Kamus Istilah Properti

Disbursement

istilah properti

Disbursement

Disbursement merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti pembayaran. Selain itu, istilah ini pun bisa diartikan sebagai pengeluaran.

Apa Itu Disbursement

(Crombie Lockwood)

Di dalam beberapa aktivitas niaga, istilah pembayaran dan pengeluaran pasti akan kamu dengar. Namun, untuk disbursement sendiri, sering digunakan pada ranah perusahaan. Istilah ini memang lebih erat kaitannya dengan aktivitas akuntansi dan keuangan (finance). 

Pada praktiknya, istilah disbursement mempunyai dua makna yang sedikit berbeda tergantung dari konteks penggunaannya dan kondisi yang sedang terjadi. Pada transaksi keuangan perusahaan, disbursement lebih bermakna pengeluaran atau pencairan dana yang dilakukan oleh rekening bank dan dana lain. 

Sementara itu, di dunia perbankan istilah tersebut lebih mengarah kepada pembayaran tunai atau pembayaran saja. Namun, pada intinya istilah ini mempunyai kesamaan yaitu aktivitas mengeluarkan sejumlah dana untuk tujuan atau kebutuhan tertentu. 

Kegiatan Disbursement 

(Joblist)

Setelah kamu memahami apa itu pengertian disbursement, kamu perlu memahami jenis kegiatan lain yang masih berkaitan dengan disburse di atas. Informasi di bawah akan membantu kamu untuk memahami beberapa jenis kegiatan yang berkaitan dengan pembukuan, pencatatan atau pengeluaran dalam perusahaan.

Cash disbursement

Cash disbursement bisa juga disebut pembayaran tunai atau cash payment. Artinya ini adalah transaksi pembayaran tunai yang dilakukan untuk membayar atau melunasi sesuatu. Contohnya di perusahaan, apabila kamu adalah karyawan dan ingin reimburse atau menebus uang transportasi saat business trip dalam kota, maka divisi finance akan mengeluarkan cash disbursement. Tujuannya adalah agar proses transaksi cepat selesai. Umumnya, nominal yang kecil akan mengambil dari uang kas. Apabila jumlah uang yang ingin reimburse lebih dari satu juta, perusahaan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memprosesnya.

Cash disbursement journal

Cash disbursement journal adalah pembukuan yang digunakan untuk mencatat semua pembayaran tunai. Semua perusahaan tentu akan mempunyai alur kas. Setiap alur kas tersebut akan dicatat dan direkam dalam pembukuan. Pembukuan tersebut bisa menggunakan google spreadsheet, atau aplikasi jurnal keuangan lain. Jarang sekali untuk saat ini perusahaan menggunakan buku sebagai media catat. Selain buku tulis mempunyai risiko hilang dan rusak, buku juga tidak aman untuk mencatat pengeluaran perusahaan. Oleh karena itu aplikasi keuangan atau jurnal perusahaan biasanya lebih sering dipilih oleh divisi finance untuk menunjang aktivitas pembukaan.

Cash receipt journal

Berbeda dengan disbursement journal yang digunakan untuk mencatat aktivitas pembayaran tunai. Maka, cash receipt journal berfungsi untuk mencatat semua transaksi penerimaan kas. Transaksi yang meliputi penerimaan kas mulai dari penjualan tunai, penerimaan bunga dan pendapatan dividen, kolektif data perkiraan pelanggan, dan penjualan tunai.

Pentingnya sebuah aktivitas disbursement untuk perusahaan

(Zeni)

Perusahaan sebagai sebuah organisasi komersial memiliki target untuk mendapatkan profit. Di dalam proses mendapatkan profit terdapat kegiatan perniagaan yang mencakup penjualan dan pembelian barang atau jasa. Transaksi ini memerlukan aktivitas perpindahan uang yang cepat, mudah, transparan dan aman. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa penjabaran mengenai pentingnya aktivitas disbursement untuk sebuah perusahaan, yuki kita simak bersama.

Memudahkan transaksi perusahaan

Sistem disbursement yang tepat dengan menggunakan aplikasi finance perusahaan akan membantu transaksi perusahaan. Kehadiran sistem tersebut biasanya akan memberikan kecepatan dalam melakukan pembelian atau pembayaran. Nantinya aktivitas yang berkaitan dengan purchasing atau finance akan lebih efektif dan efisien.

Memudahkan melakukan supervisi pada transaksi keuangan

Melalui aktivitas disbursement, perusahaan akan mudah untuk melakukan supervisi terhadap berbagai transaksi keuangan. Supervisi atau monitor aliran kas dan keuangan perusahaan penting dilakukan. Hal ini guna untuk mengetahui apa saja pengeluaran dan kas perusahaan. Guna mengontrol semua kegiatan keuangan, maka sistem disbursement sangat membantu divisi keuangan.

Memudahkan perusahaan untuk melakukan rekapitulasi

Divisi keuangan (finance) akan melakukan rekapitulasi keuangan untuk bisnis perusahaan. Hal ini tentu akan memerlukan sistem disbursement yang efektif, aman dan transparan. Tujuannya agar bendahara atau anggota tim yaang bekerja di divisi finance bisa melakukan rekapitulasi keuangan. Nantinya hasil rekapitulasi tersebut akan dilaporkan ke pihak manajemen perusahaan untuk dievaluasi. Jadi, kamu sudah tahu ya betapa pentingnya sistem disbursement tersebut bagi sebuah perusahaan?

Membantu perusahaan untuk mencegah pencurian uang

Selain itu dengan kehadiran sistem pembukuan yang efektif tersebut, perusahaan akan terhindar dari aksi atau kegiatan yang merugikan. Beberapa kegiatan tersebut seperti korupsi atau pencurian uang dan lain-lain. Hal ini akan menjaga kestabilan perusahaan untuk tetap bertahan. Divisi keuangan akan bisa menganalisis mana kebutuhan atau pengeluaran yang harus dikurangi atau dihentikan dengan memiliki sistem pembukuan yang tertata dengan rapi.

Memudahkan proses audit

Seperti yang kita tahu proses audit diperlukan untuk mengetahui kesehatan perusahaan. Semua divisi dalam perusahaan akan diaudit untuk memahami apakah ada masalah yang terjadi dan untuk mencarikan solusi yang tepat. Oleh karena itu dengan sistem disbursement, divisi keuangan atau finance akan lebih mudah diaudit atau melaporkan laporan keuangan untuk kegiatan auditing. 

Pins, jadi sudah tahu kan mengapa aktivitas pembukuan sangat penting? Disbursement bukan hanya sekadar soal pembayaran atau pencairan dana namun juga berkaitan dengan kelangsungan perusahaan. Perusahaan akan bertahan lebih lama apabila sistem pembukuan dibuat dengan rapi dan trasnparan. 

Semoga informasi sekilas mengenai hal di atas berguna ya Pins. Informasi ini bisa kamu gunakan sebagai panduan dan memahami pentingnya disbursement dalam perusahaan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.