Kamus Istilah Properti

Groundbreaking

istilah properti

Groundbreaking

Groundbreaking adalah kegiatan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan sebuah proyek.

Apa Itu Groundbreaking?

groundbreaking
(Investor ID)

Istilah groundbreaking tidak asing dalam proyek pembangunan infrastruktur dan properti. Arti groundbreaking adalah peletakan batu pertama yang menjadi tanda dimulainya pembangunan sebuah proyek.

Kegiatan peletakan batu pertama ini dilakukan dengan upacara di lokasi konstruksi untuk merayakan hari pertama konstruksi yang sering dihadiri oleh orang-orang penting, seperti pejabat negara, pengusaha, public figure, dan media.

Upacara groundbreaking adalah cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan dan membangkitkan minat masyarakat terhadap proyek pembangunan baru.

Pada prosesnya, groundbreaking ceremony sering ditandai dengan sekop di banyak budaya dan negara di dunia. Sekop yang digunakan selama peletakan batu pertama sering kali merupakan sekop upacara khusus, terkadang berwarna emas yang telah diukir, dimaksudkan untuk disimpan untuk acara akhir, yaitu topping off.

Dalam upacara peletakan batu pertama lainnya, sebuah buldoser digunakan sebagai pengganti sekop untuk menandai hari pertama konstruksi.   

Tujuan Diadakannya Groundbreaking

groundbreaking
(Economic Zone)

Secara umum, tujuan dari upacara peletakan batu pertama adalah untuk menciptakan kegembiraan dan dukungan terhadap proyek bangunan baru. 

Untuk lebih jelasnya, beberapa tujuan diadakannya ceremony groundbreaking adalah sebagai berikut:

Simbol Komitmen 

Peletakan batu pertama bukan hanya sebatas kesenangan semata. Di dalamnya terdapat bukti komitmen yang nyatanya dari pemilik proyek. Pada acara ini, penyelenggara acara akan memberikan pengumuman jika proyek pembangunan telah dimulai. 

Dimulainya proyek ini juga akan menguntungkan siapa saja pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Alhasil, acara ini juga simbol dari sebuah komitmen dan kerja sama yang baik di antara pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan.

Waktu untuk Promosi 

Dari sisi marketing, ceremony ini sangat berguna, terlebih apabila suatu proyek tersebut ditujukan untuk hal-hal komersial. Misalnya, proyek perumahan, apartemen, hotel, perkantoran dan sebagainya

Pada acara groundbreaking ini, pihak marketing bisa mengumumkan kepada masyarakat maupun investor tentang keunggulan dan masterplan proyek ini. 

Memberikan Keuntungan 

Setelah melakukan promosi, upacara ini diharapkan bisa mendatangkan banyak penawaran dan rasa ketertarikan dari calon konsumen terhadap proyek yang dikembangkan. Ini umumnya dilakukan oleh para developer properti.

Awal Mula Upacara Groundbreaking

(The Inn at Belden Village)

Upacara peletakan batu pertama ternyata sudah digunakan sejak lama sebagai upacara yang didasarkan pada mitos, kepercayaan, dan agama. Melansir dari Ceremonial Supplies, kegiatan groundbreaking dianggap sebagai representasi dari sebuah peletakan suci yang akan mendukung pondasi yang kokoh. 

Sayangnya, tdak ada yang bisa mengatakan dengan pasti dari mana tradisi upacara peletakan batu pertama berasal, tetapi itu adalah praktik universal dan bukti penggunaannya telah ditemukan di semua peradaban kuno di dunia.  

Di masa lalu, upacara peletakan batu pertama melibatkan dua ritual terpisah yang dianggap mewakili persembahan rasa terima kasih kepada bumi karena proses pembangunan dianggap tindakan yang menyakiti bumi.

Melalui kegiatan ini, menjadi wujud dari pentingnya tindakan membangun bentuk fisik dari sebuah konsep yang semula berasal dari imajinasi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Acara Groundbreaking

(MNC Land)

Supaya memenuhi tujuan dan fungsinya, proses upacara peletakan batu pertama tidak bisa dilakukan secara asal. Perlu perencanaan yang matang agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan bisa memuaskan semua pihak yang terlibat.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengadakan acara, antara lain:

Penentuan Anggaran

Sebenarnya, upacara peletakan batu pertama ini terbilang fleksibel karena bisa intim, bisa juga diselenggarakan mewah. Penetapan budgeting ini akan menentukan siapa saja yang terlibat yang akan menentukan kesuksesan acara.

Umumnya, groundbreaking ceremony melibatkan pengusaha makanan, perusahaan rental seperti tenda, kursi, dan sebagainya, perusahaan audio/visual, hingga penasehat humas.

Tetapkan Tanggal Acara

Pemilihan tanggal harus memastikan upacara tersebut tidak mengganggu pekerjaan apa pun yang mungkin sedang berlangsung di lokasi kerja. Maka dari itulah, pilih yang sesuai waktu dalam jadwal konstruksi. 

Pertengahan pagi atau tengah hari adalah waktu yang optimal, karena ini memberi waktu bagi vendor untuk mempersiapkan lokasi upacara dan tidak mengganggu siaran berita publik.

Tentukan Detail Acara

Bagaimana detail acara ini bergantung pada visi dan tujuan, serta jenis bangunannya. Misalnya, terkait berapa lama durasi upacara, siapa saja yang akan menjadi pembicara, dan perlukah mengadakan hiburan atau aktivitas tambahan lainnya?

Yang pasti, upacara peletakan batu pertama akan menghadirkan setidaknya 2-3 pembicara. Misalnya, pembicara dari organisasi, pengembang, perusahaan konstruksi, dan pejabat setempat. 

Ketepatan Waktu

Biasanya, bagian upacara ini kurang dari 30 menit, jadi penting untuk menjaga pembicara tetap pada jadwal.  Peletakan batu pertama akan mengikuti porsi pembicara upacara serta kesempatan foto, yang harus direncanakan sebelumnya untuk mempertahankan jadwal.

Maka, penting untuk memperhatikan ketepatan waktu demi memastikan upacara ini tetap pada jalurnya dan menghormati waktu peserta yang hadir. Jadwal ini harus diberikan kepada semua orang yang terlibat dalam upacara termasuk fotografer, pembicara, dan pembawa acara. Pastikan semua pembicara tahu persis berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk berbicara setidaknya seminggu sebelum upacara sehingga mereka dapat mempersiapkan catatan mereka sesuai dengan itu.   

Tamu Undangan

Sekarang Pins siap untuk mulai menyebarkan berita acara groundbreaking.. Untuk mengatur daftar tamu, mulailah dengan membuat kategori tamu yang akan diundang.

Kategori tamu dapat mencakup:

  • Perusahaan
  • Kontraktor/arsitek/insinyur
  • Media
  • Pejabat lokal
  • Investor
  • Vendor
  • Donatur utama
  • Organisasi keanggotaan
  • Kamar Dagang Industri (Kadin) setempat
  • Masyarakat umum

Undangan harus dikirim setidaknya dua minggu sebelum acara, jadi penting untuk mulai membuat daftar undangan sesegera mungkin. Kemudian, undangan media harus dikirim setidaknya empat minggu sebelum acara demi memastikan mereka dapat memberikan liputan di acara. 

Berbeda dengan pejabat publik harus menerima undangan setidaknya 3-4 minggu sebelumnya untuk koordinasi jadwal. Jika Pins juga membuat acara ini terbuka untuk umum, pastikan untuk membagikan detail acara di berbagai platform media sosial, ya! 

Tanda Terima Kasih

Selama upacara, penting untuk berterima kasih kepada tamu yang telah menghadiri perayaan tersebut serta pejabat lokal dan peserta penting lainnya. Kemudian setelah upacara selesai, pastikan untuk mengirimkan ucapan terima kasih resmi kepada tamu-tamu terkemuka.  

Bentuk tanda terima kasih ini bisa berupa souvenir dalam goodie bag yang diberikan di akhir acara. Jika perlu, tak ada salahnya untuk memberikan doorprize yang akan membuat para tamu undangan merasa senang menerimanya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.