Kamus Istilah Properti

Cellar

istilah properti

Cellar

Cellar merupakan sebuah ruangan atau area yang digunakan untuk tempat menyimpan minuman keras seperti wine. Umumnya lokasi cellar berada di lantai basement atau dasar dan dilengkapi dengan jajaran lemari yang menempel di dinding.

Mengenal Ruangan Cellar

Pins, apakah kamu pernah menonton serial drama atau film Hollywood seperti Dynasty di Netflix, Parents Trap, dan Emily in Paris? Jika kamu menyaksikan tontonan tersebut, kamu akan menemukan area yang dipenuhi dengan botol wine. Tidak hanya satu atau dua lemari, namun seluruh dinding dilapisi oleh lemari yang berisi botol-botol minuman keras. Ruangan untuk menyimpan wine ini disebut dengan cellar. 

Lokasi cellar biasanya ada di lantai dasar dari rumah, bagi orang-orang kaya yang tinggal di mansion, biasanya cellar berada di lantai basement. Hal yang membedakan dengan basement adalah cellar hanya digunakan untuk menyimpan minuman beralkohol, sementara basement biasanya menjadi gudang.

Struktur dan interior ruangan cellar

(Liebherr)

Jika kamu perhatikan, struktur area atau ruangan cellar berbentuk kotak atau persegi panjang. Di area tersebut terdapat tangga yang menghubungkan ruangan cellar dengan lantai rumah di bagian atas. Lemari berjajar di sepanjang dinding ruangan dan ini biasanya digunakan untuk meletakkan botol minuman beralkohol. Untuk interior ruangan biasanya menggunakan konsep simpel atau kontemporer dengan warna cokelat dan dinding bata atau kayu. 

Cara meletakkan botol di dalam ruangan cellar biasanya menggunakan kemiringan 45 derajat. Jadi botol yang diletakkan tidak dalam posisi berdiri atau kemiringan 90 derajat. Tentunya ada alasan seperti ini ya Pins. Alasannya adalah agar botol tidak mudah jatuh. Posisi 45 derajat adalah posisi yang tepat untuk meletakkan botol di lemari-lemari tersebut.

Fungsi Utama cellar

(WIne enthusiast magazine)

Seperti yang kita pahami fungsi utama dari cellar adalah untuk meletakkan botol minuman beralkohol yang masih memiliki isi. Namun ternyata ada beberapa fungsi lain yang bisa kamu temukan dari ruangan cellar.

Area untuk minum dan berbincang dengan kolega

Pertama area ini bisa menjadi tempat untuk berbincang dengan kolega. Apabila ruangan cellar cukup besar, maka pemilik rumah bisa meletakkan meja di tengah ruangan. Meja tersebut bisa berfungsi sebagai lokasi untuk duduk. Jadi ketika kondisi di luar sedang tidak kondusif untuk mengunjungi bar, seperti di masa pandemi maka cellar bisa dimanfaatkan sebagai bar. 

Lokasi untuk bersantai

Selain ruangan terbuka seperti taman, area cellar bisa juga menjadi lokasi untuk bersantai. Area ini bisa berfungsi untuk tempat “me time” setelah melakukan berbagai kegiatan yang menguras energi dan pikiran.

Ruang koleksi wine

Selain tempat untuk menyimpan wine, area cellar juga umumnya menjadi tempat untuk meletakkan koleksi wine. Pemilik rumah yang menggemari wine bisa menggunakan area ini untuk menata koleksi botol wine yang berusia tahunan, belasan hingga puluhan tahun. 

Tips merawat ruangan cellar

(Wine guardian)

Pins memang tidak semua rumah memiliki cellar ya, namun jika ada cellar di sebuah rumah maka perlu ada tindakan membersihkan ruangan tersebut. Berikut ini ada beberapa cara merawat dan membersihkan cellar. Yuk kita simak bersama Pins!

Bersihkan debu di sekitar lemari 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan debu di sekitar lemari penyimpanan. Pastikan area steril dan tidak berdebu ya Pins. Area yang kotor tentu tidak baik untuk kondisi lingkungan di dalam cellar. Hal ini mengingat sebuah cellar biasanya tidak memiliki jendela yang bisa dibuka dan hanya mengandalkan lubang udara untuk ventilasi.

Buat lantai tetap kering

Selanjutnya kamu bisa memastikan lantai tetap kering dengan menyapu serta mengepel lantai. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak tersandung jika sedang berjalan. Lantai yang bersih dan kering pun akan menjaga ruangan cellar tetap nyaman ditempati.

Atur suhu udara yang tepat di area cellar

Selanjutnya kamu pun harus mengatur suhu di area lingkungan. Hindari suhu yang terlalu panas agar tidak merusak kualitas wine. Selain itu suhu di area cellar harus tetap nyaman agar penghuni rumah tidak merasa gerah saat berada di dalam ruangan.

Berikan pencahayaan yang sesuai

Kemudian, pencahayaan sebuah ruangan cellar juga perlu diperhatikan karena mengingat lokasinya yang berada di lantai dasar. Kamu harus membuat cahaya yang tepat di setiap sudut ruangan agar mudah mencari botol wine. 

Pins, memiliki ruangan cellar di rumah tentu hal yang perlu dipertimbangkan. Apabila kamu tidak mempunyai waktu atau asisten rumah tangga yang dapat membantu merawat area cellar, silakan pikirkan kembali ya. 

Membangun area cellar di lantai desar tidak bisa begitu saja tanpa pertimbangan ya Pins. Kamu harus mempertimbangkan seperti beberapa hal berikut,

  • Ketersediaan lahan.
  • Pastikan kekuatan tanah cukup kuat.
  • Pastikan kamu menyediakan biaya untuk kegiatan membersihkan cellar ya Pins, mengingat harga wine yang ada di area tersebut cukup mahal. Kamu tidak ingin salah satu botol wine tersebut terjatuh bukan?
  • Biaya renovasi dan dekorasi ruangan cellar juga harus kamu pertimbangan.

Itu saja informasi mengenai cellar, semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu ya Pins. Selamat membaca!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.