Kamus Istilah Properti

Hook (Tanah Hook)

istilah properti

Hook (Tanah Hook)

Tanah hook adalah tanah terletak di paling sudut di suatu perumahan yang berukuran lebih besar.

Apa Itu Tanah Hook?

(OLX)

Tanah hook adalah tanah terletak di paling sudut di suatu perumahan yang berukuran lebih besar. Biasanya, kavling hook memiliki 2 muka atau lebih yang berada di bagian ujung jalan.

Hook, dalam bahasa Belanda, berarti sudut. Posisi hook yang berada di sudut, membuat pemilik berhak atas lahan sisa sehingga tanahnya lebih luas dibanding rumah-rumah lain yang berada di tengah barisan perumahan.

Hal ini menjadi keuntungan kalau tanah hook ini akan dibangun rumah. Pins akan lebih leluasa dalam menentukan posisi bagian depan. 

Bahkan, bisa dibuat 2 muka depan sekaligus. Selain itu juga lebih banyak pilihan untuk desain rumah yang cocok dan menarik.

Karena memiliki lahan sisa itu pula, rumah hook kerap jadi rebutan. Calon pembeli rumah umumnya menyangka bahwa mereka bisa memperluas bangunan hunian dengan adanya lahan sisa tersebut.

Umumnya, tanah hook akan dijual lebih mahal dibandingkan yang bukan. Ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh dari tanah hook, diantaranya: 

  • Ketika dijadikan rumah, kavling hook memiliki sirkulasi udara lebih baik. 
  • Aksesnya pun lebih mudah karena berada di ujung jalan. 
  • Cocok untuk tempat usaha karena lebih terlihat menonjol dan mudah untuk dikenali. 
  • Nilai jual tinggi sehingga harganya pun lebih mahal. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Tanah Hook

(OLX)

Meskipun banyak keuntungannya, kalau Pins ingin membangun tanah hook ada hal-hal yang harus diperhatikan. Tujuannya untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.  

Untuk lebih jelasnya, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membangun tanah hook: 

GSB dan GSJ 

Ketika tanah hook akan didirikan bangunan maka akan terkena syarat Garis Sempadan Bangunan (GSB) yang juga kena syarat Garis Sempadan Jalan (GSJ) di kedua sisinya, baik sisi depan maupun sisi samping.   

GSB adalah garis imajiner yang membatasi seberapa jauh bangunan boleh didirikan. Garis ini dibuat sebagai aturan agar bangunan tidak terlalu mepet dengan jalan raya. Tujuannya tak lain untuk menghindari dampak dari rawan kecelakaan.

Sementara GSJ  membatasi batas terdepan yang boleh didirikan. Nah, posisi rumah hook yang dekat dengan dua jalur, maka GSB dan GSJ dibuat semakin lebar. Pastikan Pins mematuhi aturan ini karena GSB dan GSJ sudah diatur dalam undang-undang. 

Batas Tinggi Pagar 

Hal lain yang harus diperhatikan saat ingin membangun tanah hook adalah memperhatikan tinggi pagarnya. Pastikan tinggi pagar tidak boleh membatasi jarak pandang. Apalagi mengingat nantinya rumah hook berada di persimpangan jalan. 

Disarankan, tinggi pagar tidak lebih dari 80 cm dan tidak memiliki pondasi. Untuk jenisnya, Pins bisa menggunakan pagar dengan material besi atau pagar tanaman saja. Untuk pemasangan pagar, sebaiknya berjarak minimal 1 meter dari jalanan.

Posisi Pintu Masuk Utama 

Sebelum membangun, Pins juga perlu mempertimbangkan posisi pintu masuk utama untuk membedakan mana bagian depan dan mana bagian belakang.  

Tidak masalah jika hanya ingin membuat satu fasad di salah satu sisi, hal ini akan mempermudah dalam pembagian ruang. Namun jika hendak membangun toko, sebaiknya buat dua sisi muka agar mudah diakses pembeli.

Keamanan

Risiko keamanan rumah di pinggir dua jalan sekaligus seperti tanah hook menjadi lebih tinggi. Bayangkan saja, dengan kondisi pagar yang pendek, maka pelaku perampokan akan lebih mudah masuk ke rumah. 

Selain itu, area tikungan juga biasanya rawan kecelakaan. Untuk itulah, Pins juga harus memperhatikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. 

Apalagi, jika jalan tersebut merupakan area dengan aktivitas padat. Usahakan jangan membuat pagar solid dan ketinggian tak lebih 80 sentimeter.

Hal  ini untuk memudahkan para pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan untuk melihat jalanan. 

Selain itu, Pins juga harus meningkatkan keamanan rumah karena posisi hook rentan maling. Caranya bisa dengan membangun tiang atau pembatas yang cukup tinggi.

Tips Memanfaatkan Tanah Sisa Area Hook

Membangun lahan hook akan menjadi tantangan tersendiri karena adanya tanah sisa, baik itu di depan maupun belakang. Tak hanya terkait estetika sebagai rumah tinggal, aspek lain seperti fungsinya.

Meskipun tanah sisa tak selalu berukuran luas, Pins memanfaatkannya untuk berbagai fungsi rumah, diantaranya: 

Taman Minimalis

(Popbela)

Memiliki tanah sisa bisa dimanfaatkan sebagai taman minimalis untuk mempercantik sekaligus membuat rumah menjadi lebih segar dan sehat. Tanamlah berbagai jenis tumbuhan hijau dan rerumputan di area tersebut. 

Selain taman, tak ada salahnya membuat area bersantai dengan menambah kursi dan meja di halaman berbentuk sudut. 

Area Bermain Anak 

(Vallet Vallet)

Kalau di rumahmu terdapat anak-anak, maka tak ada salahnya untuk menjadikan area sudut di bagian tanah hook sebagai tempat bermain untuk si Kecil. 

Tambahkan beberapa fasilitas bermain untuk anak-anak seperti ayunan dan perosotan. Jika hari libur tiba, Pins bisa ajak si Kecil untuk berenang bersama dengan membawa kolam renang portable yang bisa dibeli di e-commerce. Menarik, bukan? 

Ruang Laundry

(Interior Design ID)

Memanfaatkan lahan sisa tanah hook selanjutnya yaitu dengan menjadikannya sebagai area laundry. Pins bisa memanfaatkan area sudut di bagian belakang dengan menjadikannya sebagai tempat mencuci dan menjemur pakaian di luar ruangan.  

Agar lebih cantik, jangan lupa tambahkan batu alam dan rumput sintetis agar bisa sekaligus menjadi tempat main anak.

Kolam Renang

(Desain Rumah Minimalis)

Kalau kamu dan keluarga memiliki hobi berenang, maka bisa menjadikan area sudut tanah hook juga bisa dibuat sebagai kolam renang, lho, Pins! 

Membuat kolam renang rumah sendiri akan jauh lebih efisien. Kamu bisa langsung berenang saat menginginkannya.

Itulah informasi yang bisa disampaikan mengenai tanah hook. Membeli kavling hook memang selalu menjadi pilihan menarik. Meskipun harganya yang lebih mahal, ditambah dengan mitos-mitos rumah hook yang banyak beredar, tidak membuat kavling ini sepi peminat. Jadi, tertarik membeli tanah hook yang sedang dijual?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Iko