Kamus Istilah Properti

Target Pasar

istilah properti

Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok orang yang terklasifikasi berdasarkan karakter tertentu yang diidentifikasi sebagai konsumen potensial.

Apa itu target pasar?

(Unsplash)

Apabila kita menjalankan sebuah bisnis, maka kita akan mendapati beberapa istilah yang mungkin akan sering terima dan pakai. Salah satu istilah yang dimaksud antara lain adalah target pasar.

Target pasar adalah sekelompok orang yang terklasifikasi berdasarkan karakter tertentu yang diidentifikasi sebagai konsumen potensial untuk sebuah produk. Melakukan identifikasi target pasar akan mempermudah langkah bisnis yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan. Langkah-langkah bisnis yang dimaksud antara lain adalah penentuan desain, paket, dan pasar dari produk yang dibuat oleh perusahaan.

Umumnya, target pasar akan memuat beberapa informasi. Informasi tersebut mencoba untuk mengkategorikan konsumen berdasarkan rentan usia, pemasukan, lokasi, dan gaya hidup tertentu yang dihidupi.

Ada juga kategori lain yang bisa dijadikan informasi tambahan untuk makin mengerucutkan target pasar. Kategori-kategori yang dimaksud antar alain hobi, ketertarikan, karir, ataupun fase hidup yang sedang dijalani oleh konsumen potensial.

Pembuatan segmentasi semacam ini bisa dilakukan baik untuk bisnis yang menjual barang maupun jasa. Begitupun untuk lini-lini bisnis yang berada di ranah properti.

Melakukan identifikasi pasar akan menentukan seperti apa pengembangan yang perlu dilakukan. Upaya tersebut juga dapat menentukan sukses atau tidaknya rancangan pemasaran yang dibangun oleh sebuah bisnis.

Tujuan dari target pasar

(Unsplash)

Pada bagian ini, kami akan membagikan beberapa poin yang menjadi tujuan dari upaya mengklasifikasikan target pasar. Beberapa poin di bawah ini merupakan tujuan dari adanya pengelompokan target pasar dari suatu lini bisnis.

  • Target pasar akan mendefinisikan produk.
  • Produk akan mendefinisikan target pasar.
  • Informasi ini bisa dijadikan patokan untuk keputusan bisnis. Keputusan bisnis yang dimaksud seperti: desain produk, harga, cara promosi, titik distribusi, ataupun kemasan produk.

Target pasar produk properti

(Unsplash)

Dalam ranah properti, banyak sekali lini bisnis yang bisa dijalankan. Tidak hanya persoalan jual beli saja, sewa menyewa properti juga bisa dijadikan lini bisnis.

Sayangnya, tidak semua produk properti akan cocok dengan mayoritas masyarakat. Maka dari itu, perlu melakukan klasifikasi target pasar.

Apabila kamu punya usaha jasa pencarian kos, maka target pasar yang bisa kamu bidik adalah mahasiswa atau pekerja muda. Rentan usianya yang paling bisa untuk dijadikan bidikan kemungkinan kurang dari usia 40 tahun.

Sementara itu, jika kamu sedang membuat bisnis jual beli rumah, maka target pasar yang cocok adalah orang-orang yang memiliki penghasilan mumpuni untuk membayar rumah tersebut. Misalkan, harga rumah yang dijual berkisar pada angka 500 juta, maka orang-orang yang berpenghasilan 10 juta atau lebih bisa dijadikan target.

Setelah menentukan target pasar, kita dapat melakukan langkah selanjutnya yakni metode pemasaran. Untuk melakukan pemasaran jasa pencarian indekos, memposting pilihan kos yang tersedia di sosial media bisa menjadi tempat yang efektif. Akan tetapi, untuk pemasaran penjualan rumah seharga 500 juta, kita mungkin dapat memanfaatkan pasar daring dan iklan koran.

Pemilihan kanal untuk pemasaran di atas disesuaikan dengan konsumen potensialnya. Untuk pencari jasa indekos misalnya, rata-rata mahasiswa dan pekerja yang usianya cenderung muda. Maka dari itu, sosial media dipilih tempat pemasaran.

Salah satu keberhasilan dalam menjual barang atau jasa adalah mengetahui siapa yang tertarik dengan barang tersebut dan akhirnya membelinya. Konsumen dari suatu lini bisnis akan bertambah dari waktu ke waktu apabila pemasaran yang dilakukan sesuai dengan kebiasaan dari konsumen potensialnya. Tidak heran jika suatu bisnis akan cukup banyak menghabiskan waktu dan uang untuk mengetahui dan menentukan target pasar awalnya.

Melakukan segmentasi pasar

(Unsplash)

Pengelolaan lebih lanjut dari data target pasar yang telah ditentukan suatu bisnis adalah melakukan segmentasi. Segmentasi merupakan upaya untuk membagi target pasar pada beberapa segmen-segmen berdasarkan karakteristik tertentu. Karakteristik yang dimaksud antara lain jenis kelamin, usia, penghasilan, pendidikan terakhir, lokasi, status pernikahan, dan ras.

Konsumen pada segmentasi yang sama biasanya akan memiliki kecenderungan yang serupa dalam membeli produk atau jasa. Sebagai contoh, orang yang memiliki penghasilan tinggi akan lebih condong memilih berbelanja di supermarket daripada di pasar tradisional. Begitu juga pemilihan merek-merek yang mereka konsumsi untuk kebutuhan.

Target pasar dan penjualan produk

(Unsplash)

Mengidentifikasi target pasar adalah bagian yang penting dalam melakukan sebuah pengembangan produk. Hal ini sejalan dengan produksi, distribusi, harga, dan rencana pemasaran.

Target pasar akan menjadi faktor yang signifikan untuk keberlangsungan produk. Ada baiknya, sebuah bisnis mengupas sampai habis barang atau jasa yang akan mereka tawarkan. Misalnya, penyedia jasa informasi indekos perlu untuk mengetahui rentan harga dari kos yang mereka tawarkan ke publik. Hanya dengan berdasarkan rentan harga kos yang ditawarkan, penyedia jasa bisa menentukan mana lokasi pemasaran yang paling tepat untuk jasa yang ia tawarkan.

Penjelasan di atas menjadi akhir dari artikel yang membahas secara khusus tentang target pasar. Semoga apa yang sudah dipaparkan tadi dapat membantu pencarianmu ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.