Kamus Istilah Properti

Online Visit

istilah properti

Online Visit

Online visit adalah kegiatan di mana para calon pembeli melihat unit rumah dengan menggunakan teknologi internet. 

Apa itu Online Visit?

(Cyber Pulse)

Dulu sebelum pandemi COVID-19, calon pembeli bisa datang secara langsung melihat-lihat semua properti yang mereka incar. Terkadang beberapa developer menyediakan show unit yang menyerupai unit asli agar pengunjung dapat melihat secara langsung. 

Saat ini, kegiatan melihat-lihat secara langsung properti yang sedang diincar digantikan melalui visit online. Tujuannya agar para calon pembeli dapat melihat properti yang mereka inginkan tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum pandemi pun sebenarnya online visit sudah sering digunakan. Jika calon pembeli tidak dapat melihat properti secara langsung karena alasan apa pun seperti, jika mereka berada di luar negeri, online visit juga menjadi cara terbaik.

Caranya dengan merekam video dari properti yang sedekat mungkin dengan open house yang sebenarnya atau melalui virtual tour. 

Jadi dapat simpulkan kalau online visit adalah kegiatan di mana para calon pembeli melihat unit rumah dengan menggunakan internet dan teknologi 360. Melalui teknologi ini, kamu dapat mengunjungi, melihat, dan merasakan suasana lingkungan perumahan dan rumah contoh langsung dari handphone, tablet, atau laptop.

Kini, online visit melalui virtual tour menjadi pilihan yang direkomendasikan bagi penjual dan agen untuk menghindari tatap muka sekaligus tetap memasarkan properti seluas-luasnya.  

Jenis Online Visit 

(Spotless Agency)

Sederhananya, online visit digunakan sebagai simulasi sebuah rumah, apartemen, maupun hotel dalam bentuk video atau foto yang menggambarkan sebuah lokasi tanpa ada ruang kosong. 

Online visit dalam bentuk virtual tour juga dapat didukung elemen-elemen multimedia lain, seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Melalui online visit ini, Pins bisa merasa seolah-olah berada di lokasi tersebut.

Live Streaming  

Cara online visit selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan platform streaming seperti Facebook atau Instagram Live, FaceTime, Google Hangouts, Zoom, dan Skype.  

Developer atau penjual akan mengundang calon pembeli untuk mengikuti online visit pada waktu yang telah ditentukan. Kemudian, melalui platform streaming tersebut, kamu dapat melihat properti secara virtual sekaligus berinteraksi dengan pihak developer. 

Panoramic Tour 

Cara kerjanya menggunakan panoramic tour atau virtual tour dapat digunakan dengan menggabungkan beberapa frame foto yang digabungkan dengan program khusus. Bisa juga dibuat dengan kamera khusus panoramic tour.

Bentuknya berupa video sepenuhnya virtual atau 360 derajat yang diambil dengan kamera panorama. Tur rumah virtual ini dikenal sebagai tur 3D dan penelusuran 3D. 

Cara kerjanya mirip dengan Street View di Google Maps, di mana pembeli dapat melihat properti secara digital dan mengaturnya secara bebas dari berbagai sudut. Tur virtual berbeda dari video daftar statis, yang tidak memiliki elemen interaktif. 

Pins dapat berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain dengan mengklik hotspot panorama yang sesuai dengan pintu fisik. Fitur-fitur ini membantu membuat keputusan lebih cepat karena mereka mengoperasikan lebih banyak representasi visual. 

Virtual Tour 

Dengan kemajuan teknologi saat ini, visit unit bisa digantikan dengan melakukan virtual tour. Virtual tour atau tur maya ialah kemampuan teknologi yang lebih baik dari hanya sekedar foto 360 derajat. 

Dari virtual tour ini, Pins bisa melihat-lihat ataupun memasuki setiap ruangan yang ada di properti tersebut. Teknologi virtual tour ini sangatlah membantu developer dalam memasarkan properti mereka di tengah pandemi seperti ini yang tidak memungkinkan bagi para calon pembeli melihat ke tempat langsung dalam sementara waktu. 

Keuntungan Melakukan Online Visit 

(RIS Media)

Selain sebagai cara mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi, menjalani online visit memiliki sejumlah keuntungan antara lain:

  •  
  • Bagi konsumen lebih menghemat waktu karena menampilkan rumah secara digital tak perlu langsung datang ke lokasi. Sehingga kamu bisa melakukan online visit di banyak tempat tanpa harus mendatanginya.

Manfaat Online Visit Bagi Developer dan Penjual

Bagi developer maupun penjiual, melakukan kegiatan visit rumah secara digital mempunyai sejumlah keuntungan antara lain: 

  • Jangkauan pemasaran lebih luas. Online visit memungkinkan lebih banyak orang melihat properti tersebut, termasuk pembeli luar kota dan luar negeri. 
  • Meningkatkan minat pembeli karena visit online akan memberikan informasi yang lebih mendetail kepada pelanggan tentang apa yang akan mereka beli atau pesan. 
  • Menurut penelitian yang dilakukan oleh Google pada tahun 2015, pengunjung situs web yang melihat item dengan tur virtual 360 derajat dua kali lebih mungkin untuk melakukan pembelian atau memesan reservasi karena termotivasi dengan tur ini. 
  • Gambar interaktif jelas meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.
  • Online visit dapat secara signifikan meningkatkan pengoptimalan mesin pencarian di Google dengan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs properti. 

Manfaat Online Visit Bagi Pembeli 

Sebagai calon pembeli, memilih melakukan visit secara online juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Berikut ini beberapa diantaranya: 

  • Pembeli dapat menjelajahi apartemen atau rumah dari berbagai sudut pandang seolah-olah melakukan perjalanan melaluinya dalam kenyataan. 
  • Pembeli akan mendapatkan lebih banyak informasi sehingga akan membantu membuat keputusan untuk membeli properti tersebut.  

Jadi itulah beberapa strategi yang dilakukan oleh developer dalam menggantikan visit unit di tengah pandemi Covid-19 seperti ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan memberikan inspirasi bagi Pins yang membutuhkan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia