Kamus Istilah Properti

Nilai Tanah

istilah properti

Nilai Tanah

Nilai tanah bisa diartikan sebagai nilai jual beli tanah dalam suatu waktu tertentu. Nilai tanah bersifat dinamis dan tidak tetap.

Mengenal Apa Itu Tanah

(Big Alpha)

Tanah mempunyai kekuatan ekonomi yang sangat menguntungkan. Tanah atau lahan bisa menjadi aset sebuah negara yang tidak terkira. Sebuah negara tidak bisa menjalankan kegiatan administratif dan usaha tanpa ada kepemilikan tanah yang tetap. 

Menurut Kementerian Keuangan, setiap urusan yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan atau ruang perlu berurusan dengan negara. Misalnya ketika kamu akan membangun rumah di atas lahan, membeli tanah, sawah dan lain-lain biasanya akan berurusan dengan hukum yang melalui notaris. 

Hal ini karena bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Kalimat tersebut merupakan bagian dari UUD 1945 Pasal 33 (3). Artinya setiap warga negara yang ingin memanfaatkan lahan untuk kebutuhan pribadi atau komersial, perlu mengajukan permohonan penggunaan tanah dan juga mengantongi izin pemanfaatan lahan. 

Sifat Nilai Tanah

(Harian Metro)

Nilai tanah menjadi alat ukur yang digunakan untuk menentukan harga jual beli sebidang tanah. Kenaikan tanah menjadi indikasi bahwa sebidang tanah atau lahan mempunyai value. Semakin bertambah nilai tanah, maka artinya semakin strategis suatu wilayah di area tersebut. 

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 7/KN/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Barang Milik Negara, ada hal yang harus diperhatikan dalam menilai tanah. Analisis data penilaian tanah harus memperhatikan faktor-faktor seperti,

  • Jenis 
  • Bentuk
  • Kontur
  • Fasilitas Umum
  • Perizinan

Sementara itu sifat tanah meliputi beberapa hal berikut yaitu, 

Dinamis dan cenderung naik 

Harga atau nilai dari tanah cenderung naik. Hal ini dipicu oleh beragam faktor eksternal. Oleh karena itu, tanah seringkali dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Namun, tidak semua tanah bisa menjadi instrumen investasi yang menguntungkan. Lahan dan tanah gambut atau berlumpur susah untuk diolah. Jadi walaupun secara umum tanah bisa menjadi instrumen investasi, kamu harus jeli dan detail dalam memilih lahan yang akan dijadikan investasi.

Dipengaruhi oleh faktor eksternal

Umumnya, semakin strategis suatu area maka harga atau nilai tanah akan bertambah. Kamu bisa membandingkan nilai tanah dalam meter persegi di Jakarta dan Palembang. Kamu akan melihat ada perbedaan harga tanah di dua area tersebut. Alasannya karena Jakarta merupakan ibu kota yang strategis. Segala pusat industri dan bisnis ada di sana, sehingga nilai lahan untuk residensial pun akan melonjak. Sementara mungkin di Palembang harga tanah akan lebih rendah dari Jakarta. 

Dipengaruhi oleh kualiutas tanah

Tanah yang sifatnya padat dan tidak ada potensi longsor akan lebih bernilai bagus. Sementara tanah dengan fisik yang kurang cocok digunakan sebagai alas bangunan, maka tidak akan dilirik oleh developer atau investor. Oleh karena itu, memilih kualitas tanah pun adalah poin penting sebelum membeli tanah. 

Hal yang Mempengaruhi Nilai Tanah 

nilai tanah
(Mutu Institute)

Setelah memahami beberapa sifat dari nilai tanah, berikut ini ada beberapa hal yang mempengaruhi kenaikan dari nilai tanah. Silakan dicek selengkapnya berikut ini!

Lokasi 

Lokasi tanah menjadi penentu nilai tanah itu sendiri. Area lahan atau tanah di perkotaan yang dekat dengan pusat bisnis dengan akses transportasi yang mudah bisa menyebabkan harga tanah lebih mahal. Namun, nilai tanah bisa lebih murah ketika lokasinya berada di area pedesaan atau jauh dari pusat bisnis dan jalan protokol. Jadi, jika kamu berniat untuk membeli sebidang tanah, pastikan kamu membandingkan beberapa lokasi.

Fasilitas umum

Fasilitas umum bisa menjadi faktor yang menyebabkan harga tanah naik. Misalnya saja di dekat rumah kamu akan dibangun rumah sakit dan pusat perbelanjaan (mall). Harga tanah akan meningkat. Artinya daerah tersebut sudah mulai dilirik oleh investor, maka terjadilah pembangunan fasilitas umum tersebut. Kehadiran fasilitas umum akan menarik lebih banyak individu untuk hadir ke area tersebut. Inilah yang menyebabkan pertambahan nilai tanah. 

Kualitas tanah 

Kualitas tanah sebenarnya kerap kali akan menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli lahan. Area atau tanah yang jauh dari potensi longsor tentu akan dihargai lebih mahal. Namun, lahan atau tanah yang sudah tidak dapat menyerap air sehingga menimbulkan banjir, maka nilai tanah di sekitar area tersebut akan menurun.

Tujuan Mengetahui Nilai Tanah

nilai tanah
(CNN Indonesia)

Setelah kamu memahami hal-hal yanhg mempengaruhi nilai tanah, maka selanjutnya adalah membahas soal tujuan mengetahui nilai tanah. Kira-kira apa ya Pins keuntungan mengetahui nilai sebuah atau sebidang tanah? Berikut penjelasannya.

Menjaga nilai investasi tanah

Pertama, tanah sama seperti properti yaitu sama-sama mempunyai nilai ekonomis yang terus naik setiap tahunnya. Untuk menjaga harga atau nilai tanah tersebut, maka kamu harus mencari area yang strategis dan baik prospeknya untuk investai jangka panjang Pins.

Menghindari kerugian 

Hal terakhir yang menjadi tujuan untuk mengetahui nilai tanah adalah untuk menghindari kerugian. Dengan melakukan observasi dan mengetahui nilai tanah, kamu jadi bisa membandingkan harga tanah di setiap area yang berbeda-beda Pins!

Memudahkan kamu dalam proses pembelian

Melakukan observasi tanah akan memberikan keuntungan kepada kamu. Keuntungannya adalah kamu lebih mudah untuk melakukan proses pembelian, lantaran kamu sudah tahu harga di setiap area. Kamu pun akan mulai menghitung dan mempertimbangkan lokasi mana yang akan kamu tuju untuk investasi.

Itu saja informasi mengenai nilai tanah, Pins. Semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.