Pinhome

Uncategorized

Korelasi Pencahayaan Rumah Beserta Emosi Penghuninya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pencahayaan yang ada di dalam rumah adalah instrument yang penting jika Anda ingin merancang atau memilih tempat tinggal. Pencahayaan merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang untuk menunjang segala aktivitas yang akan dilakukan. Lampu atau pencahayaan juga akan mempengaruhi emosi bagi setiap penghuninya. Saat ini, masyarakat Indonesia masih merasa kesulitan untuk memilih pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Etienne Zervaas dari Phillips Lighting Indonesia menjelaskan bahwa 50% rata-rata dari masyarakat Indonesia memiliki tantangan untuk meyesuaikan fungsi dan suasana pada ruangan di rumah. Utamanya adalah saat memilih lampu atau pencahayaan yang tepat pada aktivitas yang berbeda. Kesulitan tersebut biasanya dialami pada mereka yang mengontrak rumah atau di apartemen.

Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor eksternal seperti izin dari pemilik untuk melakukan perubahan pada properti sewa, biaya mengganti lampu dan kurangnya pengetahuan mengenai pemasangan lamu yang sesuai kebutuhannya. Biasanya masyarakat Indonesia sebanyak 22 % hanya akan mengganti lampu di rumah mereka saat lampu tersebut sudah tidak nyala lagi. Niken Suryo Sofyan dari Corporate Communication Manager Phillips Lighting, menjelaskan bahwa jika kondisi tersebut dibiarkan maka akan memiliki dampak negatif untuk emosional rumah tangga tersebut.

Niken juga mengungkapkan jika hunian modern seharusnya menerapkan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan, karena kegiatan di dalam rumah membutuhkan pencahayaan yang berbeda-beda. Jika pencahayaan tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat penghuninya merasa tidak nyaman dan membuat mata menjadi sakit. Sebaiknya pilihlah lampu yang dapat disesuaikan dengan aktivitas pada ruangan di rumah yang sering digunakan oleh penghuni rumah. Nah di bahwah ini akan menjelaskan klasifikasi pencahayaan yang biasanya dibutuhkan oleh semua orang, diantaranya :

Cahaya Terang

Cahaya terang sangat cocok digunakan pada ruangan di rumah Anda yang perlu melihat setiap detail, seperti ruangan berdandan, dapur untuk memasak dan mengerjakan hal detail lain yang ada dirumah. Untuk mendapatkan cahaya terang yang baik, ada pilihan lampu yang dapat dijadikan pilihan bagi Anda seperti Phillip SceneSwitch. Daya cahayanya yaitu 3.000K/800Lm yang dapat membuat cahaya di ruangan Anda menjadi lebih terang sehingga membantu Anda melakukan segala aktivitas.

Cahaya Normal

Cahaya normal sama dengan cahaya alami yang baik digunakan untuk membaca buku. Dayanya yaitu 3.000K/320Lm cahayanya tidak menyilaukan dan mendukung aktivitas santai dan membaca buku. Cahaya alami mirip dengan bola lampu berdaya 40W.

Cahaya Redup

Cahaya redup cocok digunakan di kamar atau menonton TV. Dayanya yaitu 3.000K/80Lm yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati momen tersebut.

Jika hunian sudah memiliki pencahayaan yang sesuai, penghuni rumah akan nyaman untuk melakukan aktivitas. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel