Kamus Istilah Properti

Harga Perkiraan Sendiri (HPS)

istilah properti

Harga Perkiraan Sendiri (HPS)

Harga Perkiraan Sendiri (HPS) adalah prediksi harga barang atau jasa yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Memahami Apa Itu HPS

(Marketing Donut)

Di dalam proses atau aktivitas untuk pengadaan barang, ada salah satu tahapan yang harus dilakukan. Tahap tersebut adalah menentukan harga perkiraan sendiri (HPS). Secara sederhana HPS ini seperti ketika kamu akan membuat proposal pengajuan dana untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. 

Anggaplah diri kamu adalah bendahara dari acara tersebut, nah untuk membuat anggaran dana tentu kamu perlu menulis kebutuhan acara bukan? Daftar kebutuhan ini bisa berupa tenaga kerja yang diupah atau barang yang perlu dibeli. Sering kali ketika akan membuat anggaran dana, kamu harus melakukan riset harga. 

Jika belum memiliki harga pasti, kamu bisa melakukan perkiraan sendiri dengan harga yang paling mendekati. Misalnya kamu berniat menulis harga jasa untuk katering makanan, maka tulislah paket katering yang umum ditawarkan oleh jasa katering untuk jumlah orang yang kamu tentukan.

Fungsi Harga Perkiraan Sendiri 

(Aan Setianto)

Pada dasarnya HPS mempunyai fungsi yang beragam, pasalnya perkiraan harga sendiri ini tidak hanya berkaitan untuk pengadaan barang di kantor pemerintah saja. HPS juga bisa digunakan di berbagai industri atau sektor yang membutuhkan persiapan sebelum membeli barang (budgeting). Berikut ini fungsi dari HPS yang bisa kita ketahui di ranah properti.

Membantu budgeting untuk proyek divisi keuangan

Divisi keuangan atau finance biasanya harus membuat anggaran dana. Tujuannya agar anggaran dana tersebut bisa digunakan sebagai pedoman dalam membeli barang yang diperlikan. Biasanya harga yang tertera masih berupa hasil benchmark dari harga online atau yang berada di market.

Memudahkan project owner memproyeksi budget yang diperlukan

Seorang project owner biasanya akan perlu memproyeksikan barang yang akan dibeli untuk proyek yang dikerjakan. Tujuan dari hal ini adalah untuk memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Harapannya dengan adanya HPS bisa menjadi proyeksi dan panduan dalam melakukan pengadaan barang.

Mencegah pengajuan dana yang membengkak

Salah satu keuntungan dari HPS tentunya untuk memastikan pengajuan dana yang diberikan tidak membengkak. Apabila hal tersebut terjadi bisa saja anggaran dana untuk sebuah proyek akan ikut membesar. Membuat HPS berfungsi pula untuk mengontrol atau memagari biaya yang akan dikeluarkan. Di sini keputusan yang realistis terkait pembelian dan pengadaan barang sangat diperlukan Pins!

Cara Membuat HPS 

(Bondora)

Di dalam membuat HPS, kamu harus memastikan elemen-elemen penting yang diperlukan telah termaktub di dalam anggaran. Berikut ini ada beberpa hal yang harus kamu perhatikan dalam proses atau cara membuat HPS.

Langkah awal pastikan kamu mengetahui harga satuan

Langkah awal untuk membuat HPS tentunya dengan mengetahui harga satuan barang. Misalnya, kamu akan membuat HPS untuk produk interior rumah. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu dulu berapa harga cat, tenaga kerja tukang, kuas dan lain-lain. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan harga dasar setiap elemen sudah kamu ketahui.

Tentukan volume atau jumlah pembelian

Setelah menentukan harga satuan, kamu harus menentukan jumlah atau volume pembelian. Hal ini penting untuk memastikan jumlah barang yang akan dibeli atau jasa yang dipesan sesuai kebutuhan sehingga tidak berlebihan atau kekurangan.

Kalikan harga satuan dengan jumlah volume pembelian

Langkah selanjutnya adalah mengalikan harga satuan dengan jumlah volume pembelian. Inilah tujuan dari mengetahui harga dasar dan harga satuan setiap barang, supaya bisa menentukan total harga.

Jumlahkan harga atau biaya total

Setelah semua barang atau servis yang ingin dibeli dijumlahkan, maka jumlahkan semua total pengeluaran. Kamu akan mendapatkan harga total dari pengeluaran atau total budget sebuah proyek.

Cantumkan juga harga atau biaya tak terduga dan transportasi

Jangan lupa untuk mencantumkan biaya tidak terduga, transportasi atau biaya pengiriman lain. Biasanya ini juga akan memakan dana yang tidak sedikit Pins.

Hal yang harus diperhatikan saat membuat HPS

Membuat HPS memang tidak mudah Pins. Kamu perlu memastikan banyak hal yang tertuang dalam dokumen HPS tersebut. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat HPS dan berikut ini penjelasannya. Yuk kita simak bersama!

Pastikan acuan harga adalah yang terbaru

Pins, seperti yang kita tahu bahwa setiap tahunnya akan ada inflasi. Tentu kondisi ini akan mempengaruhi harga barang atau jasa yang ada di pasar. Untuk mengantisipasi HPS kamu tepat atau paling tidak sesuai harapan, maka lakukan acuan ke harga paling update. Hindari untuk menggunakan acuan harga dari 1 hingga 5 tahun ke belakang ya Pins. 

Gunakan microsoft excell atau alat bantu hitung lain

Untuk menghitung HPS disarankan untuk tidak menulis tangan ya Pins. Pastikan kamu menggunakan alat bantu seperti microsoft excell atau media lain. Tujuanna agar penghitungan tepat. Umumnya tool seperti microsoft excell dan lain-lain sudah mempunyai rumus yang membuat hitungan tepat.

Lakukan budgeting untuk proyek satu periode

Di dalam membuat HPS disarankan langsung untuk satu periode proyek. Jika proyek berjalan selama 6 bulan, kamu bisa membuat langsung untuk 6 bulan Pins. Hindari membuat per bulan karena ini akan menyulitkan kamu nantinya. Namun, selama menuju 6 bulan tersebut kamu perlu melakukan evaluasi setiap bulannya untuk menyesuaikan budget di dalam anggaran.

Itu saja informasi mengenai HPS Pins, semoga bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.