Kamus Istilah Properti

Solid Surface

istilah properti

Solid Surface

Solid surface adalah material yang sering dipasang sebagai alas permukaan meja. Material ini terbuat dari resin akrilik atau resin polyester.

Apa itu solid surface?

(Kutimpost)

Solid surface adalah material yang sering dipasang sebagai alas permukaan meja. Material ini terbuat dari bahan resin akrilik atau resin polyester. Ada juga solid surface yang terbuat dari percampuran dari bahan resin akrilik dan resin polyester. Karena memang sebuah material hasil dari pencampuran beberapa bahan-bahan mentah, material ini masuk dalam kategori material sintetis.

Ketika dilihat, tampilan dari permukaan material ini punya kemiripan dengan permukaan dari batu granit atau marmer. Maka dari itu, bahan ini juga sering di tiruan granit dan marmer.

Selain dapat diterapkan sebagai permukaan meja, material ini juga bisa diaplikasikan pada beberapa bagian ruangan. Sebagai contoh, kita bisa memakainya sebagai alas untuk permukaan dinding dan alas untuk permukaan lantai.

Material solid surface mempunyai karakter khusus yakni memiliki pori-pori dengan ukuran kecil. Jadi material ini tidak akan mudah menyerap air atau kotoran sehingga aksi untuk pembersihannya tergolong lebih mudah.

Karakter dari material solid surface

(Tos-Solidsurface)

Pada bab sebelumnya, sempat disinggung salah satu karakter dari material ini adalah permukaannya yang berpori-pori kecil. Untuk memperlengkap perkenalan kita dengan material ini, ada baiknya untuk mengetahui karakter-karakter lainnya. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini.

Pori-pori berukuran kecil

Pori-pori berukuran kecil dari material ini membuatnya sering ditempatkan sebagai alat untuk meja di dapur atau kitchen set. Jadi, kotoran-kotoran yang menempel pada meja dapat dibersihkan dengan mudah karena tidak menyerap sampai ke bagian bahan.

Permukaannya licin

Material ini juga mempunyai permukaan yang licin. Dengan karakter tersebut, kita bisa melakukan pembersihannya dengan mudah. Sayangnya, apabila diterapkan sebagai alas lantai, maka kita harus berhati-hati. Terlebih lagi jika permukaannya sedang dalam kondisi basah atau kita sedang menggunakan alas kaki yang licin permukaan pijaknya.

Bahannya mempunyai bobot yang ringan

Jika dibandingkan dengan batuan granit atau marmer, material solid surface memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Jadi untuk membawanya ke tempat pemasangan, tidak dibutuhkan tenaga ekstra untuk memindahkannya.

Tingkat fleksibilitas yang baik

Apabila ingin menerapkannya di bagian-bagian melengkung, kita tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup besar untuk membuat material ini bengkok. Hal ini dikarenakan solid surface memiliki fleksibilitas yang baik.

Kelebihan dan kekurangan

Setelah mengetahui karakter dari material tersebut, maka pada bagian ini akan dipaparkan poin-poin mengenai kelebihan dan kekurangan dari solid surface. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Kelebihan

(Panelindojayaperkasa)

Memiliki banyak varian motif dan ukuran ketebalan

Di pasaran, kita bisa menemui banyak sekali motif serta ukuran ketebalan dari material solid surface. Jadi, konsumen dapat menyesuaikan mana motif, warna, dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan ruangan mereka.

Mudah untuk dipindahkan

Dengan karakternya yang berbobot ringan, maka kita dapat dengan mudah untuk memindahkan material ini ke tempat yang diinginkan. Tenaga yang dikeluarkan untuk memindahkan material ini juga tidak sebesar untuk mengangkat batu marmer atau granit.

Dapat dipasang di bagian melengkung

Umumnya, solid surface akan diterapkan pada permukaan-permukaan datar. Namun, kita juga bisa mengaplikasikan material ini di bagian-bagian lengkung. Hal tersebut bisa dilakukan karena material ini memiliki tingkat fleksibilitas bahan yang baik sehingga dapat dibengkokkan.

Lebih tahan benturan daripada material batu-batuan

Dibandingkan dengan material batu-batuan seperti marmer atau granit, solid surface punya daya tahan yang baik ketika terbentur benda yang padat. Tentu ini berbeda dengan granit atau marmer, yang mana bisa pecah ketika terhantam benda-benda padat dengan tenaga yang cukup keras.

Dapat dipoles jika mulai kusam

Ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama, ada kemungkinan material ini mengalami perubahan warna menjadi sedikit kusam. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan pemolesan agar material ini kembali memiliki warna yang menarik lagi.

Kekurangan

(Solidtassurface)

Perlu berhati-hati jika menggunakan benda tajam

Meskipun toleransinya terhadap goresan cukup baik, material ini bisa rusak karena goresan benda tajam. Terutama untuk pemakaian benda bermata tajam yang dalam penggunaannya diberikan tenaga yang cukup besar.

Kamu masih bisa untuk menggunakan permukaan material ini sebagai tempat memotong bahan makanan. Akan tetapi, tetap perhatikan tenaga dan tingkat ketajaman dari alat pemotong yang kamu gunakan ya!

Harganya bisa lebih mahal dari batu granit dan marmer

Umumnya, kita akan mendapati bahwa bahan yang sifatnya mengadaptasi atau meniru sebuah material akan memiliki harga yang lebih ekonomis. Sebagai contoh, kayu olahan akan lebih murah jika dibandingkan dengan kayu solid.

Hal tersebut tidak ditemui ketika kita ingin membeli material solid surface. Harga beli dari material ini bisa jadi lebih mahal daripada batu granit atau marmer yang ada di toko.

Permukaan berubah licin dalam kondisi tertentu

Kalau memakai material ini sebagai penutup lantai, maka kamu harus berhati-hati ketika permukaannya dalam kondisi basah. Permukaan material ini akan menjadi licin. Sebaiknya, hindari pemakaian material ini untuk dipasang sebagai lantai di area yang berpotensi untuk basah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.