Kamus Istilah Properti

Surveyor

istilah properti

Surveyor

Surveyor adalah orang yang mampu melakukan teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data, penyelidikan, peninjauan

Apa itu Surveyor? 

Surveyor adalah orang yang mampu melakukan teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data, penyelidikan, peninjauan.

Perannya sangat kompleks di segala macam bidang. Salah satunya di bidang properti. 

Seorang surveyor biasanya tergabung dalam Ikatan Surveyor Indonesia (ISI). ISI berperan aktif dalam pengembangan profesi ini dan mendukung peran mereka dalam pembangunan nasional.

Tugas Surveyor 

surveyor
sumber: sava.co.uk

Tugas utama seorang surveyor adalah mengevaluasi dan memberikan masukan dan saran kepada klien (baik personal maupun perusahaan)

  • Mengumpulkan seluruh informasi dan data pendukung yang diperlukan sehingga dapat melakukan analisis dan dapat mengambil keputusan yang tepat.
  • Memastikan informasi yang diterima sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 
  • Mengunjungi lokasi, mewawancara pihak terkait, dan membuat kesimpulan setelah disurvei. 
  • Melakukan verifikasi serta melakukan pengecekan kebenaran data dan informasi yang diperoleh.
  • Bertanggung jawab terhadap validitas dan kelengkapan dokumen.

Jenis-Jenis Surveyor dalam Dunia Properti 

sumber: propertyhealthcheck.ie

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, pekerjaan ini sebenarnya bisa digeluti di berbagai bidang. Untuk dunia properti sendiri, ada beberapa jenis surveyor, antara lain:

1. Surveyor Gedung

Surveyor gedung adalah ahli dalam bidang konstruksi dan bangunan. Tugas utama adalah mengevaluasi dan memberikan masukan kepada klien baik klien personal pemilik rumah, maupun pengembang mengenai desain dan konstruksi sebuah bangunan. 

Mereka mengidentifikasi permasalahan dalam struktur dan konstruksi bangunan dan memberikan saran-saran terkait perbaikan dan pemeliharaan bangunan. Hasil dari yang mereka lakukan berupa laporan rinci yang dikenal sebagai survei bangunan. 

2. Surveyor Jalan dan Jembatan

Jenis surveyor selanjutnya di bidang jalan dan jembatan. Sebagaimana namanya, tugas mereka yaitu melihat kondisi fisik jalan serta kondisi visual jalan. Setelah itu adalah menginput data dan juga tabulasi yang mencakup keseluruhan secara umum.

Hasilnya berupa data infrastruktur yang meliputi:

  • Jaringan jalan, fasilitas pendukung transportasi
  • Data tata guna lahan. 
  • Data sosial ekonomi  yang mencakup demografi, dan perekonomian wilayah.

3. Surveyor tanah 

Surveyor tanah sangat erat kaitannya dengan proyek bangunan. Sebelum proyek bangunan dikerjakan, profesi ini berperan terlebih dulu dengan melakukan pengukuran dan perencanaan sebelum pekerjaan konstruksi dilakukan. 

Mereka akan melakukan pengukuran dengan mencermati posisi, bentuk dan luas tanah. Dan kemudian hasilnya akan dibutuhkan untuk rencana pengembangan konstruksi.

4. Surveyor Lembaga Pembiayaan

Terakhir, surveyor bank. Ketika Pins mengajukan pinjaman, perusahaan jasa keuangan biasanya mengirimkan mereka untuk mengunjungi tempat tinggal dan mewawancara tentang berbagai macam hal seperti kelengkapan persyaratan, dokumentasi, dan melakukan hal lainnya.

Dalam beberapa perusahaan ada juga yang menyebut Verifier atau Credit Marketing Officer. Mereka bisa dikatakan pula sebagai ujung tombak dari disetujui atau tidaknya suatu permohonan kredit dari calon nasabah oleh perusahaan pembiayaan.

Tips Jadi Surveyor yang Andal 

surveyor
sumber: medium.com 

Menjadi surveyor, tidak selalu mudah. Pins harus menguasai sejumlah ilmu sesuai bidang yang digeluti.

Untuk jadi surveyor yang andal, berikut ini tipsnya: 

Memiliki Integritas

Seorang surveyor dituntut loyal dan berkomitmen terhadap perusahaan di luar kepentingan pribadi. Mereka harus mampu menyimpan informasi dengan baik, benar, dan tidak membocorkan kepada publik. 

Yang tidak kalah penting, mereka harus memiliki integritas yang tinggi. Artinya, hasil survey yang diperoleh tidak boleh dipengaruhi oleh pihak manapun. 

Memiliki Kemampuan Observasi

Tugas utama surveyor adalah menggali informasi sedalam-dalamnya. Untuk itu, seorang dengan profesi ini harus punya kemampuan melakukan observasi alias pengamatan. 

Pins yang ingin menjadi seperti mereka, harus mulai memahami ilmu-ilmu sesuai bidang yang akan disurvei, kemampuan analisa bisnis, hingga mengetahui kondisi lawan bcicara. 

Mengenal Area Kerja 

Surveyor akan dapat bekerja dengan baik jika mengetahui area kerja yang baik juga. Untuk itu, apapun bidangnya, mereka harus mengenal area kerja dengan sangat baik. 

Tujuannya tidak lain agar bisa menghemat waktu dan efisien saat melakukan survei lokasi. 

Kemampuan Wawancara

Hal yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang surveyor yaitu kemampuan melakukan wawancara. Melalui interaksi dua orang atau lebih ini, Pins bisa menggali informasi dengan benar. 

Mampu Menggunakan Alat Survey

Selain itu, untuk bisa menjadi yang handal di profesi ini, tentu saja Pins harus mampu mengoperasikan alat survey sesuai bidang yang digeluti.

Dalam proses survei online, ada banyak situs menyediakan alat analisa otomatis yang sudah teruji oleh para ahli. Kenali dan pahami cara penggunaan dan fiturnya. 

Mampu Menganalisa Respon

Proses yang diperlukan dalam melakukan analisa data terhadap respon hasil jawaban sebuah survei akan sangat berbeda-beda antar survei yang satu dengan yang lainnya. Hal ini tergantung dari jenis pertanyaan yang diajukan. 

Jika sebuah pertanyaan kuesioner survei dirancang dengan baik, maka pada umumnya proses analisa data pun akan dapat menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan, dan hasil kesimpulan yang didapat pun akan lebih berkualitas.