertama, pastikan bagian bak kamu bersihkan menggunakan lap basah atau kanebo basah. Lalu keringkan menggunakan lap kering. Pastikan tidak ada noda yang tersangkut di pinggiran bak. Biasanya akan muncul noda kuning atau karat pada bagian bawah keran. Periksa bagian ini dan bersihkan hingga noda menghilang.

Cek bagian bawah basin

Selain bagian atas, kamu perlu membersihkan bagian bawah basin juga, lho. Walaupun jarang terlihat namun bagian ini bisa saja kotor karena debu atau lumut akibat kondisinya yang lembab. Ada baiknya kamu melakukan pengecekkan pada bagian bawah basin untuk menghilangkan noda di bagian tersebut.

Bersihkan lubang aliran air

Pada basin, biasanya akan terdapat lubang yang digunakan untuk aliran pembuangan air kotor. Lubang tersebut biasanya terbuat dari besi atau bahan metal yang mudah menjadi karat. Noda membandel akan mudah menempel pada bagian ini. Nah, pastikan kamu menggosoknya dengan sikat gigi bekas. Kamu juga bisa membersihkan bagian tersebut dengan baking soda agar lebih maksimal. 

Bersihkan pipa saluran basin

Bagian pipa pada saluran wastafel pun perlu dibersihkan. Hal ini untuk mencegah bau busuk pada pipa karena adanya kotoran yang menempel di pipa saat terbawa air. Selain itu membersihkan pipa juga bisa menjaga kualitas pipa. Beberapa saluran pipa dibuat dari besi. Besi yang terus-terusan terkena air akan menyebabkan karat pada permukaan saluran. Ketika hal ini terjadi ada baiknya mengganti pipa agar tidak menyebabkan kebocoran.

Cara memilih wash basin yang tepat

Wash-basin
(IF Design Award)

Setelah memahami bagaimana membersihkan basin, kamu juga perlu tahu cara memilih wash basin yang tepat.  Hal ini akan berkaitan dengan awet atau tidaknya wastafel untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pilih gaya wash basin yang sesuai dengan keinginan

Untuk menyesuaikan dengan gaya rumah, alangkah baiknya jika kamu memilih gaya wash basin yang sesuai dengan interior rumah. Hal ini agar wastafel bisa menyatu dengan style di dalam rumah sehingga senada.

Pilih single atau double basin

Ingat, perbedaan dari kedua tipe basin ini adalah pada ukuran dan jumlah bak. Wash basin dengan single basin mempunyai satu bak, dan double basin memiliki dua bak. Semakin banyak bak maka ukuran panjang wastafel akan bertambah. Jika anggota keluarga kamu besar, tidak ada salahnya untuk memilih double basin. Namun jika kamu hanya tinggal dengan orang tua atau istri, maka pilih saja single basin.

Sesuaikan ukuran basin dengan luas dapur 

Untuk memastikan wash basin yang kamu beli sudah sesuai dengan kebutuhan, cek juga ukuran dapur atau area untuk meletakkan wastafel. Pastikan ukuran wastafel muat dengan ukuran area untuk meletakkan sink tersebut. Hal ini agar saat pemasangan bisa menyesuaikan area yang tersedia.

Pilih bahan yang berkualitas bagus

Kualitas adalah hal penting yang selalu menjadi pertimbangan saat membeli perabotan rumah, bukan? Nah untuk memastikan wastafel awet, maka kamu perlu memilih kualitas sink yang bagus. Kamu bisa membandingkan bahan yang biasa digunakan oleh sink atau melihat review yang ada di internet.

Membeli wash basin bisa menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga. Hal ini berkaitan dengan media untuk mencuci tangan atau membersihkan perlengkapan makan. Maka dari itu, lakukan pertimbangan yang matang sebelum membeli wash basin agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.