Kamus Istilah Properti

Pasir Sungai

istilah properti

Pasir Sungai

Pasir sungai merupakan pasir yang asal muasalnya dikeruk dari sungai. Umumnya memiliki butiran yang sedang sehingga tidak terlalu besar.

Apa Itu Pasir Sungai ?

Pasir Sungai
(Shutterstock)

Umumnya pasir jenis ini digunakan sebagai bahan campuran saja. Pasir didapat dari mengikis batu-batuan sungai yang cenderung tajam dan keras. Tak heran bila pasir ini dikenal akan kekuatannya.

Ukuran pasirnya berkisar antara 0.063 sampai dengan 5 mm. Kebanyakan pasir sungai yang digunakan sebagai bahan bangunan ialah jenis pasir hitam.

Jumlahnya masih banyak karena diambil dari dasar sungai. Dari segi harga masih tergolong ekonomis. Pasir dengan kualitas yang baik biasanya berada di sungai atau danau yang hulunya dari puncak gunung berapi.

Material vulkanik dari sisa erupsi mampu menghasilkan kualitas yang baik. Kualitas pasir terbaik umumnya mudah diperoleh saat musim hujan tiba. Hal ini dikarenakan pasir yang ada diatas gunung ikut terbawa aliran air.

Sayangnya hal ini berdampak pada harga pasir yang ikut melonjak. Tingginya debit sungai membuat pasir sulit untuk ditambang dari dasar sungai. Walaupun demikian pasir yang dihasilkan lebih bersih.

Baca Juga:

Ciri Pasir Sungai

Warna pasir dari sungai biasanya coklat kehitaman, kuning kecoklatan dan coklat. Butirannya berbentuk bulat karena mengalami proses gesekan dengan air dalam durasi waktu yang lama.

Pasir yang diambil dari sungai dengan debit air besar akan memiliki kandungan lumpur dan bahan organik yang rendah. Faktor yang membedakan jenis pasir ini dari suatu daerah dengan lainnya adalah besar kecilnya aliran air dan asal batuan.

Sementara ciri pasir yang baik untuk bangunan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pasir tersebut memiliki butiran keras dan tajam dengan indeks kekerasan kurang dari 2.2
  • Kandungan lumpur yang dimilikinya tidak lebih dari 5 %. Sifatnya kekal dan jika diuji memakai natrium sulfat maka bagian yang hancur maksimal 12 %. Apabila diuji memakai magnesium sulfat yang hancur hanya 10 %
  • Kandungan organik tidak terlalu tinggi karena bila lebih banyak bahan organik dapat melemahkan kekuatan pasir
  • Pasir memiliki reaksi negatif terhadap alkali untuk beton sehingga tingkat keawetannya cenderung tinggi

Fungsi Pasir Sungai

Pasir Sungai
(Shutterstock)

Salah satu fungsi dari pasir ini adalah sebagai bahan cor sehingga bangunan lebih kuat dan tahan lama. Ada pula fungsi lain dari pasir sungai diantaranya bisa disimak sebagai berikut :

Campuran Spesi

Istilah ini digunakan untuk campuran yang berguna melekatkan batu bata yang satu dengan lainnya. Spesi sendiri merupakan campuran yang dibentuk dari pasir, semen dan air memakai perbandingan tertentu.

Tidak hanya mampu melekatkan batu bata saja namun juga batu karang. Kekuatan pasangan batu bata maupun batu karang ditentukan oleh perbandingan spesi dan pengaturan jaraknya.

Campuran yang tepat dapat membuat bangunan tidak mudah bergeser. Bangunan dapat tahan akan tekanan.

Plester

Pasir ini bermanfaat pula sebagai plester. Campuran semen dan pasir namun yang lebih halus. Gunanya sebagai pelapis atau dekoratif dinding dan plafon untuk mencetak elemen dekoratif yang dibutuhkan.

Hasil akhir plesteran biasanya akan terlihat lebih halus. Dinding pun akan mudah dilapisi dengan cat. Seluruh proses plester menggunakan cara manual yakni memakai tangan.

Keuntungan memakai plester pada dinding ialah tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Sebaiknya ketika melakukan proses plester pada musim panas agar lapisan semakin cepat kering.

Pemasangan Keramik

Dalam merekatkan keramik juga dibutuhkan pasir sungai. Perekatnya sama yakni terbuat dari semen dan pasir. Keramik akan merekat dengan erat pada lantai bila takaran perekatnya tepat.

Keramik untuk lantai memakai perbandingan antara pasir dan semen 6 : 1. Sementara ketebalan perekatnya rata-rata sekitar 2-4 cm. 

Bila digunakan untuk merekatkan keramik ke dinding maka perbandingan antara semen dan pasir sekitar 1 : 4. Sedangkan ketebalan perekatnya berkisar 2 cm. Pastikan membersihkan permukaan lantai agar tidak menimbulkan resiko renggang.

Pembuatan Kaca

Pasir juga dibutuhkan untuk proses pembuatan kaca. Pasir akan meleleh pada suhu tinggi yakni sekitar 1700 derajat celcius. Ketika pasir cair mulai dingin maka akan membentuk kaca yang transparan.

Pembuatan Beton

Manfaat lainnya adalah digunakan untuk pembuatan beton. Hanya pasir dari aliran sungai yang debit airnya besar cocok untuk pembuatan beton. 

Beton sendiri memiliki campuran agregat kasar dan halus, air dan semen. Agregat halus diperoleh dari pasir sementara agregat kasar didapat dari batuan.

Pengerasan Jalan

Dalam proyek pengerasan jalan maka yang digunakan sebagai penutupnya adalah beton, aspal, maupun paving block. Pasir menjadi bahan utama dalam campuran perekatnya. 

Cara Memoles Pasir Sungai

Pasir Sungai
(Shutterstock)

Tidak semua sungai menghasilkan pasir yang baik. Ada pula yang mengandung endapan lumpur dan kotoran lainnya. Untuk membersihkannya biasa melewati proses pencucian dengan air bersih terlebih dulu.

Cara sederhananya adalah mengambil segenggam pasir lalu dimasukan ke dalam botol air. Beri air kemudian kocok-kocok beberapa saat. Diamkan botol maka endapan lumpur akan berpisah dengan sendirinya.

Apabila jumlah endapan lumpur banyak maka dipastikan kualitas pasir tidak baik. Cara ini sering digunakan untuk mendeteksi kualitas pasir yang berasal dari gunung.

Pasir sungai nyatanya memiliki banyak manfaat dalam konstruksi jalan dan bangunan. Umumnya dipakai dalam agregat halus dan memiliki sifat kuat dan kekal.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.