BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis
0
0

7 Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Apr 4, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
keramik rumah minimalistop-right-banner

Untuk kamu yang akan membangun atau merenovasi rumah, pemilihan keramik rumah minimalis patut dipertimbangkan. Penggunaan lantai minimalis merupakan keputusan kreatif yang akan relevan sampai bertahun-tahun mendatang.

Bahkan, lantai minimalis masih mungkin tetap relevan meskipun kamu mengubah konsep desain rumah. Tentunya, penggunaan keramik bisa kamu sesuaikan dengan kesan yang ingin kamu hadirkan, misalnya modern atau elegan. 

Kamu juga perlu menyesuaikan pemilihannya dengan area pemasangan keramik. Karakteristik keramik untuk teras rumah dan keramik dinding dapur tentu memiliki perbedaan. 

Tak perlu berlama-lama lagi, silakan langsung simak cara memilih keramik rumah minimalis yang akan jadikan hunianmu bright, nyaman, sekaligus estetik di bawah ini

Keramik Putih Polos, Andalan untuk Keramik Lantai Rumah Minimalis

Keramik berwarna putih polos selalu dapat kamu andalkan untuk hunian berkonsep minimalis.

Mungkin kamu familier dengan ungkapan ‘less is more’. Ungkapan tersebut sebetulnya sangat menggambarkan konsep desain minimalis. Dalam konsep minimalis, kita menggunakan komponen desain yang simpel untuk menghasilkan keseluruhan desain yang menawan.

Karena itu, kamu bisa memilih warna putih bila menginginkan keramik lantai rumah minimalis. Warna yang simpel ini hampir tak pernah gagal menciptakan kesan minimalis. 

Tidak hanya itu, keramik berwarna putih yang berpadu dengan dinding putih juga akan membuat ruangan terasa spacious serta menenangkan. Jadi, tips ini juga bisa kamu lakukan apabila luas tempat tinggalmu terbatas.

Baca Juga: 14 Motif Keramik untuk Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Hindari Keramik yang Memiliki Terlalu Banyak Motif

Keramik dengan motif penuh kurang sesuai untuk rumah dengan konsep minimalis.

Ketika memilih keramik lantai rumah minimalis, kamu juga perlu berhati-hati dalam penggunaan keramik bermotif. Selain menggunakan keramik polos berwarna putih, sebaiknya kamu juga menghindari keramik yang memiliki terlalu banyak motif.

Memang keramik bermotif cenderung cantik, tetapi warna dan motif yang terlalu penuh kurang sesuai bila kamu menginginkan rumah minimalis. Keberadaan motif dan warna yang banyak akan bersifat kontradiktif terhadap konsep desain minimalis.

Akan tetapi, bukan berarti kamu tak bisa memasang keramik yang memiliki motif di rumah minimalis. Motif-motif garis asimetris seperti yang kerap kita jumpai pada marmer atau motif abstrak berwarna abu-abu pada keramik putih bisa kamu gunakan.

Palet Netral, Pilihan Keramik Rumah Minimalis Modern

Saat ingin menghadirkan kesan minimalis modern berkreasilah dengan keramik dengan palet warna netral.

Kunci utama dalam pemilihan keramik rumah minimalis modern ialah menerapkan palet warna netral. Seperti yang sudah diketahui, gaya desain minimalis modern menekankan fungsi, clean line, dan penggunaan ornamen yang minimal. 

Kamu bisa menggunakan keramik berwarna abu-abu, taupe, beige, atau ivory. Pertimbangkan juga permukaan keramik yang tidak mengilap atau matt.

Penggunaan keramik dengan permukaan matt diketahui bisa menciptakan suasana yang menenangkan. Jadi, bila salah satu tujuanmu memilih desain minimalis agar ruangan terasa nyaman dan tenang, dukunglah dengan penggunaan keramik matt berwarna netral.

Grayscale, Cocok untuk Keramik Teras Rumah Minimalis

Keramik bermotif abstrak dan berwarna abu-abu dapat kamu andalkan untuk teras rumah minimalis.

Salah satu aspek penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih keramik teras rumah minimalis adalah kemudahan perawatannya. 

Berhubung keramik akan dipasang di teras, sebaiknya kamu memilih keramik yang tak mudah terlihat kotor sambil tetap mempertahankan konsep minimalis. Maka dari itu, keramik dengan warna atau motif grayscale merupakan salah satu pilihan.

Dengan keramik bermotif abstrak dan grayscale, debu pada lantai teras tak akan begitu kentara. Kamu pun tidak harus selalu langsung membersihkan teras setiap kali terdapat debu. Pertimbangkan tips ini, terutama jika kamu termasuk orang yang sibuk.

Lebih dari itu, gradasi warna abu-abu tentu akan berpadu ciamik dengan warna-warna netral lain yang kamu gunakan di rumah.

Baca Juga: Jenis Keramik Lantai Pilihan Untuk Hunian Nyaman Maksimal!

Keramik Cream, Pas untuk Keramik Depan Rumah Minimalis

Agar bagian eksterior rumah terasa hangat, pasanglah keramik berwarna cream di depan rumah.

Pada poin sebelumnya telah dibahas bahwa kemudahan perawatan merupakan aspek penting dalam pemilihan keramik teras. Namun, jika yang kamu cari adalah keramik depan rumah minimalis, ada hal lain yang perlu kamu pertimbangkan.

Keramik depan rumah perlu memberikan kesan hangat atau welcoming bagi siapa saja yang datang. Karena itu, khusus untuk di depan rumah, kami merekomendasikan keramik berwarna cream yang terasa hangat.

Untuk memudahkan perawatan, kamu dapat menggunakan keramik dengan tampilan matt. Ruang seperti lorong, kamar mandi, dan bagian depan rumah akan mendapat manfaat dari lantai matt

Berbeda dengan keramik glossy, keramik matt dapat menyembunyikan noda dan tetesan air yang mengering dengan lebih baik. Keramik matt juga tidak perlu sering dibersihkan dan saat kamu membersihkannya, kamu tidak perlu waspada terhadap bekas air serta sabun. 

Motif Kayu, Opsi Keramik Tangga Rumah Minimalis

Penggunaan keramik bermotif kayu merupakan ide menarik jika kamu ingin memberikan sentuhan natural di hunian minimalis milikmu 

Keramik berwarna putih, abu-abu, atau warna netral lainnya tentu selalu bisa menjadi pilihan untuk keramik tangga rumah minimalis. Akan tetapi, kalau kamu merasa bosan, cobalah keramik bermotif kayu.

Di pasaran tersedia keramik bermotif kayu dengan warna bervariasi, mulai dari warna kayu natural hingga cokelat gelap. Sebaiknya kamu memilih keramik yang berwarna natural.

Hadir dengan warna kayu natural, keramik bermotif kayu akan berpadu cantik dengan keseluruhan konsep minimalis di rumahmu.

Di samping itu, perhatikan juga ukuran keramik yang akan kamu gunakan. Apabila terdapat banyak orang di rumahmu, jatuhkan pilihan pada keramik yang berukuran cukup besar, misalnya 30×60 cm.

Dengan begitu, tangga tidak hanya akan tampak estetik, tetapi juga aman dilalui oleh para penghuni rumah.

Bermain dengan Bentuk Keramik

Tampilan lantai atau dinding yang berbeda bisa diperoleh melalui kreasi bentuk keramik

Saat kamu memutuskan untuk memasang keramik rumah minimalis, kamu memang tidak leluasa menerapkan keramik bermotif atau berwarna. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menghadirkan variasi pada lantai atau dinding hunianmu.

Kamu masih bisa berkreasi dengan bentuk-bentuk keramik tertentu yang membuat dinding atau lantai terlihat unik sambil tetap mempertahankan konsep minimalis yang kamu usung.

Sebagai contoh, keramik heksagonal dengan warna earth tone merupakan pilihan menarik. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan bentuk geometri lain yang masih cukup subtle. Bentuk seperti ini pas sekali bila kamu gunakan untuk dinding dapur atau dinding kamar mandi.

Itulah beberapa tips memilih keramik rumah minimalis yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga kamu terbantu dengan tips menentukan keramik untuk rumah minimalis di atas. 

Apakah kamu sudah memutuskan warna dan bentuk keramik yang akan kamu pasang di rumah? Tidak lupa, putuskan juga tampilan permukaan keramik yang akan kamu pilih.

Jika sudah, segera panggil tukang terlatih dan profesional yang menawarkan jasa pasang keramik. Tentunya, pastikan kamu memilih tukang yang berpengalaman dan memiliki keahlian untuk memasang keramik sehingga rumah indah menawan dapat menjadi milikmu.

Kabar baiknya, kini kamu sudah tidak perlu pusing lagi jika membutuhkan bantuan tukang profesional dan terampil sebab ada Kanggo.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang siap menjawab aneka kebutuhanmu, mulai dari pemasangan plafon, perbaikan dinding, pengecatan rumah, hingga pemasangan keramik dan sudah melayani wilayah JaBoDeTaBek. 

Dengan aplikasi Kanggo  #TukangReadyToGo, pesan tukang menjadi sangat mudah, tinggal klik, besok tukang pasti datang.Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera install aplikasi Kanggo sekarang melalui App Store atau Google Play dan keramik rumah idamanmu bisa segera terpasang dengan cantik!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download