Kamus Istilah Properti

Empang

istilah properti

Empang

Empang adalah sebuah kolam yang dibuat di lahan terbuka yang diperuntukkan sebagai tempat budidaya maupun pemancingan hewan-hewan air.

Apa itu empang?

(Palapa News)

Ada banyak fungsi lahan yang menurut plot plan atau site plan dari sebuah wilayah. Salah satunya diantara wilayah yang dimaksud adalah lahan yang dikhususkan untuk perikanan. Biasanya, orang-orang membuat beberapa empang supaya lahan tersebut sah menjadi lahan perikanan sesuai dengan plot plan.

Empang adalah sebuah kolam yang dibuat di lahan terbuka yang diperuntukkan sebagai tempat budidaya maupun pemancingan makhluk-makhluk air yang mempunyai nilai jual baik di pasaran. Di beberapa daerah, tempat seperti ini juga biasa disebut dengan tambak.

Umumnya, hewan-hewan yang hidup di kolam buatan tersebut adalah jenis ikan-ikanan. Selain ikan, beberapa kolam secara khusus membudidayakan hewan-hewan jenis lain seperti udang maupun kerang. Ada juga yang membudidayakan rumput laut di tambaknya.

Jika dilihat dari air yang digunakan untuk sistem irigasinya, ada tiga jenis tambak yang umum ditemui di Indonesia. Yang pertama adalah tambak air tawar, yang kedua adalah tambak ikan air payau, dan yang terakhir adalah tambak ikan air laut.

Budidaya menggunakan tambak bisa menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan pemasukan besar jika dikelola dan dipasarkan dengan baik. Maka dari itu, tidak jarang orang menjual lahan tambaknya dengan harga tinggi. Beberapa pemilik tambak juga bisa membuka kerjasama dengan pihak ketiga supaya hasil dari kolamnya bisa didistribusikan dengan harga yang bagus. Ada juga yang membuka peluang untuk penanaman modal di tempatnya.

Fungsi empang

(Saka)

Beberapa fungsi kolam tambak air tawar, payau, maupun air laut dapat dilihat pada poin-poin paparan di bawah ini:

  • Menjadi tempat budidaya jenis ikan-ikan konsumsi.
  • Menjadi tempat budidaya jenis ikan-ikan hias.
  • Menyuplai jenis ikan-ikan atau produk-produk lainnya ke pengolah, distributor, pasar, maupun konsumen terakhir.
  • Menjadi sumber ekonomi dan mata pencaharian.
  • Difungsikan sebagai tempat yang sifatnya rekreasional (untuk memancing).

Bagian-bagian konstruksi pentingnya

(Ikan Nila)

Ada empat bagian penting ketika kita berbicara konstruksi tambak. Bagian-bagian yang dimaksud antara lain adalah petakan, pematang, pintu air dan saluran irigasi. Untuk mengetahui penjelasan mengenai bentuk dan fungsi masing-masing bagian, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Petakan

Petakan adalah kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan atau makhluk air jenis lain. Di dalamnya terdapat bagian yang biasa disebut dengan pelataran yang menjadi dasar dari kolam. Selain itu dibuat juga tempat yang biasa disebut dengan caren. Fungsi caren tidak lain untuk berlindung ikan atau makhluk air lain yang menghuni kolam.

Untuk dimensi dan kedalaman dari petakan, semua tergantung dengan fungsi dan jenis ikan apa yang hendak dibudidayakan di sana. Jika menurut fungsinya, ada petakan yang digunakan untuk benih, pembesaran, dan panen. Umumnya, masing-masing kolam dibuat berdekatan satu dengan yang lain.

Pematang

Pematang merupakan bagian yang dibuat seperti gundukan yang dibangun di sisi-sisi tambak. Fungsi dari pematang adalah untuk menahan air yang ada di tambak. Selain itu, bagian ini juga dibuat untuk menahan kolam dari erosi, banjir, ataupun luapan air jika posisinya berada di dekat laut.

Pintu air

Bagian penting yang kedua adalah pintu air. Biasanya, bagian ini terbuat dari material logam dengan bentuk pipih namun kuat untuk menahan arus air yang mengaliri saluran irigasi. Ada juga yang menggunakan material kayu solid sebagai ganti bahan logam.

Fungsi dari pintu air adalah untuk mengendalikan sekaligus mengatur banyaknya debit air yang masuk ke dalam kolam. Jumlah pintu air biasanya akan disesuaikan dengan teknologi yang diterapkan pada tambak. Namun, umumnya pintu air dibangun di dua buah, yakni untuk membuang air kolam dan untuk mengaliri isi kolam.

Saluran irigasi

Bagian konstruksi penting tambak yang terakhir adalah saluran irigasi. Saluran ini dibangun agar kolam memiliki sirkulasi air yang baik sehingga ekosistem kolam bisa terjaga. Sumber air dari saluran irigasi ini umumnya berasal dari laut dan sungai.

Tiap jenis ikan atau makhluk air yang dibudidayakan dalam kolam mempunyai kebutuhan kadar oksigen dan kebersihan dari air yang berbeda. Jadi sistemasi dari pengairan akan disesuaikan dengan jenis yang dibudidayakan.

Jenis-jenis ikan yang bisa dibudidayakan

(Pinhome)

Pada bagian ini, akan dijelaskan beberapa jenis ikan yang bisa dibudidayakan pada tambak air tawar. Ketika membahas poin dari tiap-tiap ikan, akan dipaparkan karakter dan tingkat kesulitan budidaya dari masing-masing jenisnya.

Gurami

Ikan gurami membutuhkan air yang bersuhu 24 derajat hingga 30 derajat celcius. Ikan ini memerlukan air bersih (tidak keruh dan tidak mengandung racun) dengan tingkat keasaman 7 sampai 8 pH.

Di dalam kolam, kadar oksigen harus mencapai 2 miligram/liter. Sementara lokasi pembuatan kolamnya harus ada di wilayah dengan ketinggian 50 sampai 400 meter di atas permukaan laut.

Nila

Ikan ini bisa memakan apa saja, maka dari itu biasanya orang-orang membudidayakannya di kolam atau tambak yang sudah lama tidak difungsikan. Gulma dalam kolam atau tambak tersebut dapat dihabiskan oleh ikan ini.

Lele

Lele merupakan ikan yang cukup digemari di pasaran, karena selain murah dagingnya pun memiliki tekstur yang empuk. Untuk dikembangkan, lele punya poin-poin yang menarik yakni: pakannya yang mudah, cepat untuk besar, dan tidak perlu perlakuan khusus.

Belut

Permintaan pasar akan belut boleh dibilang tetap konstan, bahkan cenderung meningkat. Maka dari itu, hewan ini banyak dibudidayakan di tambak. Sayangnya, ia membutuhkan beberapa perlakuan yang ekstra. Salah satunya adalah menjaga air kolam agar tetap bersih.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.