BlogPemilik PropertiDesain HunianUkuran Keramik Lantai Berdasarkan Jenisnya
0
0

Ukuran Keramik Lantai Berdasarkan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 19, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Keramik memang merupakan salah satu komponen penting dalam membangun rumah. Selain digunakan sebagai lantai, keramik juga banyak digunakan sebagai pelapis dinding seperti pada kamar mandi, dapur, dan masih banyak lagi. Tak heran jika ukuran keramik lantai yang tersedia di pasaran cukup bervariatif.

Selain dapat memperindah ruangan Pins, ukuran keramik yang tepat dapat membuat ruangan terlihat mengkilat dan bersih. Bagi Pins belum tahu berbagai macam ukuran lantai keramik dan dinding, yuk simak daftar ukuran dan penjelasan keramik lantai dan dinding pada ulasan di bawah ini.

Kamu dapat menerapkan keramik berdasarkan ukuran yang sesuai dengan keinginan kamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung. Kamu juga dapat melakukan pemilihan untuk penggunaan keramik di pembangunan hunian baru kamu di sekitar Sekolah Bina Bangsa Ciledug melalui Program KPR Bank.

Baca juga: Cara Pasang Keramik Lantai dengan Mudah dan Cepat

Ukuran Keramik Berdasarkan Jenisnya

Jika kamu bingung menentukan ukuran keramik yang tepat, berikut ini kami sajikan pilihan ukuran keramik berdasarkan jenisnya:

1. Ukuran Keramik Lantai Biasa

ukuran keramik
Source : Pinterest

Mungkin Pins sering melihat keramik lantai biasa yang biasanya dapat kita temui dengan mudah di rumah-rumah. Keramik ini biasanya berwarna putih yang tersedia di toko bangunan besar maupun toko bangunan kecil sekalipun. Keramik ini cocok digunakan di ruang keluarga.

Bentuk keramik lantai biasa ini adalah persegi dengan ukuran keramik 30×30 cm hingga 80×80 cm. Tidak hanya putih, warna dan corak keramik lantai ini kini mulai berkembang dan cukup variatif, mulai dari corak kecoklatan, warna-warna bold seperti hijau, merah dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Pemasangan Keramik Yang Baik

2. Ukuran Keramik Teraso

Source : Pinterest

Keramik teraso atau terazzo adalah salah satu jenis keramik yang cukup populer dan telah banyak digunakan sebagai lantai maupun keramik dinding rumah. Jenis keramik yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah sebagai lantai-lantai hotel, mall, villa dan restoran.

Memiliki motif yang cukup abstrak, keramik teraso dapat memperlihatkan sisi artsy kamu, Pins. Hal ini karena keramik teraso cukup kuat dan tahan lama. Selain itu motif pada lantai ini juga bergaya etnik dan klasik yang tentunya dapat menambah estetika pada rumah.

Jika Pins salah satu orang yang suka dengan motif-motif etnik, keramik teraso cocok menjadi pilihan Pins dalam berburu keramik. Untuk keramik yang satu ini cukup beragam, mulai dari skala keramik lantai 20×20 cm hingga 60×60 cm.

Baca juga: Jenis Keramik Lantai Pilihan Untuk Hunian Nyaman Maksimal!

3. Ukuran Keramik Mozaik

ukuran keramik
Source : Pinterest

Selain keramik biasa dan keramik teraso, jenis keramik lain yang cukup populer adalah keramik mozaik. Jika sebelumnya keramik teraso dan keramik biasa banyak digunakan sebagai lantai, keramik mozaik banyak digunakan sebagai keramik dinding terutama pada kamar mandi dan dapur.

Keramik seperti ini cocok digunakan untuk rumah dengan model minimalis, untuk menambahkan aksen sehingga ruangan terlihat lebih menarik. Ciri khas keramik mozaik adalah motifnya yang unik dan kontras namun tidak berlebihan.

Sehingga sangat mudah dipadukan dengan interior lain di dalam rumah. Keramik ini pun cukup beragam mulai dari 6 cm. Tidak hanya pada dinding, keramik mozaik juga bisa digunakan sebagai lantai dengan skala lantai yang sama mulai dari 6 cm.

Baca juga: Pilihan Keramik Mozaik Untuk Desain Kolam Renang

4. Ukuran Granit Alam

ukuran keramik
Source : Pinterest

Keramik lantai granit alam adalah salah satu jenis keramik yang cukup populer dan telah banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Warnanya yang gelap dengan corak unik membuat keramik ini sangat laku di pasaran. Keramik ini cocok digunakan di ruang tamu maupun ruang keluarga.

Tidak hanya itu, keramik granit juga akan membuat tampilan rumah Pins menjadi mewah dan sangat modern. Kekuatannya pun tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, keramik granit alam lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan lama.

Hanya saja keramik granit alam memiliki bobot yang sangat berat sehingga membutuhkan tenaga ekstra dalam pemasangannya. Keramik yang satu ini dapat digunakan sebagai lantai maupun dinding. Jadi Pins tidak perlu kebingungan jika akan menggunakan jenis keramik  yang satu ini.

Barometer keramik yang satu ini pun biasanya lebih besar dibandingkan dengan jenis keramik lainnya, yaitu berkisar antara 30×30 cm hingga keramik ukuran 60×60 cm.

Baca juga: 20 Perbedaan Granit dan Keramik Lantai

5. Ukuran Homogenous Tile

Source : Nara Japan

Jenis keramik selanjutnya yang perlu Pins ketahui adalah homogenous tile. Jenis keramik yang satu ini adalah keramik tiruan granit yang dibuat dengan edisi sangat besar. Skala keramik lantai ini cukup beragam mulai dari 40×40 cm, keramik ukuran 60×60 cm dan 100×100 cm. 

Berbeda dengan keramik biasa, keramik homogenous tile lebih kuat dibandingkan dengan keramik biasa. Oleh karena itu, biasanya jenis keramik ini banyak digunakan pada gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan gedung-gedung lainnya yang membutuhkan tampilan mewah dengan budget minim.

6. Ukuran Keramik Marble

ukuran keramik
Source : Pinterest

Selain keramik granit, keramik lantai lainnya yang dapat membuat rumah Pins tampak mewah adalah keramik marble. Tidak hanya sebagai lantai, keramik marble juga sangat cantik jika digunakan sebagai keramik dinding. Keramik marble dapat memperlihatkan kesan mewah dan elegan ketika dipadukan dengan desain minimalis.

Keramik ini cocok digunakan di area dapur. Warna putih yang cantik disertai dengan corak yang unik membuat banyak orang jatuh hati dengan keramik yang satu ini. Skala keramik lantai ini cukup beragam mulai dari 30×30 cm hingga keramik ukuran 60×60 cm.

Ukuran Keramik Lantai

Selain ukuran keramik lantai berdasarkan jenisnya, terdapat juga beberapa jenis ukuran keramik yang dapat digunakan sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

ukuran keramik
Source : Shutterstock

1. Keramik 5 cm x 5 cm

Digunakan sebagai variasi pada bidang-bidang kecil yang membutuhkan kedetailan tekstur keramik seperti pada tiang atau kolom bangunan atau pada ornamen dinding pagar rumah.

2. Keramik 10 cm x 10 cm dan 8 cm x 8 cm

Fungsinya hampir sama dengan keramik ukuran 5 cm x 5 cm, namun digunakan pada bidang yang lebih lebar seperti finishing kubah masjid, pagar rumah dan sejenisnya. Keramik 10 cm x 10 cm ini juga dapat digunakan dengan cara dipadukan dengan keramik lebar, misalnya pada keramik lantai sehingga tercipta sebuah kombinasi pola keramik yang indah.

3. Keramik 10 cm x 20 cm

Digunakan untur border lantai misalnya area lantai pada pinggir tepi yang berbatasan dengan pasangan dinding, atau pada finishing kaki pasangan dinding bata. Sehingga aman terhadap noda air saat mengepel lantai.

4. Keramik 20 cm x 20 cm, 25 cm x 25 cm, 20 cm x 25 cm

Keramik dengan 3 macam dimensi ini digunakan untuk ruangan yang berukuran kecil, seperti keramik lantai kamar mandi, tempat wudhu, dapur, janitor, dan sebagainya.

5. Keramik 40 cm x 40 cm

Keramik ini baik digunakan pada rumah tinggal seperti keramik dinding ruang tamu, ruang tidur, dan ruangan lainya yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

6. Keramik 60 cm x 60 cm

Ukuran keramik ini baik digunakan pada ruangan dengan ukuran besar seperti ruang aula, atau ruang keluarga dengan ukuran luas sehingga sesuai dengan suasana ruangan.

Selain jenis keramik yang disebutkan di atas masih ada banyak lagi ukuran keramik lantai lainnya. Baik ukuran standar perusahaan maupun yang dipesan secara khusus dengan ukuran tertentu, sebagai pola keramik yang telah direncankan sebelumnya dalam bentuk gambar kerja detail pemasangan keramik.

Itulah beberapa jenis keramik serta ukuran keramik yang bisa menjadi pilihan Pins dalam berburu keramik. Dari sekian ukuran keramik tadi, yang mana favoritmu? Pilih yang sesuai dengan budget dan selera Pins, ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasa Jagakarsa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download