Kamus Istilah Properti

Dataran Banjir

istilah properti

Dataran Banjir

Dataran banjir adalah sebuah lahan di area aliran sungai yang terbentuk karena proses sedimentasi tanah yang dibawa oleh banjir.

Apa itu dataran banjir?

(BPTS UGM)

Ketika berada di area sungai, kita akan mendapati bagian sisi-sisi sungai tersebut mempunyai lahan-lahan daratan. Terlebih lagi jika sungai tersebut pernah atau baru saja dialiri oleh aliran air dengan debit yang besar. Lahan tersebut biasanya disebut dengan nama dataran banjir.

Dataran banjir adalah sebuah lahan di area sungai yang terbentuk karena proses sedimentasi tanah yang dibawa oleh banjir. Bentuk serta ukuran area lahan daratan tersebut sangat bergantung dengan seperti apa riwayat banjir yang terjadi di sana. Akan tetapi, yang umum ditemui adalah lahan darat dengan bentuk memanjang (elongate).

Proses terbentuknya dataran banjir

(Apa Itu)

Aliran air di sungai secara alami memuat material-material lain seperti lumpur, pasir, dan kerikil. Apabila gambarkan lebih jelas, posisi lumpur, pasir dan kerikil umumnya berada di dasar aliran air karena benda-benda tersebut memiliki massa yang lebih berat daripada air.

Terbentuknya dataran banjir terjadi disebabkan oleh perubahan debit air yang semula sangat besar volumenya kemudian mengecil. Perubahan volume debit air tersebut disebabkan banjir sudah berhenti.

Dari peristiwa tersebut, material-material seperti lumpur, pasir, dan kerikil masih tertinggal di area yang sebenarnya bukan aliran utama dari sungai. Karena tidak ada air yang membawa material tersebut kembali ke aliran utama sungai, maka material tersebut kemudian mengalami proses sedimentasi (pengendapan). Setelah mengendap dan menjadi solid, area yang semula kosong kemudian berubah menjadi daratan atau lahan dengan permukaan tanah.

Pemanfaatan lahan

(Detik)

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, dataran banjir banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pemukiman warga. Sebenarnya hal ini cukup berbahaya mengingat area tersebut memiliki potensi besar untuk tersapu banjir apabila debit aliran sungai mencapai titik tertentu.

Untuk Pins yang sedang mencari lahan untuk tempat tinggal yang berada di sekitar sungai, ada baiknya mengetahui asal usul lahan tersebut. Hal-hal yang perlu dicari tahu antara lain sebagai berikut:

  • Apakah lahan tersebut termasuk area dataran banjir?
  • Adakah potensi banjir di area lahan yang hendak dibeli?
  • Apakah lahan yang akan dibeli diplot sebagai lahan pemukiman warga?

Ketika semua pertanyaan tersebut mengindikasikan jawaban yang positif untuk sebuah pemukiman yang sehat dan minim risiko, maka Pins bisa melanjutkan transaksi ke tingkatan berikutnya. Jika belum, ada baiknya mencari lahan lain.

Di beberapa daerah, dataran banjir juga difungsikan sebagai lahan pertanian untuk komoditas yang masa panennya singkat. Ada juga yang menggunakannya menjadi tempat untuk berolahraga, seperti lapangan voli temporer atau semacamnya.

Risiko dari pemanfaatan lahan

(NFIP Guidebook)

Seperti yang disinggung pada bagian-bagian sebelumnya, dataran banjir mempunyai potensi risiko yang cukup besar untuk dimanfaatkan. Curah hujan yang tinggi menjadi faktor utama penyebab banjir. Begitu juga keberadaan lahan hijau di sekitar aliran sungai yang beberapa diantaranya beralih fungsi sebagai pemukiman dan lain sebagainya.

Ketika curah hujan tinggi, kemungkinan besar area dataran banjir akan tersapu oleh besarnya debit aliran air. Hal tersebut akan makin parah jika sudah tidak ada lagi tanaman-tanaman yang bisa menyerap air hujan di daerah hulu aliran sungai.

Ketika daerah dataran banjir dimanfaatkan, beberapa potensi bahaya yang akan terjadi antara lain sebagai berikut:

  • Korban jiwa.
  • Area wilayah akan rawan terhadap penyakit.
  • Kerusakan bangunan.
  • Masyarakat yang hidup di area tersebut perlu untuk dievakuasi, dan diungsikan ke tempat lain.
  • Kerusakan konstruksi-kontruksi publik yang dibuat di lahan tersebut.

Manajemen risiko

(National Geographic)

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai langkah mitigasi untuk mencegah risiko dari terjadinya banjir. Cara-cara yang dapat diupayakan antara lain adalah floodplain management, flood control, dan flood plain regulation.

Floodplain management

Manajemen risiko yang satu ini melibatkan komunitas untuk mengupayakan pencegahan dan penurunan risiko banjir. Yang terlibat dalam upaya ini antara lain pihak pemerintahan, komunitas terkait, dan pemilik properti di area tersebut.

Kegiatan-kegiatan yang diusahakan melalui upaya ini antara lain adalah:

  • Penetapan batas dataran banjir.
  • Membuat zonasi pemanfaatan lahan dengan memperhatikan risiko banjir pada area tersebut.
  • Mengawasi pemanfaatan lahan-lahan di bantaran sungai.
  • Melakukan edukasi kepada masyarakat setempat yang tinggal di area sekitar sungai.
  • Menyusun rencana evakuasi jika terjadi banjir
  • Merancang rencana penanggulangan banjir.

Flood control

Metode yang satu ini langsung melakukan determinasi di area aliran sungai. Upaya-upaya yang dilakukan antara lain membuat instalasi tanggul, membuat tumpukan karung pasir di bantaran sungai, atau mengupayakan penanaman vegetasi yang mampu menahan air di bantaran. Salah satu contoh penerapan metode flood control adalah upaya dari Pemerintah DKI Jakarta untuk mengonstruksi palung buatan di area dataran banjir.

Flood plain regulation

Upaya mitigasi ini dilakukan dengan cara membuat regulasi atau peraturan dari pemerintah pusat maupun daerah. Misalnya, larangan untuk membuat bangunan permanen di daerah bantaran sungai atau dataran banjir. Peraturannya bisa juga berupa penjagaan lahan hijau vital yang berada di area hulu sampai hilir sungai. Dengan peraturan yang baik dan tegas pengaplikasiannya, maka risiko terjadinya kerugian akibat banjir dapat berkurang.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.