Kamus Istilah Properti

Innercourt

istilah properti

Innercourt

Innercourt adalah ruang terbuka yang letaknya ada di dalam rumah.

Apa itu Innercourt?  

(Pinterest)

Pencahayaan dan penghawaan merupakan unsur penting yang harus diperhatikan untuk menciptakan hunian yang sehat. Menghadirkan innercourt di dalam rumah merupakan langkah tepat menciptakan keduanya.

Innercourt adalah ruang terbuka yang letaknya ada di dalam rumah. Kehadirannya dapat memberikan penghawaan alami pada hunian karena bisa meredam panas. Alhasil, pencahayaan pun akan masuk ke dalam rumah dengan baik.

Luas innercourt biasanya lebih dari tiga meter persegi. Jika luasnya memadai, penghuni bisa menempatkan beberapa fitur untuk mempercantik innercourt seperti aneka tanaman hias, lampu sorot, hingga air mancur.

Saat ini, sudah banyak perumahan yang sengaja menghadirkan innercourt di tengah hunian.  Lanskap rumah ini biasanya berbentuk seperti huruf U atau O.

Posisi ini menjadikan penghuni rumah akan mendapatkan view atau pemandangan yang lebih menarik dan bisa menjangkau banyak arah. 

Fungsi Innercourt di dalam Rumah 

(Alamy)

Selain memenuhi fungsinya sebagai area bukaan di dalam rumah, innercourt juga punya banyak kelebihan, antara lain: 

Suhu Rumah Lebih Sejuk

Tujuan menghadirkan innercourt di dalam rumah adalah untuk mengurangi suhu panas di dalam ruangan karena mampu menjadi tempat terjadinya sirkulasi udara.

Efek yang dihasilkan pun membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan tetap terang. Akhirnya, bisa menghemat listrik karena penggunaan lampu, kipas angin, atau Air Conditioner (AC) berkurang.

Rumah Tampak Lebih Luas

Percaya atau tidak, innercourt akan membuat rumah sempit tampak lebih luas. Pins pun akan merasakan kelegaan di rumah. Sehingga ruangan pun tidak lembab dan lebih nyaman dan menyenangkan.

Dapat Menjadi Ruang Bersantai

Umumnya, innercourt terletak di posisi strategis di dalam rumah dan dikelilingi ruang-ruang penting seperti ruang makan, ruang keluarga, dan ruang tamu.

Untuk itulah, innercourt dapat difungsikan sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Suasana innercourt yang nyaman, menjadikan waktu berkumpul dan bercengkrama menjadi lebih bernilai dan berkualitas.

Mempercantik Rumah 

Fungsi lain dari innercourt adalah menambah estetika. Fitur yang paling utama di innercourt adalah tanaman. Kehadiran tanaman saja akan mempercantik ruangan karena kesan hijau yang ditimbulkan.

Selain itu, Pins bisa menambah elemen dekoratif lainnya seperti kursi taman dan air mancur. 

Tips yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Menambah Innercourt di Rumahmu 

Inner court
(Alamy)

Melihat fungsinya yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rumahmu, makin tertarik menambah innercourt di rumahmu, Pins?

Nah, sebelum menciptakan innercourt, Pins harus memperhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Posisi Innercourt

Posisi akan menentukan apakah innercourt sudah berfungsi dengan baik. Untuk itu, pastikan Pins memilih lokasi yang strategis yang bisa menghadirkan sirkulasi dan pencahayaan alami yang cukup. 

Misalnya, pada bagian tengah hunian yang menjadi titik pertemuan beberapa ruang. Bisa juga merapat ke area batas lahan samping maupun belakang rumah.

Putuskan Penggunaan Atap 

Sebenarnya, innercourt identik dengan ruang terbuka tanpa atap. Tetapi, jika ingin menambahkan atap juga tak masalah, kok, Pins. Asalkan pemilihan atap pun harus cermat.

Usahakan Pins memilih material atap yang transparan agar cahaya matahari dapat menembus masuk dan membuat ruangan menjadi terang atau bercahaya. Lalu, tambahkan lubang dengan ukuran sesuai kebutuhan sebagai sirkulasi udara di bagian sisinya.

Jenis Tanaman yang Akan Dihadirkan 

Tanaman merupakan elemen penting yang harus ada di dalam innercourt agar fungsi penghawaan dapat berjalan dengan baik. Namun, tak semua tanaman bisa ditempatkan di area satu ini. Pasalnya, tanaman ini hanya bisa mendapatkan sedikit sinar matahari, yakni berkisar antara satu hingga dua jam saja.

Tanaman yang dapat dipilih antara lain palem, anthurium, dracaena fragrans, sansevieria, keladi, calathea, nanas hias, spathiphyllum, dan ragam tumbuhan lain yang bisa menciptakan keasrian taman tropis yang Pins inginkan. 

Penambahan Elemen Dekorasi 

Agar tampilan innercourt lebih cantik dan indah, jangan lupa untuk memikirkan elemen dekoratif apa saja yang ingin dihadirkan. Misalnya penggunaan batu alam seperti batu andesit dan batu paras sebagai background innercourt. 

Selain itu karena kerap dijadikan meeting point oleh penghuni rumah, tak ada salahnya juga kalau Pins membuat gazebo yang sesuai dengan desain rumah. Sehingga suasana bersantai menjadi lebih menyenangkan. 

Pilih Lampu yang Tepat

Lampu sangatlah penting yang harus dihadirkan, terutama ketika hari mulai gelap. Ada beragam lampu yang bisa Pins pilih, seperti lampu LED. Selain lebih hemat listrk, lampu LED tidak menghasilkan panas yang berlebih sehingga tidak merusak taman yang ada di sana.

Kemudian, Pins juga bisa menambahkan lampu sorot di area innercourt. Apalagi memang ruang ini kerap dipergunakan sebagai tempat pertemuan dan rekreasi keluarga. Lampu sorot bisa menciptakan suasana indah, asri, dan sejuk di ruang terbuka.

Pasang Batu Koral 

Biasanya innercourt didominasi oleh elemen hardscape seperti batu koral, batu pijak, dan sebagainya. Bukan tanpa alasan, menempatkan hamparan batu koral di ruang terbuka itu memiliki manfaat dari segi kesehatan. Batu alam yang satu ini bisa dijadikan alat pijat refleksi kaki. 

Caranya cukup dengan berjalan di atas taburan batu koral tersebut. Permukaan kasar berbatu yang Pins injak bakal melancarkan sirkulasi darah. 

Berikan Air Mancur atau Kolam

Jika ingin menjadikan innercourt sebagai ruang untuk mencari ketenangan, tak ada salahnya untuk menambah fitur air, seperti air mancur maupun kolam. Tak hanya dapat mengubah penampilan area tersebut menjadi lebih bagus dan menarik, elemen ari bisa menjadi pusat perhatian yang menarik untuk innercourt.

Suara gemericik air mengalir akan memberikan suasana rileks dan tenang sehingga akan membantu menenangkan emosi dan pikiran. Alhasil membantu penghuni mengurangi atau menghilangkan stres setelah lelah beraktivitas. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari