Pinhome

Uncategorized

Tips Membangun Rumah Mungil Agar Tampak Besar

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Terbatasnya lahan membuat beberapa orang memiliki rumah yang mungil. Oleh karena itu ada beberapa tips yang harus diketahui supaya rumah mungil yang dibangun tampak menjadi lebih besar.

desain rumah mungil

Tips Membangun Rumah Mungil Agar Tampak Besar

Pada dasarnya rumah yang besar banyak memberikan keleluasaan dalam menata rumah supaya lebih terasa enak dan nyaman ditempati. Tetapi saat ini pada umumnya banyak orang yang memilih bentuk rumah minimalis dan sederhana karena sangat terbatasnya lahan yang digunakan untuk membangun rumah. Sehingga tidak semua orang beruntung dapat memiliki rumah yang sangat luas dan besar.

Bagi anda yang kesulitan mendapatkan rumah besar, bisa melakukan dengan berbagai trik agar rumah minimalis tampak lebih besar. Tentunya akan menambah kenyamanan anda dan keluarga. Berikut beberapa caranya, antara lain:

Menggunakan warna cat yang sesuai

Para designer rumah berpendapat bahwa cat berwarna putih jika tidak tepat penggunaan justru membuat kesan ruangan terlihat lebih sempit. Banyak saran yang mengatakan untuk lebih menggunakan cat dinding yang berwarna lain supaya bayangannya sejelas cat putih dan itulah yang membuat rumah menjadi terlihat lebih besar dan suasa lebih nyaman.

Penambahan cermin

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, apabila ada cermin didalam ruangan akan dapat membuka ruang baru. Cermin juga dapat digunakan sebagai pemantul cahaya lampu menjadi cahaya alami yang akan dihasilkan oleh adanya cermin tersebut. Untuk mendapatkan ruangan yang baru didalam ruang yang sangat mungil dan kecil, maka kita bisa meletakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga pada belakang satu furniture.

Memperhatikan pengecatan langit – langit rumah

Banyak yang menyarankan untuk mengecat langit – langit rumah dengan warna yang sama atau warna yang lebih terang satu tingkat dari dinding rumah. Apabila cat warna dinding dan langit – langit rumah terlalu kontras, maka ruangan akan tampak seperti terbelah.

Penempatan furnitur besar

Lebih baik meletakkan furniture yang besar tetapi satu, karena akan terlihat lebih luas daripada harus meletakkan furniture yang kecil – kecil tetapi banyak. Satu buah karpet besar, satu lampu gantung besar atau satu cermin besar akan membuat ruangan dalam rumah kita menjadi terlihat lebih luas daripada perabotan yang berukuran kecil. Semakin sedikit perabotan yang ada dirumah, maka akan lebih baik dan juga tidak perlu bersusah payah apabila ingin mengganti desain rumah.

Meletakkan sofa atau meja di dekat dinding

Kesan luas juga bisa didapatkan jika anda meletakkan meja atau sofa dekat dengan dinding. Hal ini akan membuat bagian tengah ruangan tampak lebih luas dan longgar. Anda bisa mencobanya dengan sofa, meja, lemari, kulkas atau rak buku.

Itulah tips membangun rumah mungil agar tampak lebih besar. Semoga dapat membantu setiap orang sebagai bahan referensi atau inspirasi yang mempunyai rumah kecil dan mungil. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel