BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA10 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik
0
0

10 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 6, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaiktop-right-banner

Kredit Pemilikan Rumah atau daftar bank KPR terbaik ini menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman dengan skema kredit. Salah satu caranya yaitu memberikan suku bunga yang rendah.

Tentunya, ini akan menjadi penawaran yang begitu menarik untuk kamu yang berencana untuk memiliki rumah sendiri melalui KPR dalam waktu dekat. Namun, selain tingkat suku bunganya, kamu juga harus cermat memperhatikan aspek lain sebelum mengajukan KPR di bank, yaitu tenor atau jangka waktu yang ditawarkan. 

Untuk memahami lebih dalam terkait KPR gunakan saja fitur Simulasi KPR dari Pinhome. Aplikasi ini juga menyediakan informasi seputar data properti rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence, sewa rumah di Bogor Selatan dan sebagainya.

Pengertian dan Jenis KPR

Source : Wikipedia

KPR merupakan program pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan bagi debitur guna memenuhi kebutuhan hunian. Jenisnya sendiri terbagi menjadi tiga golongan yaitu:

1. KPR Konvensional

KPR konvensional merupakan fasilitas kredit yang diberikan bank kepada nasabah guna membeli atau memperbaiki rumah. Jenis bunga yang digunakan adalah bunga mengambang, tetap dan capped.

2. KPR Syariah

Apa itu KPR Syariah?KPR ini menggunakan prinsip keuangan dengan pedoman syariat Islam. Perbedaan KPR syariah dengan konvensional adalah mekanisme pembayaran kreditnya. KPR syariah memakai sistem margin bagi hasil guna menghindari riba sementara konvensional menggunakan sistem suku bunga.

3. KPR Bersubsidi

KPR bersubsidi ialah kredit pemilikan hunian dengan bantuan dari pemerintah. Keunggulan rumah bersubsidi ini adalah harganya jauh lebih terjangkau daripada kedua jenis KPR lainnya.

Baca juga: Cara Melunasi KPR Rumah di Bank BTN

Daftar Bank KPR Terbaik

Yuk, langsung saja, berikut rekomendasi bank KPR terbaik yang bisa menjadi pertimbangan saat kamu berencana untuk membeli rumah dengan KPR:

1. Bank BTN

Source : Tempo Bisnis

Rekomendasi pertama adalah Bank Tabungan Negara atau Bank BTN. Bank milik pemerintah ini memang aktif menawarkan KPR untuk masyarakat. Salah satunya adalah KPR bersubsidi dari pemerintah yang menjadi program KPR terbaik untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. 

Guna memudahkan masyarakat untuk bisa memiliki rumah impian sendiri, Bank BTN menawarkan suku bunga tetap sebesar 5% untuk jenis KPR subsidi hingga akhir tenggat pelunasan. Sementara itu, untuk para nasabah yang hendak mengajukan KPR non-subsidi, besar bunganya mulai dari 8,88% sampai dengan 9,49%.

2. Bank Mandiri

Source : Tempo Bisnis

Bank KPR terbaik selanjutnya adalah Bank Mandiri. Salah satu bank milik negara ini menawarkan program bunga KPR yang begitu bersaing, yaitu suku bunga dasar kredit atau SBDK untuk bagian kredit sebesar 7,25% pada Juni 2022 kemarin. Lalu, Bank Mandiri menawarkan pula opsi suku bunga tetap sebesar 3,88% selama 3 tahun atau 4,88% selama 5 tahun. 

Tak hanya itu, bank satu ini juga menawarkan suku bunga tetap berjenjang selama 10 tahun. Mulai dari 3,98% untuk tahun pertama sampai tahun ketiga, sebesar 7,68% untuk tahun keempat sampai tahun keenam, hingga 9,68% untuk tahun ketujuh sampai tahun kesepuluh. 

Adapun program KPR terbaik ini berlaku untuk pembelian rumah baru secara kredit dari developer pilihan, nasabah pilihan Bank Mandiri yang mengajukan kredit rumah, dan membeli rumah seken dengan mengacu pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Bank BNI

Source : Finansial Bisnis

Bank BNI menjadi bank milik negara lain yang menawarkan KPR dengan bunga kompetitif melalui program BNI Griya. Fasilitas ini bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan properti, mulai dari membeli rumah, melakukan renovasi hunian, refinancing, hingga melakukan take over atau pengalihan kredit. 

Adapun besar plafon yang diberikan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan sekaligus kemampuan para nasabah untuk mengembalikan pinjaman setiap bulannya. Menariknya, Bank BNI menawarkan bunga tetap mulai dari 6,75% selama 3 tahun untuk nasabah yang memiliki pendapatan setidaknya Rp3 juta. Bank satu ini juga menawarkan pinjaman mulai dari Rp100 juta dengan tenor maksimal selama 20 tahun. 

Baca juga: Ini Dia Kode Bank BTN dan Intip Cara Mudah Daftar KPR di BTN

4. Bank BCA

Source : IDX Channel

Bank BCA menjadi bank swasta terbaik nomor satu di Indonesia yang ikut menawarkan program KPR terbaik dengan tingkat suku bunga yang ringan sampai 8 tahun. Suku bunga tetap berjenjang ini mulai dari 4,38% selama 3 tahun, lalu sebesar 7,68% memasuki tahun keempat sampai tahun keenam, dan 9,68% pada tahun ketujuh dan kedelapan. 

5. Bank BRI

Source : Bisnis Tempo

Berbeda lagi dengan Bank BRI yang menawarkan bunga kredit rumah sebesar 4,99% untuk 3 tahun pertama dan suku bunga mengambang sebesar 13%. Tak hanya itu, bank ini turut memberikan penawaran program kredit rumah dengan bunga spesial mulai dari 2,88% untuk satu tahun pertama. 

Biasanya, penawaran ini muncul ketika momen tertentu, seperti Hari Ulang Tahun BRI, KPR Hoki, dan KPR Lebaran. Penawaran ini tidak hanya berlaku untuk masyarakat umum, tetapi ada pula penawaran lain yang bisa dimanfaatkan untuk kelompok TNI, ASN, dan POLRI yaitu suku bunga sebesar 5% untuk kredit rumah subsidi. 

6. CIMB Niaga

Source : Infobanknews

Sementara untuk bank swasta lain yang memiliki KPR terbaik dengan suku bunga ringan adalah CIMB Niaga. Tak hanya itu, Bank CIMB juga memberikan tenor yang cukup panjang, yaitu mencapai 25 tahun. Rincian dari penawaran bunga tersebut bisa kamu perhatikan pada skema berikut ini.

  • Suku bunga sebesar 5% tetap selama 3 tahun.
  • Suku bunga sebesar 6% tetap selama 5 tahun.
  • Suku bunga sebesar 6,36% tetap selama 6 tahun.
  • Suku bunga 8,66% tetap selama 10 tahun. 

Semua nasabah Bank CIMB dapat memanfaatkan penawaran ini untuk membeli rumah, ruko, apartemen, tanah kavling, rukan, dan bentuk properti lainnya. 

7. Bank Panin

Source : Media Pakuan

Bank KPR terbaik lainnya adalah Bank Panin yang memberikan persetujuan kredit rumah hanya dalam waktu tiga hari setelah pengajuan. Selain itu Bank Panin juga menawarkan suku bunga yang sangat kompetitif, yaitu 5,75% tetap untuk 5 tahun dan 9,75% tetap untuk 10 hingga 15 tahun. Sementara itu, jangka waktu yang ditawarkan mencapai 20 tahun. 

Baca juga: Daftar 15 Bank dengan Bunga KPR Terendah

8. Maybank Indonesia

Source : Infobanknews

Maybank Indonesia juga ikut berpartisipasi melalui program penyediaan pinjaman kredit perumahan yang sangat bersaing. Rinciannya bisa kamu lihat berikut ini.

  • Suku bunga sebesar 3,62% tetap untuk tahun pertama dengan tenor 5 tahun.
  • Suku bunga sebesar 4,62% tetap untuk tiga tahun dengan tenor 7 tahun.
  • Suku bunga sebesar 5,62% tetap untuk lima tahun dengan tenor 10 tahun.
  • Suku bunga sebesar 8,62% tetap untuk 10 tahun. 

9. Standard Chartered

Source : Republika

Bank dengan KPR terbaik terakhir adalah Standard Chartered. Bank yang berasal dari Inggris ini turut menawarkan kredit rumah untuk para nasabah dengan bunga yang terbilang ringan. Rinciannya seperti berikut ini. 

  • Suku bunga sebesar 6,75% tetap untuk tiga tahun pertama, lalu menerapkan suku bunga mengambang.
  • Suku bunga sebesar 8,75% tetap untuk lima tahun pertama, lalu memberlakukan suku bunga floating.
  • Suku bunga sebesar 6,50% dengan sistem suku bunga mengambang

Tak hanya itu, Bank Standard Chartered juga menawarkan fasilitas take over KPR kepada para nasabah sekaligus Kredit Multi Guna. 

10. Bank OCBC NISP

Source : Finansial Bisnis

Bank OCBC NISP menawarkan dua program KPR yaitu pembelian rumah baru maupun bekas. Tarif suku bunganya cukup kompetitif mulai dari 2,75% fix 1 tahun dengan tenor 5-25 tahun.


Itu tadi beberapa daftar bank KPR terbaik yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum mengajukan kredit untuk membeli rumah impian. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Pinterest

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan KPR BTN


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Citra Garden Gowa by Ciputra Group dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download