Kamus Istilah Properti

Urban

istilah properti

Urban

Urban adalah berkaitan dengan kota, bersifat kekotaan, atau orang yang berpindah dari desa ke kota.

Apa itu Urban?

urban
sumber: Pixabay

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), urban berkaitan dengan kota, bersifat kekotaan, atau orang yang berpindah dari desa ke kota. Terdapat beberapa ciri yang melekat pada orang yang tinggal di daerah urban, antara lain :

1. Tingkat Literasi yang Cukup Tinggi

Ya, pada orang-orang yang tinggal di daerah urban biasanya memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi. Mengingat infrastruktur pendidikan yang jauh lebih hebat dan bagus yang tentunya sangat membantu masyarakatnya dalam belajar. 

2. Terbuka dengan Budaya Lain dan Hal Baru

Selain tingkat literasi yang cukup tinggi, masyarakat urban juga dikenal lebih terbuka dengan budaya lain dan hal-hal baru. Seperti yang kita ketahui bersama, segala aspek kehidupan terus berkembang. Misalnya internet, masyarakat urban cenderung lebih pandai dalam menggunakan internet dan mencari informasi di internet. 

Hal ini membuat masyarakat urban jadi lebih banyak mengetahui informasi. Selain itu, biasanya masyarakat urban akan lebih menoleransi perbedaan. Gaya hidup dan pemikiran yang semakin berkembang biasanya membuat masyarakat urban lebih mengedepankan perdamaian dan menerima perbedaan.

3. Individualis

Ciri lain yang sering dilekatkan pada masyarakat urban adalah individualis. Ya, ciri yang satu ini biasanya disebabkan oleh persaingan berbagai aspek kehidupan yang semakin ketat di perkotaan, mengingat tingginya urbanisasi.

4. Mobilitas Tinggi

Ciri terakhir pada masyarakat urban adalah mobilitas yang tinggi. Tingkat mobilitas ini disebabkan dinamisnya pekerjaan yang dimiliki oleh masyarakat urban. Waktu dan peluang yang ada menjadi prioritas yang diutamakan masyarakat urban sehingga mobilitas dalam perkotaan pun cukup tinggi.

Urban Design

urban
sumber: Pixabay

Di dunia properti sendiri, istilah “urban” sering digunakan dalam desain “urban design”, urban property, dan masih banyak lagi. Urban design adalah pengaturan dan penataan tatanan sebuah kota. Pada urban design, desain yang dibuat harus dipikirkan secara matang dengan memperhatikan beberapa fungsi dalam kota, seperti tempat tinggal, infrastruktur, jalur transportasi umum, saluran air kota dan sebagainya. Karena hal ini erat kaitannya dengan kelangsungan hidup masyarakat di dalam kota tersebut.

Desain urban ini tidak bisa dianggap sepele karena kaitannya yang sangat banyak terhadap berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Oleh karena itu, dalam mendesain tatanan kota perlu mengikut berbagai kebijakan pemerintah yang ada di wilayah setempat.

Properti Hunian Urban

urban
sumber: Pixabay

Kebutuhan properti hunian di daerah urban atau perkotaan semakin meningkat. Sehingga menimbulkan beberapa jenis properti hunian yang menyesuaikan ciri dan kebutuhan masyarakat urban. Apa saja tipe properti hunian bagi masyarakat urban? Ini dia daftarnya.

1. Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah salah satu tipe rumah yang sangat diminati oleh masyarakat urban. Desain eksterior yang tidak mencolok dan membentuk pada setiap sudutnya dan didukung interior yang modern menjadi tren yang sangat digemari oleh banyak kaum urban.

2. Rumah Minimalis dengan Kayu

Ya, desain properti menggunakan kayu kini kembali ramai digemari terutama oleh masyarakat perkotaan. Desain minimalis dengan sentuhan kayu membuat rumah terlihat tradisional namun tetap modern. Biasanya kayu akan digunakan sebagai lantai atau dinding yang membuat rumah semakin terkesan tradisional namun dengan desain minimalis yang modern.

3. Futuristik

Selain desain minimalis, desain yang cukup digemari oleh masyarakat urban adalah desain futuristik. Desain yang satu ini membuat rumah jadi terkesan modern dan dengan sirkulasi udara yang cukup. Pada rumah dengan desain ini biasanya tidak menggunakan genteng, namun tidak menghilangkan fungsi atap pada rumah.Selain itu pada desain futuristik juga telah menggunakan teknologi sebagai bagian dari rumah, seperti smart lock pada pintu atau pagar rumah yang memudahkan kaum urban memantau dan menjaga keamanan rumahnya.

4. Urban Futuristik

Pada desain rumah urban futuristik menerapkan desain yang akan mempermudah kebutuhan penghuninya. Biasanya desain rumah ini dilengkapi dengan taman kecil sebagai daerah hijau rumah yang membuat rumah semakin asri. Pada desain ini juga bangunan tampak lebih modern dan biasanya dilengkapi dengan banyak kaca yang memudahkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan secara langsung. Sehingga pencahayaan pada rumah dengan desain urban futuristik sangatlah baik.

Itulah informasi mengenai urban. Semoga bermanfaat!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.