Kamus Istilah Properti

Japandi Style

istilah properti

Japandi Style

Japandi style adalah gaya desain interior yang merupakan gabungan antara gaya Skandinavia dan gaya Jepang modern.

Apa itu Japandi style?

(Architectural Digest)

Ketika mencari referensi untuk konsep interior bangunan di internet, kita akan menemukan banyak sekali macam gaya yang bisa kita jadikan data. Keragaman budaya di dunia menjadi penyebab utama bervariasinya gaya-gaya interior bangunan yang ada. Belum lagi di era modern, bermunculan konsep-konsep interior baru yang merupakan penggabungan antara gaya yang satu dengan yang lain. Japandi style merupakan salah satu contoh kombinasi antara gaya interior yang ada di dunia.

Japandi style adalah gaya desain interior yang merupakan gabungan antara gaya Skandinavia dan gaya Jepang modern. Keduanya digabung karena memiliki satu benang merah konsep yang sama yakni keminimalisan sisi desainnya.

Secara spesifik, gaya Japandi menghadirkan interior yang simpel dengan menonjolkan sisi kehangatan elemen-elemen yang ada di ruangan, elemen-elemen yang dipakai juga bersifat natural, dan penerapan palet warna yang kalem. Jadi, kita tidak akan menemukan unsur-unsur yang mencolok dalam ruangan yang mengusung gaya ini.

Elemen-elemen dekoratif tidak hanya bersifat estetis saja, namun diperhatikan juga unsur fungsionalitasnya. Kita juga akan mendapati ruangan bergaya Japandi akan punya banyak cahaya natural dan tanaman-tanaman hidup yang menyegarkan di dalamnya.

Material-material khas Japandi style

(The Spruce)

Gaya Japandi mempunyai beberapa material-material yang khas untuk dipakai di dalam ruangannya. Material-material tersebut harus merupakan material yang bersifat natural.

Selain itu, gaya Japandi juga memperhatikan sekali keseimbangan elemen-elemen yang ada di dalam ruangan. Bagi kamu yang tertarik untuk menerapkan gaya interior ini, Pinhome akan menjabarkan beberapa elemen serta material yang bisa kamu terapkan pada ruanganmu. Poin-poin berikut adalah saduran dari basq by LARQ.

Dekorasi

  • Hiasan-hiasan terakota.
  • Olahan tanah liat.
  • Dekorasi yang terbuat dari kaca.
  • Hiasan yang terbuat beton.
  • Ornamen-ornamen kayu.
  • Tanaman-tanaman hidup.
  • Kerajinan tangan yang punya aksen dan warna yang kalem.

Furnitur

  • Anyaman-anyaman.
  • Kayu solid.
  • Rotan.
  • Furnitur berbahan kayu berbentuk tongkat.
  • Bambu.
  • Furnitur Upholstery (terutama furnitur yang dilapisi katun, kain linen, jerami).

Kain-kainan

  • Linen organik
  • Katun organik
  • Beludru
  • Kain katun muslin

Sebenarnya masih banyak material-material yang cocok untuk diaplikasikan pada ruangan bergaya Japandi. Pins bisa untuk mengembangkan ide-ide yang berprinsip pada material-material yang bersifat natural, minimalis, dan punya warna yang kalem.

Contoh penerapannya di ruangan

Pada bagian ini, Pins akan diajak untuk melihat dan menerima penjelasan mengenai ruangan-ruangan yang bisa menerapkan gaya Japandi. Di dalam bab ini, akan disajikan gambar serta pemaparan lebih lanjut berupa teks.

Ruang keluarga atau ruang tamu

(Behance)

Ketika menerapkan gaya Japandi pada ruang keluarga atau ruang tamu, Pins bisa memakai elemen-elemen yang berwarna putih atau krem. Pemilihan warna tersebut akan memberikan kesan yang bersih dan elegan pada ruangan.

Pemakaian furnitur-furnitur berwarna kayu terang akan memberikan kesan hangat dan nyaman pada ruangan. Tambahkan juga dekorasi-dekorasi dengan aksen geometris jika ingin membuat ruangan terlihat lebih dinamis. Hadirkan juga tanaman hidup agar ruangan ini suasananya lebih segar dan sejuk.

Kamar tidur

(Construction How)

Apabila ingin mempunyai kamar bergaya ala tradisional, pakailah warna-warna terang yang kalem, seperti putih dan semacamnya. Akan tetapi, kamu juga bisa memilih warna kalem yang cenderung gelap, seperti abu-abu atau biru tua.

Pilihlah furnitur yang sesuai dengan besar ruangan dan kegunaannya. Carilah ranjang yang punya bentuk simpel dan pilihlah kasur yang nyaman. Tambahkan juga furnitur-furnitur lain seperti lemari baju, bedside table (opsional), dan lampu tidur (opsional) dengan desain minimalis. Untuk mempercantik ruangan, kita juga bisa meletakkan lukisan atau pajangan-pajangan yang serupa.

Ruang makan

(Brosa)

Ruang makan bergaya Japandi tidak harus memiliki ruangan yang besar. Kita hanya perlu menggunakan furnitur-furnitur yang simpel untuk kursi dan mejanya. Pastikan ruangan memiliki pencahayaan natural yang baik. Jika belum, Pins bisa melakukan pengubahan jendela yang semula kecil menjadi lebih besar.

Kita juga bisa memanfaatkan area dapur untuk menjadi ruang makan yang minimalis. Hal ini akan mempermudah kita untuk melakukan mobilitas ketika memasak dan menyantap masakan. Simpel dan punya fungsi ganda.

Dapur

(Blanco-Indonesia)

Jika menerapkan gaya Japandi pada bagian dapur, maka kita akan mendapati sebuah ruangan yang bersih, higienis, dan simpel. Biasanya, dapur bergaya Japandi akan menggunakan kabinet-kabinet dan lemari dapur yang bergaya simpel dengan aksen natural.

Di samping itu, kita harus menggunakan peralatan dapur yang sesuai juga untuk dipajang. Kita harus memilih kitchen set yang mendukung konsep Japandi yang diusung.

Dapur bergaya Japandi tidak harus berada di satu ruangan yang didedikasikan secara khusus. Kita juga dapat menggabungkannya dengan ruang keluarga, semisal penerapan ini dilakukan di apartemen.

Kamar mandi

(Freepik)

Untuk ruangan seperti kamar mandi, kita perlu bisa mengkombinasikan warna kontras dan warna netral pada elemen-elemen yang ada di dalamnya. Pilihlah perlengkapan kamar mandi (bathtub, shower, wastafel, kabinet, kaca, dan lain-lain) yang bergaya minimalis. Setelah itu, kita bisa meletakkan tanaman-tanaman dalam pot-pot kecil di beberapa titik untuk mempercantik dan membuat suasana menjadi lebih hangat.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.