Kamus Istilah Properti

Bedside Table

istilah properti

Bedside Table

Bedside table adalah furniture berbentuk meja atau kabinet berukuran kecil yang diletakkan tepat di samping tempat tidur.

Apa itu bedside table?

(Mocka)

Dalam sebuah kamar tidur, tempat tidur dan lemari menjadi furniture paling penting. Selain itu, furniturefurniture lain yang diletakkan di tempat tidur hanya berfungsi sebagai tambahan saja. Baik itu tambahan yang dipakai untuk mempercantik ruangan, mempermudah aktivitas pemilik, ataupun keduanya. Salah satu furniture tambahan yang kerap kali diletakkan di kamar tidur adalah bedside table.

Bedside table adalah furniture yang berbentuk meja atau kabinet dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Sesuai dengan namanya, barang ini diletakkan tepat di samping tempat tidur. Untuk ukuran tingginya, permukaan meja ini biasanya dibuat sejajar dengan tinggi permukaan tempat tidur.

Di Indonesia, orang lebih akrab menyebut furniture ini dengan nama ‘nakas’. Kemungkinan besar, Pins akan menemui produk-produk nakas yang dilengkapi dengan laci ketika mencarinya di pasaran. Laci nakas umumnya memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, mengingat bentuknya juga yang tergolong kecil.

Beberapa produk nakas ada dibuat dengan jumlah laci lebih dari satu. Ada juga yang dilengkapi dengan lemari kecil. Kamu juga bisa menemukan nakas yang hanya difungsikan sebagai meja saja.

Jenis-jenis bedside table

Pada bagian ini, akan dipaparkan beberapa jenis bedside table yang bisa ditemui. Selengkapnya, simak penjelasan berikut.

Kabinet

(Ashton and Coleman)

Nakas tipe kabinet bagian atasnya bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang seperti lampu tidur, telepon, dan benda-benda lainnya. Selain keberadaan laci, nakas ini dilengkapi juga dengan lemari kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang.

Built in bedside table

(Pinterest)

Tipe yang satu ini cukup unik karena bagian mejanya menjadi satu dengan rangka tempat tidur. Jadi, kita tidak perlu membeli lagi meja untuk diletakkan di samping ranjang. Beberapa produk yang ada di pasaran dilengkapi dengan terminal listrik.

Meja cocktail

(Antibeige)

Nakas yang satu ini tidak memiliki laci sama sekali dan dimensinya cenderung kecil. Sangat cocok untuk digunakan sebagai furniture di ruangan berkonsep simpel. Sayangnya, permukaan meja ini juga tidak terlalu besar seperti halnya dimensinya.

Rak terbuka

(DesertCart)

Meja tempat tidur yang satu ini tidak memiliki laci sama sekali. Namun, kamu masih bisa menyimpan barang-barang di bagian raknya. Sebuah furniture yang apik untuk menguatkan konsep minimalis pada ruang kamar. Sering kali, furniture jenis ini bagian raknya terdiri atas dua baris.

C-side

(Argos)

Hampir mirip dengan meja cocktail, nakas c-side punya kesan yang simpel dan elegan untuk diletakkan di ruang tidur. Yang membedakannya dengan meja cocktail adalah kaki mejanya yang berbentuk layaknya huruf c. Permukaan meja jenis ini hanya bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang berukuran kecil.

Bangku kecil

(Ragaba)

Salah satu furniture alternatif yang dapat dipakai sebagai pengganti meja tempat tidur adalah bangku kecil. Bagian permukaan tempat duduk ini bisa dijadikan tempat untuk meletakkan barang-barang seperti vas, jam weker, atau mungkin ponsel. Untuk membuat ruangan lebih cantik, kamu bisa mengkombinasikan furniture ini dengan floor lamp.

Kaki menyilang

(Abdabs)

Meja dari nakas ini bentuk kakinya tidak lurus, melainkan menyilang. Bentuk kaki dari furniture ini bisa memberikan nyentrik dan atraktif pada ruangan.

Meja melayang

(Spark Shell Craft)

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, meja yang satu ini bahkan tidak memiliki kaki sebagai penyangga. Sebagai gantinya, meja jenis ini diinstalasikan pada bagian dinding. Beberapa produk nakas jenis ini ada yang dilengkapi dengan rak, ada juga yang dilengkapi dengan laci. Sebuah pilihan yang pas apabila kamu ingin menambah kesan minimalis dan simpel pada ruang tidurmu.

Peti

(Emily A Clark)

Selain bangku kecil, peti juga dapat difungsikan untuk menjadi meja tempat tidur. Kamu bisa meletakkan lampu tidur atau barang-barang lain di bagian permukaan atas furniture ini.

Meski dilengkapi dengan tempat penyimpanan, cukup repot untuk mengambil atau melettakan barang-barang yang kita inginkan ke dalam furniture ini. Hal tersebut dikarenakan kita perlu mengangkat bukaan peti terlebih dahulu untuk aksesnya.

Etagere (rangka)

(Natural Bed Company)

Material yang umum digunakan untuk membuat meja tempat tidur ini adalah logam. Selain mempunyai permukaan atas untuk meletakkan barang-barang tertentu, kita juga dapat memajang dekorasi atau meletakkan buku pada bagian rak terbuka di furniture ini. Barang ini sangat cocok untuk menghiasi ruang tidur bergaya klasik maupun kontemporer.

Dresser style bedside table

Dengan meletakkan furniture ini di kamar, kita bisa menambah lemari baju sembari memberikan aksen lebih pada ruangan. Karena dimensinya yang cenderung besar, dresser style bedside table lebih cocok dijadikan furniture kamar yang berukuran luas.

Oval bedside table

(Luxury Furniture)

Meja dengan bentuk oval memang cukup sulit untuk dipadupadankan dengan furniture berbentuk persegi maupun bulat. Akan tetapi, dengan menggunakan meja tempat tidur dengan bentuk seperti ini, ruangan bisa terlihat lebih modern dan nyentrik.

Nesting

(Artek)

Nakas yang satu ini bukan hanya terdiri atas satu meja, melainkan dua sampai tiga dalam satu paket. Kamu dengan mudah dapat menarik ekstensi meja untuk memperlebar bagia permukaan nakas ini. Satu furniture yang serasi untuk melengkapi konsep kamar bergaya klasik, formal, maupun tradisional.

Drum, tong, atau tabung

(DaAl’s)

Nakas berbentuk drum, tong, atau tabung akan cocok diletakkan di kamar yang ukurannya tidak terlalu besar. Keberadaannya akan memberikan nuansa simpel namun elegan pada ruangan. Beberapa produk yang ada di pasaran memberikan pola, tekstur atau warna tertentu pada bagian permukaannya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.