Kamus Istilah Properti

Jacuzzi

istilah properti

Jacuzzi

Jacuzzi adalah sebuah bak air hangat yang secara fungsi digunakan untuk hidroterapi, relaksasi, dan media pelesir atau bersenang-senang.

Apa itu jacuzzi?

(Unsplash)

Ada beberapa barang yang mungkin lebih cenderung sering ditemui di rumah-rumah mewah, villa, resort, ataupun bangunan-bangunan mewah jenis lain. Salah satunya adalah keberadaan kolam air hangat yang biasa disebut dengan jacuzzi.

Jacuzzi adalah sebuah bak yang secara fungsi digunakan untuk hidroterapi, relaksasi, dan media pelesir atau bersenang-senang. Berbeda dengan bak mandi (bathtub) yang hanya dapat diisi oleh satu orang, bak tersebut dapat diisi hingga empat orang bahkan lebih.

Sebenarnya, nama jacuzzi yang melekat pada bak relaksasi tersebut merupakan nama sebuah merek produsen perlengkapan spa asal Amerika Serikat. Salah satu produk dari perusahaan tersebut yang menyita perhatian publik adalah sebuah bak relaksasi yang di beberapa bagiannya didesain untuk memiliki lubang-lubang kecil yang terus mengalirkan air dengan tekanan sembur tertentu.

Dengan fungsi hidroterapi, bak ini diklaim bisa menyembuhkan nyeri sendi atau otot serta memperlancar peredaran darah. Produk ini setidaknya mulai populer di Amerika Serikat mulai tahun 1980-an. Dalam pembelian bak tersebut juga dilengkapi dengan pompa khusus yang terpasang untuk menjaga air tetap tersaring dengan baik dan suhunya tetap hangat.

Perbedaan antara hot tub, whirlpool, dan jacuzzi

Tidak sedikit orang yang masih bingung terkait istilah-istilah seperti hot tub, whirlpool, dan jacuzzi. Apakah semuanya produk yang sama, atau bahkan berbeda.

Pada bagian ini, kami akan memberikan penjelasan singkat terkait masing-masing dari istilah yang dimaksud. Kami juga akan memberikan gambar untuk memperjelas paparan tekstualnya.

Hot tub

(Unsplash)

Hot tub merupakan sebuah tong yang digunakan untuk berendam. Tong tersebut diisi dengan air panas dan dapat memuat 4 hingga 11 orang. Semua tergantung dengan besaran kapasitas produknya.

Material yang digunakan sebagai tong adalah material kayu. Nantinya, kayu tersebutlah yang bertugas untuk menjaga suhu dari air yang diisikan ke dalam tong. Namun, saat ini kita dapat menemukan produk hot tub yang terbuat dari kaca fiber.

Whirlpool

(Unsplash)

Whirlpool merupakan sebuah bak berendam yang dapat menyemburkan air hangat di beberapa bagian-bagiannya. Paling kecil, bak dapat menampung empat orang. Sementara ukuran yang lebih besar memiliki kapasitas yang lebih banyak.

Semburan air hangat dari beberapa bagian bak adalah kerja dari pompa jet yang terpasang sebagai ekstensi produk. Salah satu produsen yang paling ternama dengan produk whirlpool-nya adalah jacuzzi.

Jacuzzi

(Unsplash)

Jacuzzi adalah nama sebuah perusahaan yang berfokus untuk memproduksi barang-barang yang berkaitan dengan peralatan spa. Perusahaan asal Amerika Serikat ini namanya berhasil dikenal luas karena produk whirlpool-nya sejak tahun 1980-an. Bahkan, banyak orang yang mengasosiasikan semua nama whirlpool dengan merek ini. Padahal banyak sekali produsen-produsen whirlpool yang aktif memproduksi bak relaksasi tersebut selain Jacuzzi.

Cara-cara mengaplikasikan jacuzzi di rumah

(Unsplash)

Pada bagian berikut ini, kami akan memberikan beberapa langkah-langkah yang dapat kamu terapkan jika tertarik untuk mengaplikasikan jacuzzi di rumah kamu. Ada lima langkah yang terbilang vital dan dapat menjadi pedoman kamu untuk melakukan pemasangan bak berendam relaksasi tersebut.

Area pemasangan harus rata

Bak relaksasi ini dapat bekerja maksimal apabila diletakkan di area dengan permukaan yang rata. Hal tersebut disebabkan prinsip semburan air pada bak menggunakan pompa jet. Air dalam baknya pun diharuskan untuk tetap rata. Maka dari itu, jika di rumah kamu belum memiliki lantai atau permukaan peletakan yang rata, sebaiknya meratakan area tersebut dahulu.

Ruangan mampu menampung dimensi bak relaksasi

Tidak seperti bathtub yang cenderung lebih kecil, semua jacuzzi memiliki dimensi yang akan memakan area ruangan. Pastikan area peletakannya cukup untuk menampung bak relaksasi ini.

Pastikan area peletakan kuat menahan bebannya

Produk ini memiliki berat yang cukup besar. Karena itu, pastikan area peletakan bak relaksasi ini mampu menampung dan menahan beban yang akan diberikan olehnya. Terlebih lagi ketika nantinya terisi oleh air dan pengguna, jacuzzi akan semakin berat.

Kekuatan lantai dan rangka yang kokoh perlu untuk kita ketahui. Ada baiknya melakukan konsultasi dengan ahli atau pihak yang menjual produk ini sebelum membeli dan meletakkannya di dalam rumah.

Mempersiapkan jalur air, drainase, dan listrik

Hampir mirip dengan bathtub, bak ini membutuhkan pasokan air dan perlu jalur untuk membuang air setelah pemakaiannya. Maka dari itu, kamu perlu untuk mempersiapkan akses untuk jalur air dan drainase-nya.

Selain itu, jacuzzi juga membutuhkan aliran listrik untuk membuat pompa jetnya berjalan dengan baik. Jadi, akses listrik juga penting untuk menjadi pertimbangannya. Agar lebih terkalkulasi dengan baik, pembuatan jalur air, drainase, dan listrik perlu untuk ditanyakan pada pihak yang menjual barang ini.

Pemasangan dan percobaan

Setelah empat poin sebelumnya sudah terpenuhi, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah pemasangan. Pastikan bak relaksasi terpasang rapat dan tidak dapat digerakkan atau digoyahkan sama sekali.

Jika semuanya aman, maka lakukan pengujian fungsional dari bak relaksasi ini. Pastikan semuanya dapat bekerja dengan baik. Jika masih ada yang kurang, maka lakukan perbaikan dan jangan difungsikan selama semua aspek belum aman untuk dijalankan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.