Kamus Istilah Properti

Homologasi

istilah properti

Homologasi

Homologasi adalah persetujuan antara kreditur konkuren dan debitur dalam rangka mengakhiri kepailitan. Definisi ini dikemukakan oleh Otoritas Jasa Keuangan

Pengertian Homologasi

(Shutterstock)

Homologasi adalah pemberian persetujuan dari badan hukum dengan otoritas resmi misalnya departemen pemerintah, badan akademik profesional maupun pengadilan atas suatu tindakan.

Istilah ini sendiri sering digunakan hakim untuk mengesahkan persetujuan antara kreditur konkuren dan debitur dalam mengakhiri kepailitan. Sebelum menjatuhkan pailit biasanya ditempuh tahapan PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang).

Debitur nantinya akan menawarkan perencanaan perdamaian kepada kreditur. Dalam perdamaian ini (akkoord) memungkinkan adanya rekturisasi utang-utang debitur. 

Apabila perdamaian disepakati oleh kreditur maka homologasi dilakukan di pengadilan. Pihak pengadilan juga bisa menolak atau menerima permohonan homologasi tersebut.

Putusan pengadilan niaga atas rencana perdamaian diberikan ketika sidang pengesahan (homologasi) atau paling lambat 7 hari setelah homologasi tersebut. 

Perdamaian ini berlaku bagi semua kreditur konkuren tanpa ada pengecualian. Baik yang mengajukan diri dalam kepailitan atau tidak. Proses PKPU disertai dengan pemungutan suara untuk pemberian PKPU tetap.

Hal ini dilakukan bila belum adanya kesepakatan damai yang disetujui oleh pihak kreditur. Keputusan rapat kreditur sah jika telah dikeluarkan oleh :

  • Setengah jumlah kreditur yang hadir dan haknya diakui termasuk kreditur yang tagihannya dibantah
  • Setengah jumlah kreditur separatis yang hadir dalam rapat tersebut. Kreditur separatis yang menolak rencana damai akan diberikan kompensasi sebesar nilai terendah antara nilai jaminan atau pinjaman sebenarnya yang langsung dijaminkan dengan hak agunan

Perdamaian tidak bisa langsung diterima tanpa adanya pengesahan dari pengadilan. Homologasi adalah pengesahan yang memiliki kekuatan sehingga perdamaian tersebut diakui dimata hukum.

Hakim pengawas sendiri akan menentukan hari sidang yang nantinya memutuskan disahkannya atau tidak perdamaian sebelum rapat ditutup. Pada pasal 156 UUK PKPU diatur waktu diadakan sidang untuk homologasi.

Waktunya sendiri paling singkat 8 hari dan paling lama 14 hari usai rencana perdamaian dalam rapat pemungutan suara diterima.

Baca Juga:

Dasar Hukum

(Shutterstock)

Selain utang piutang pada dasarnya produk perlu di homologasi oleh badan publik agar memenuhi standar seperti dampak lingkungan maupun keselamatan. Tindakan pengadilan kadang perlu di homologasi oleh otoritas yudisial sebelum dilanjutkan.

Dalam bahasa Inggris homologasi sering dikenal sebagai sertifikasi kesesuaian sebab produk memerlukan sertifikasi demi memenuhi persyaratan khusus. Sertifikasi ini dibutuhkan sebelum produk di jual di negara tertentu.

Baca Juga:

Di Indonesia sendiri homologasi diatur dalam UU untuk mengakhiri kepailitan. Dampak atas kelalaiannya diatur pada pasal 291 ayat 2 UU No 37 tahun 2004 terkait Kepailitan dan Penundaan Pembayaran Utang.

Perdamaian disetujui oleh para kreditur konkuren berdasarkan jumlah suara yang ditentukan dalam UU. Hal ini didasarkan oleh pasal 216 UU No. 37 Tahun 2004. 

Acara pengesahan ini disebut dengan ratifikasi dan sidang pengesahannya adalah homologasi. Setelah itu ada tahapan namanya proses rehabilitasi dan ketentuan terkait homologasi adalah :

  • Sidang pengadilan terkait pengesahan perdamaian dilakukan terbuka untuk umum
  • Homologasi paling cepat dilakukan dalam 8 hari dan paling lambat 14 hari usai rencana perdamaian dalam rapat pemungutan suara
  • Homologasi wajib diberikan paling lambat 7 hari usai sidang yang bersangkutan

Pihak pengadilan niaga berhak menolak pengesahan perdamaian dengan alasan tertentu. Alasan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tidak cukup terjaminnya pemenuhan perdamaian
  • Harta pailit meliputi hak retensi jauh melebihi jumlah yang dijanjikan dalam perdamaian
  • Kesepakatan yang tercapai disebabkan penipuan, penggunaan cara yang tidak jujur, kolusi dengan kreditur atau tanpa menghiraukan apakah debitur atau pihak lain bekerjasama dalam mencapai perdamaian tersebut

Perdamaian Dalam Kepailitan

Tahapan ini merupakan tingkatan akhir dalam proses kepailitan. Perdamaian dalam proses kepailitan ini juga sering menggunakan istilah Belanda yaitu “akkoord”. Dalam istilah bahasa Inggrisnya sering memakai composition.

Debitur yang mengalami pailit dapat mengajukan perdamaian kepada semua kreditur. Hal ini diatur dalam pasal 144 UU K-PKPU. Dalam proses perdamaian harus ada kata sepakat antara kedua belah pihak.

Pihak debitur akan menyediakan rencana perdamaian dan pihak kreditur berhak tidak setuju atau menyetujuinya. Pada dasarnya rencana perdamaian ini berfungsi memberikan titik temu atas transaksi utang-piutang.

Pihak debitur memberikan kompensasi atas utang yang dimilikinya. Sementara kreditur mendapatkan kepastian akan piutang miliknya. 

Menurut Fuady ada beberapa akibat hukum dari rencana perdamaian yang mengalami homologasi adalah :

  1. Kepailitan berakhir
  2. Keputusan atas perdamaian ini mengikat seluruh kreditur konkuren
  3. Perdamaian tidak bisa diajukan dua kali
  4. Perdamaian tidak berlaku untuk kreditur preferen dan separatis
  5. Pihak yang mengalami pailit dapat direhabilitasi
  6. Penangguhan akan eksekusi atas jaminan hutangnya berakhir
  7. Perdamaian adalah hak bagi guarantor
  8. Hak kreditur berlaku atas guarantor dan rekan debitur
  9. Hak kreditur berlaku atas benda pihak ketiga
  10. Action paulina telah berakhir

Syarat untuk pailit bagi seorang debitur paling tidak memiliki dua kreditur.  Debitur tidak mampu membayar lunas hutangnya pada jatah waktu yang telah ditentukan keduanya.

Walaupun dinyatakan pailit namun debitur tetap harus membayar kewajibannya. Kepailitan sendiri digunakan untuk menghindari perebutan harta debitur dalam waktu yang sama oleh beberapa kreditur.

Homologasi adalah bagian dari pemberian persetujuan untuk mengakhiri kepailitan tersebut. 

Baca Juga:

Featured Image Source: Theislandnow.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.