Kamus Istilah Properti

Coliving

istilah properti

Coliving

Coliving adalah satu konsep tinggal bersama modern di satu hunian. Kamu bisa tinggal bersama dengan orang lain atau komunitasmu di sana.

Apa pengertian coliving?

coliving
(ArchDaily)

Coliving merupakan sebuah konsep tinggal bersama dalam satu hunian yang muncul beberapa tahun belakangan. Di dalam hunian coliving, kamu bisa tinggal bersama dengan orang lain maupun komunitasmu.

Hunian yang disewakan sebagai coliving ada yang dua tipe yakni ruangan berupa kamar maupun satu bangunan penuh. Masing-masing tipe biasanya dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung yang bisa diakses oleh semua penghuni. Fasilitas-fasilitas yang dimaksud antara lain adalah kamar mandi, dapur, laundry, sampai coworking space.

Beberapa penyedia hunian untuk konsep tinggal bersama ini ada yang menyediakan konsumsi yang bisa dinikmati secara gratis oleh para penghuninya. Konsumsi tersebut biasanya berupa snack, kopi, teh, maupun barang-barang sejenis lainnya.

Ada sejumlah komunitas di dunia yang mengusung konsep ini kemudian secara periodik melakukan perpindahan dari lokasi satu ke lokasi yang lain. Bisa jadi perpindahan dilakukan dari satu kota ke kota lain. Bahkan ada juga yang perpindahannya dari satu negara ke negara lain. Hal tersebut berjalan terus selama mereka masih mengerjakan proyek yang didelegasikan untuk mereka.

Awal berkembangnya konsep coliving

coliving
(Globetrender)

Populernya coliving tidak bisa dilepaskan dari langkah bisnis yang diambil oleh perusahaan-perusahaan awal yang menghuni Silicon Valley. Mark Zuckerberg mungkin salah satu contoh yang bisa mewakili. Di tahun 2004, pendiri sekaligus CEO dari Facebook itu menyewa sebuah rumah yang berisi lima kamar di daerah Palo Alto, San Fransisco. Rumah tersebut digunakan oleh para pegawai Facebook untuk membangun situs jejaring sosial yang saat ini kita kenal.

Crypto castle, sebutan untuk sebuah rumah di San Fransisco yang digunakan untuk tinggal bersama beberapa pengusaha dan tokoh-tokoh penting cryptocurrency, bisa jadi contoh lain. Beberapa nama besar yang pernah tinggal di hunian tersebut antara lain Vitalik Buterin (Founder Ethereum), Jeremy Gardner (Founder College Cryptocurrency Network), George Hotz, Toni Casserly (Co-founder Cointelegraph ), Sean Ironstag (Cyberstag Ventures) dan Kingsley Advani.

Dari kedua contoh yang sudah disebutkan, kita dapat menarik kesimpulan bahwa dengan keberadaan orang-orang yang kompeten di dalam satu lingkup akan menghasilkan sesuatu bernilai. Dari yang semula hunian biasa kemudian berubah menjadi tempat dimana ide-ide baru menetes, bahkan memungkinkan juga untuk sampai mengalir deras.

Plus dan minus

coliving
(Flokq)

Pada beberapa penjelasan sebelumnya, kita sudah menyinggung sedikit aspek-aspek yang menguntungkan dari konsep coliving. Untuk melengkapi dan merangkum paparan tadi, pada bagian ini akan disebutkan sisi plus dan minus dari konsep coliving dengan lebih rinci.

Plus

  • Memungkinkan untuk bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki gaya hidup, pemikiran atau mindset yang sama.
  • Menambah relasi, baik untuk sisi profesional maupun non profesional.
  • Sangat memungkinkan untuk menjadi lokasi pertukaran atau pemunculan ide.
  • Jika disewa untuk komunitas atau keperluan korporasi, dapat meningkatkan bonding tim.
  • Terbilang Lebih fleksibel daripada bekerja di kantor atau ruangan tetap.
  • Tidak ada lagi waktu dan ongkos yang dikeluarkan untuk menuju lokasi kerja.

Minus

  • Batas antara kerja dan kehidupan di luar pekerjaan menjadi buram.
  • Beberapa pihak beranggapan bahwa komunitas yang mempunyai ikatan tulus tidak dapat direplikasi maupun dibentuk secara sengaja.
  • Perlu untuk menyeimbangkan hal yang sifatnya privat dan hal yang berkaitan dengan komunitas.
  • Orang-orang yang bisa melakukan coliving hanya terbatas pada para pekerja remote.

Perkembangannya di Indonesia

coliving
(Whats New Indonesia)

Konsep hidup coliving boleh dibilang belum begitu banyak diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan lokal lebih melihat keuntungan untuk menyewa kantor konvensional ketimbang membiayai pekerjanya untuk tinggal bersama. Maka dari itu, hunian yang benar-benar disewakan dengan konsep coliving saat ini mungkin hanya bisa kamu temukan di beberapa kota besar saja.

Terkait dengan durasi sewa sebuah hunian coliving di Indonesia, kamu perlu untuk melakukan konfirmasi secara langsung ke penyedia atau agen terkait. Apakah sewanya hanya bisa dihitung per-hari atau memungkinkan untuk menyewanya untuk periode yang lebih panjang.

Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta juga menjadi beberapa kota yang memiliki bangunan atau ruangan yang disewakan untuk keperluan ini. Namun, apabila kamu mencari daerah yang terbaik yang menyediakan hunian coliving di Indonesia, Bali menjadi jawabannya.

Ramainya turis mancanegara yang berkunjung ke Bali membuat para pemodal asing tertarik untuk melakukan investasi di Pulau Dewata, termasuk dalam sektor properti. Beberapa investor yang melihat potensi dari konsep hidup ini kemudian membangun hunian-hunian yang dikhususkan untuk coliving di Bali.

Melakukan coliving di Bali memungkinkan kamu untuk bisa bertemu dan berinteraksi dengan relasi-relasi baru dari berbagai negara. Selain memungkinkan untuk bertemu dengan orang-orang yang lebih majemuk, Bali punya lebih banyak sekali hunian yang didedikasikan untuk konsep hidup ini daripada kota lain.

Apabila kamu dan komunitasmu tertarik untuk melakukan coliving, kamu sebenarnya bisa menyewa sendiri satu hunian dan mengajak grupmu untuk tinggal bersama di sana. Sayangnya, hal seperti itu lebih mengecilkan kemungkinan kita untuk bertemu dengan relasi baru.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.