BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPABegini Untung Rugi KPR Flat dan Floating!
0
0

Begini Untung Rugi KPR Flat dan Floating!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Agu 4, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
pengertian dan langkah mengajukan kprtop-right-banner

Sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR bank, kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sistem yang ditawarkan pada KPR. Salah satunya adalah mengetahui untung rugi KPR flat dan floating.

Seperti yang kita ketahui, saat ini harga rumah sangatlah mahal, apalagi harga rumah di perumahan. Harga rumahnya bisa mencapai dua kali lipat dari rumah-rumah biasa yang ada di luar perumahan.

Cara yang tepat untuk mendapatkan rumah tersebut adalah dengan mencicilnya menggunakan KPR dari bank. KPR biasanya akan memberikan berbagai fasilitas kepada yang berminat. Tetapi KPR juga akan memberikan suku bungan yang cukup tinggi.

Perlu diketahui bahwa dalam sistem KPR terdapat dua jenis suku bunga, yaitu suku bunga flat dan suku bungan floating. Masing-masing suku bunga tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini untung rugi KPR flat dan floating.

Baca juga: Perhatikan! Detail Biaya Notaris Saat Take Over KPR!

Untung Rugi KPR Flat

Begini Untung Rugi KPR Flat dan Floating!
Source : Shutterstock

Sebenarnya KPR flat merupakan suku bunga yang memiliki sistem perhitungan yang berpedoman pada pokok utang di setiap awal pembayaran KPR. Suku bunga flat akan memberikan hitungan yang sama antara porsi dan pokok tiap angsurannya.

Sehingga sampai nanti batas waktu pinjaman selesai, tidak akan ada perubahan antara porsi dan pokok pada tiap angsuran yang dibayarkan. Ada banyak untung rugi KPR flat yang perlu kamu ketahui sebelum memilihnya.

Keuntungan dari suku bunga flat yaitu sistem yang diterapkan. Sistem yeng diterapkan berupa tingkat bunga yang tetap dan pasti. Sehingga seseorang yang memiliki pinjaman KPR akan membayar biaya angsuran dengan biaya yang sama hingga masa pinjaman habis.

Hal tersebut akan memudahkan untuk memperhitungkan keuangan yang akan dibayarkan tiap bulannya. Selain banyaknya keuntungan yang didapat, suku bunga flat juga memiliki kekurangan. Selain membawa keuntungan, bunga yang ditetapkan pada KPR flat juga bisa membawa kerugian.

Jika terjadi penurunan suku bunga, maka KPR flat yang tingkat bunganya pasti tidak akan memberikan penurunan terhadap suku bunga yang ditetapkan. Sehingga nasabah tidak dapat merasakan keuntungan dari penurunan tingkat suku bunga yang telah terjadi.

Selain itu, adanya kepastian mengenai tingkat suku bunga membuat nilai angsungan menjadi lebih tinggi dibandingkan suku bunga yang lainnya. Jadi, sebaiknya kamu mempertimbangkan dulu untung rugi KPR flat ini sebelum memilihnya.

Baca juga: Waspada! Berikut 5 Ciri-ciri KPR Ditolak yang Wajib Dihindari

Untung Rugi KPR Floating

Begini Untung Rugi KPR Flat dan Floating!
Source : Shutterstock

Berbeda dengan KPR flat yang tingkat suku bunganya pasti, KPR floating memiliki tingkat suku bunga yang tidak tetap dan cenderung sering berubah. Perubahan tingkat suku bunga tersebut dipengaruhi oleh pergerakan suku bunga di pasaran.

Keuntungan suku bunga floating adalah jika tingkat suku bunga di pasaran turun, maka biaya pembayaran cicilan akan menurun. Namun kekurangannya, jika tingkat suku bunga di pasaran naik, maka pembayaran cicilan juga akan naik.

Sebelum memutuskan bunga KPR yang akan dipilih, sebaiknya mencari banyak informasi mengenai suku bunganya. Pastikan juga kondisi keuangan yang dimiliki, agar tidak memberatkan dikemudian hari.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang untung rugi KPR flat dan floating yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih KPR rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mayfair dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download