Kamus Istilah Properti

Kawasan Industri

istilah properti

Kawasan Industri

Kawasan industri adalah wilayah yang dikhususkan untuk menjadi tempat berdirinya pabrik-pabrik. Letaknya biasanya berada di area batas kota.

Apa itu kawasan industri?

(SupplyChainIndonesia)

Kawasan industri adalah sebuah wilayah yang dikhususkan untuk menjadi tempat berdirinya pabrik-pabrik. Dengan segala aktivitasnya, kawasan ini memproduksi beragam material baik mentah, setengah jadi, maupun jadi.

Kawasan ini biasanya terletak di daerah pinggiran kota atau di luar area pemukiman penduduk. Untuk mempermudah mobilitas ke lokasi, akses menuju kawasan difasilitasi sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebelumnya dan karakter masyarakat.

Di kota seperti London, area industri yang bernama Thames Gateway didukung dengan akses berupa jalan raya dan rel kereta api. Di Indonesia, karena mayoritas penduduknya banyak memiliki alat transportasi pribadi maka jalan raya adalah akses utama yang digunakan. Selain dipakai untuk mobilitas para pekerjanya, akses yang baik menjadi jalur untuk mendistribusikan bahan atau produk dari pabrik.

Fungsi dari adanya kawasan industri

(Bisnis)

Ada alasan mengapa aktivitas pabrik-pabrik di pusatkan pada satu titik. Alasan tersebut juga bersinggungan dengan fungsi dari adanya kawasan ini. Untuk mengetahui apa saja fungsi dari area industri, silakan simak poin-poin yang dijabarkan di bawah ini.

  • Dengan memusatkan infrastruktur yang dipergunakan untuk area industri, maka biaya pengeluaran dari pabrik-pabrik bisa dapat diperkecil. Beberapa infrastruktur yang dimaksud antara lain adalah akses jalan, pelabuhan, rel, listrik tegangan tinggi, air, kabel telekomunikasi dan semacamnya.
  • Terpusatnya sebuah industri-industri di satu area akan memudahkan penyelenggara untuk mendapatkan pendanaan dari investor.
  • Insentif-insentif yang diberikan pada industri bisa disuplai dengan lebih mudah.
  • Terpisahnya area industri dengan lingkup pemukiman dan perkotaan bisa memperkecil dampak lingkungan dan sosial industri.
  • Keberadaan area industri yang terpusat akan memudahkan kontrol dan pengawasan terhadap dampak yang ditimbulkan dari aktivitas yang mengiringinya.

Beberapa daerah industri di Indonesia

(Jatimnet)

Pada bagian ini, Pins akan diajak untuk mengenal beberapa daerah industri yang ada di Indonesia. Surabaya, Pasuruan, Karawang, Bekasi dan Pulogadung adalah beberapa daerah yang menjadi tempat berdirinya kawasan industri. Informasi yang akan dipaparkan di bagian ini melansir dari situs Katadata.co.id.

Surabaya, Jawa Timur

Beberapa titik yang ada di daerah Surabaya menjadi lahan yang dikhususkan sebagai area industri. Hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup strategis karena dekat dengan pelabuhan dan beberapa faktor pendukung lain. Adapun industri-industri yang melakukan produksi di area ini bergerak di bidang makanan, minuman, elektronik, hingga garmen.

Karawang, Jawa Barat

Daerah Karawang, Jawa Barat, menjadi tempat bermukimnya sekitar 78 industri. Kebanyakan industri yang menempati kawasan ini adalah perpanjangan dari perusahaan otomotif yang berasal dari Jepang.

Pulo Gadung, DKI Jakarta

Di daerah Pulo Gadung, terdapat lebih dari 40 perusahaan manufaktur yang berdiri di area tersebut. Industri-industri yang berada di daerah tersebut berasal dari beberapa sektor. Otomotif, makanan, minuman sampai obat-obatan adalah beberapa sektor yang dimaksud.

Bekasi, Jawa Barat

Ada sekitar 70 industri yang berdiri dan beroperasi di daerah Bekasi, Jawa Barat. Kosmetik, makanan – minuman, otomotif adalah beberapa produk yang dibuat di kawasan tersebut.

Pasuruan, Jawa Timur

Kabupaten Pasuruan yang berada di Provinsi Jawa Timur memiliki kawasan industri yang luasnya mencapai 518 hektar. Terdapat sekitar 119 perusahaan yang beraktivitas di sana dengan jumlah pegawai mencapai 23 ribu orang. Paling banyak, pabrik-pabrik yang dibuat di daerah ini adalah produsen makanan dan minuman. Hanya sedikit saja pabrik yang memproduksi produk-produk otomotif.

Perkembangan area industri di Indonesia

(Republika)

Industri merupakan salah satu sektor yang terus digenjot oleh pemerintah untuk berkembang. Umumnya kita mengenal banyak industri yang berdiri di area Pulau Jawa. Akan tetapi, pada tahun 2019 silam, pemerintah berupaya untuk membuka 18 kawasan industri baru di luar Jawa. Daerah-daerah yang dimaksud tersebar dari Papua, Sulawesi, Kalimantan hingga Sumatera.

Dari 18 kawasan industri yang telah disebutkan di atas, 13 diantaranya menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebelumnya di tahun 2018, pemerintah sudah menyelesaikan 10 kawasan industri dengan status Proyek Strategis Nasional.

Ada beberapa keuntungan dari keberadaan seluruh area industri yang dibangun di Indonesia. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Dapat menarik investor yang akan bisa mengeskalasi perekonomian.
  • Bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Sementara ini, Pulau Jawa masih menjadi basis dari sentra industri yang ada di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan kawasan industri di pulau tersebut yang persentasenya mencapai lebih dari 50%.

Memiliki properti di sekitar kawasan industri

(Pinhome)

Memiliki properti di sekitar kawasan industri bisa jadi hal yang menguntungkan apabila kamu ingin melakukan investasi. Selain bisa untuk disewakan sebagai tempat tinggal, ada potensi juga untuk membuka usaha yang terkait dengan kebutuhan sehari-hari. Selama industri terkait aktif beroperasi, maka kebutuhan keseharian dari para pekerjanya tentu perlu untuk dipenuhi.

Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi pada properti yang berada di sekitar kawasan industri, ada beberapa hal yang perlu dipastikan. Hal-hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Air harus bersih dan jauh dari polusi.
  • Carilah tempat yang minim polusi suara.
  • Pilihlah tempat yang jauh dari polusi udara.
  • Pastikan akses jalan dan transportasi di tempat yang kamu incar tergolong mudah.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.