Kamus Istilah Properti

Smart Home

istilah properti

Smart Home

Smart home adalah sistem pengelolaan rumah yang terintegrasi dengan teknologi canggih. 

Mengenal Smart Home

Smart Home
(Unsplash)

Smart home adalah sistem pengelolaan rumah yang terintegrasi dengan teknologi canggih.

Secara lebih rinci, sistem rumah pintar akan memanfaatkan teknologi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh. Alat yang digunakan untuk mengontrol kerja sistem rumah pintar biasanya ialah ponsel pintar atau smartphone

Di Indonesia, sistem rumah pintar sudah mulai digunakan di banyak rumah, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Teknologi ini menjadi pilihan yang menarik untuk kaum milenial yang sibuk atau memiliki mobilitas tinggi. 

Dengan memanfaatkan semua fitur dari rumah pintar, maka Pins tidak perlu kesulitas lagi mengatur segala hal di rumah. Pasalnya, Pins dapat mengontrol semuanya melalui gawai saja. 

Fitur Smart Home 

(Pexels)

Penerapan rumah pintar dapat bervariasi dan bisa disesuikan dengan kebutuhan. Namun beberapa rumah masa kini mulai menerapkan smart home system yang cukup komplet. Baik pada pintu, lampu, ataupun barang elektronik seperti kulkas. Tak jarang, ada pula rumah yang menggunakan sistem rumah pintar untuk hiburan atau sistem keamanan rumah. .

Di bawah ini ada beberapa fitur dari sistem rumah pintar yang menjadi dambaan kaum milenial. Pantas jika banyak yang tertarik. 

1. Sistem akses pintu (smart lock)

Smart lock merupakan salah satu sistem pada rumah pintar yang kini mulai banyak digunakan di masyarakat luas. Fungsi utama dari fitur ini adalah untuk menjaga keamanan rumah agar tak dimasuki orang asing. 

Berbeda dengan kunci pada umumnya, smart lock mengedepankan sistem elektromekanis, di mana kunci dapat dibuka atau ditutup hanya dengan instruksi khusus atau kode rahasia. 

2. Pencahayan pintar (smart light bulb)

Selain sistem keamanan pintu, baru-baru ini pencahayaan pintar dalam wujud smart light bulb pun mulai digemari banyak orang. Konon, smart light bulb ini menggunakan energi yang lebih sedikit dari bohlam lampu biasa, sekitar 80 persennya. 

Fitur ini memungkinkan Pins untuk mengatur jumlah cahaya melalui ponsel. Bahkan, Pins tidak perlu menghidupkan atau mematikan lampu secara manual, karena bisa diatur jadwalnya melalui ponsel. 

3. Smart TV

Televisi kini juga menjadi barang elektronik yang menawarkan serangkaian kemudahan dalam aksesnya. Contohnya saja smart TV yang menampilkan penggabungan teknologi televisi dan internet. 

Smart TV terintegrasi dengan fitur-fitur di internet dan laman khusus yang menghadirkan tayangan hiburan yang lebih canggih. 

4. Ring Alarm 

Smart home umumnya memiliki sistem alarm yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi keluarga dari kejadian tidak diinginkan. 

Biasanya, sistem alarm atau ring alarm memiliki sensor yang dapat mendeteksi kebocoran gas, sensor api, ataupun sensor angin dan hujan. Bahkan, ada pula ring alarm yang bisa mendeteksi pencuri di dalam rumah. 

Selain keempat fitur di atas, sebetulnya masih banyak fitur lain yang kerap disuguhkan dalam rumah pintar Masing-masing fitur memiliki fungsi berbeda, jadi sebelum memilih rumah pintar lebih baik jika Pins juga memperhitungkan fiturnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

Smart Home

(Unsplash)

Smart home bisa menjadi pilihan untuk kaum milenial yang kekinian. Walau demikian, rumah pintar juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Berikut kelebihan dan kekurangan rumah pintar yang perlu Pins ketahui. 

Kelebihan smart home

Sebagai gambaran dan bahan pertimbangan, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari rumah pintar.

  1. Smart home dapat mempermudah segala pengaturan, mulai dari menyalakan lampu hingga menjaga keamanan rumah. 
  2. Penggunaan rumah pintar konon juga bisa menghemat energi. Pasalnya, kamu bisa mengatur segala hal di rumah hanya melalui ponsel saja. Jadi, tidak ada energi yang terbuang. 
  3. Smart house dapat memberikan sistem keamanan yang lebih ketat. Khususnya pada sistem smart lock dan ring alarm atau sensory.
  4. Memiliki rumah berbasis hunian pintar juga dapat membuatmu lebih nyaman. Sebab, semua hal bisa dilakukan dari gawai saja. Misalnya ketika ingin menyalakan lampu atau memutar lagu. 

Kekurangan smart home

Meski nampaknya smart home tidak bercela, tapi sistem kekinian ini juga memiliki kekurangan. Berikut di antaranya. 

  1. Sistem keamanan dari smart home system bisa jadi mengalami gangguan atau peretasan. Hal tersebut tentunya memungkinkan orang asing masuk ke dalam rumah. 
  2. Biaya pemasangan sistem rumah pintar terbilang mahal. Bahkan jika kamu membeli rumah berbasis smart house
  3. Kondisi listrik di Indonesia yang tidak stabil juga menjadi kendala terwujudkan rumah pintar yang aman dan nyaman. 

Cara mengaplikasikan smart home system di rumah sederhana

Smart Home
(Unsplash)

Rumah berbasis smart house harganya tentu lebih mahal. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena smart house system ini pun bisa dibangun atau diaplikasikan di rumahmu. 

Berikut ada beberapa cara mengaplikasikan sistem smart house di rumah sederhana dengan bujet terbatas. 

  1. Ganti beberapa saklar yang menjadi sarana penghubung perangkat elektronik di rumah. 
  2. Siapkan jaringan internet yang memadai agar proses peralihan menuju smart house berjalan lancar. 
  3. Mulailah beli perangkat elektronik berbasis smart house system yang harganya terjangkau, misalnya smart light bulb atau smart TV.
  4. Lengkapi keamanan rumah dengan motion sensory, smart lock, atau ring alarm. Namun pastikan untuk memilih smart house system yang sesuai kebutuhan agar tidak over budget.

Nah, bagaimana menarik bukan idenya? Sebetulnya cukup mudah membuat atau menghadirkan konsep smart house di rumah sederhana. Namun perlu perhitungan yang tepat agar smart home system dapat berjalan sesuai keinginan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea Lyliana

Editor: Iko