Kamus Istilah Properti

Console Table

istilah properti

Console Table

Console table adalah meja memanjang yang dipakai untuk meletakkan barang. Beberapa furniture ini dilengkapi dengan laci, kabinet, atau rak.

Apa itu console table?

(Archdaily)

Console table adalah sebuah meja serbaguna yang bentuknya memanjang, namun memiliki ukuran lebar yang tidak terlalu besar. Meja ini dapat diletakkan hampir di seluruh ruangan, karena fungsinya bisa menjadi penghias sekaligus dapat digunakan sebagai tempat menaruh dan menyimpan barang.

Jika mencari meja yang tepat untuk ditaruh di ruangan sempit, meja konsol adalah jawabannya. Penempatannya yang selalu dirapatkan dengan tembok membuat meja ini tidak terlalu memakan tempat. Selain itu, meja ini bisa juga dipasang di belakang sofa atau tempat duduk yang berukuran panjang.

Melansir dari Britannica.com, meja ini awalnya dibuat oleh bangsa Eropa pada abad ke-17 sebagai bagian dari fashion ruangan dalam sebuah bangunan. Banyak sekali meja konsol yang rangkanya dipercantik dengan ukiran-ukiran indah yang menggambarkan cupid, burung elang, lumba-lumba, dedaunan dan objek-objek lainnya.

Saat ini, bentuk meja konsol yang populer berada di pasaran adalah meja konsol bergaya simpel dan minimalis. Jika bicara lingkup Indonesia, hal ini mungkin tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan perusahaan-perusahaan furniture ternama seperti Ikea, Informa, dan sejenisnya.

Peletakan console table di berbagai ruangan

Seperti yang telah disinggung pada penjelasan sebelumnya, jenis meja ini dapat ditempatkan di berbagai ruangan. Pada penjelasan di bawah ini akan dipaparkan fungsi peletakan console table di beberapa ruangan.

Lorong atau ruang depan

(Amazon)

Dengan meletakkan meja ini di bagian lorong atau ruang depan rumah, kita dapat menggunakannya sebagai tempat memajang perabot-perabot. Keberadaan perabot serta furniture yang diletakkan di lorong atau ruang depan rumah secara subtil bisa menjadi sebuah sambutan untuk tamu ataupun menjadi pernyataan pembuka kepada siapapun yang masuk.

Umumnya, furniture ini sering didampingkan dengan cermin yang dipasang tepat di atasnya. Adanya cermin bisa menambah tingkat terangnya sebuah ruangan, memberikan kesan luas pada ruangan, serta bisa berfungsi menjadi media untuk berkaca. Sedangkan keberadaan console table akan membumikan potongan cermin yang diletakkan melayang pada dinding. Ada juga beberapa yang menggantikan cermin dengan pajangan seperti lukisan, foto keluarga, atau semacamnya.

Secara fungsional, meja konsol sangat cocok diletakkan di lorong atau ruang depan karena dimensinya yang tidak terlalu besar. Dengan ukuran seperti ini, jalan di area lorong atau di ruang depan tidak akan terhalangi oleh keberadaan furniture ini.

Ruang makan

(Costco Wholesale)

Pengaplikasian lain dari meja ini bisa diletakkan di ruang makan. Dengan adanya meja ini, meja makan tidak perlu menampung banyak perabot atau peralatan yang dibutuhkan. Apabila kedatangan tamu, meja ini juga bisa difungsikan juga menjadi meja bar.

Jika kamu tertarik untuk membeli meja konsol untuk ditaruh di ruang makan, kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli furniture yang dilengkapi dengan laci. Keberadaan tempat penyimpanan ini bisa dipakai untuk meletakkan alat-alat makan dan sebagainya.

Ruang keluarga

(Dunk and Bright Furniture)

Ketika meletakkan meja konsol di ruang keluarga, kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal. Selain bisa untuk memajang ornamen atau lampu meja, furniture ini bisa dipakai untuk meletakkan televisi atau media hiburan jenis lain. Keberadaannya juga bisa menjadi aksen untuk mempercantik ruangan karena bentuknya rata-rata dibuat menarik dan atraktif.

Ada baiknya kamu membeli meja konsol yang memiliki laci atau kabinet jika ingin meletakkannya di ruang keluarga. Tempat penyimpanan tersebut bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang seperti DVD player, Playstation, Xbox dan sejenisnya.

Kamar tidur

(Luxdeco)

Ketika diletakkan di kamar tidur, kita bisa memadukan kembali meja konsol dengan cermin. Permukaan meja ini bisa dipakai untuk menjadi meja rias dengan meletakkan kosmetik, parfum, atau barang-barang sejenisnya. Kita dapat juga menambahkan kursi, jika kita sering kali membutuhkan waktu yang lama untuk berhias diri.

Console table juga dapat difungsikan sebagai bedside table untuk meletakkan lampu tidur, telepon, dan barang-barang sejenisnya. Baik bagian permukaan meja ataupun rak penyimpanan bisa dipakai sebagai tempat meletakkan buku favorit kita. Sedangkan di bagian bawah meja, kita bisa menempatkan tempat sampah yang mudah dijangkau dari tempat tidur.

Dapur

(Costco Wholesale)

Dapur juga bisa menjadi tempat peletakan yang tepat untuk meja konsol. Keberadaan meja ini bisa menjadi ruang kerja tambahan untuk mengolah bahan-bahan. Kita juga bisa meletakkan perkakas, baik di bagian permukaan maupun di tempat penyimpanan tambahannya.

Meja ini juga bisa menjadi tempat kita untuk meletakkan oven, mesin kopi, atau dispenser. Untuk mempercantik keberadaan furniture ini di dapur, kamu bisa meletakkan cangkir atau gelas-gelas cantik di atasnya.

Ruang kerja

(Designbest Magazine)

Sebagai furniture serbaguna, meja konsol juga bisa menjadi tempat kita meletakkan komputer atau laptop di ruang kerja. Kita bisa mempercantiknya dengan menambahkan hiasan yang sesuai dengan karakter kita atau konsep ruangan yang kita inginkan.

Jika ruangan kerja tidak terlalu besar, tidak masalah untuk mengambil meja konsol berukuran kecil. Namun, perhatikan apakah meja tersebut bisa memenuhi kebutuhan kita nantinya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.