BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA3 Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan KPR BTN
0
0

3 Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan KPR BTN

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTNtop-right-banner

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan setiap bulan hingga jatuh tempo. Namun, terkadang ada kondisi yang membuat hal tersebut menjadi sulit dilakukan, seperti mengalami pemutusan hubungan kerja. Apabila kamu sedang berada pada posisi ini, kamu bisa mengajukan keringanan cicilan KPR BTN.

Dengan begitu, kamu tidak perlu cemas akan mengalami kredit macet dan membuat rumah impian masuk dalam program beli rumah lelang karena tidak bisa melakukan pembayaran bulanan. Lalu, bagaimana cara ikut serta dalam program keringanan cicilan KPR BTN ini?

Sebelum itu baiknya instal dulu aplikasi Pinhome yang menyediakan informasi properti sekitar Stasiun Kotabaru, rumah baru di Rajeg hingga perumahan di Jagakarsa. Terdapat fitur Take Over KPR untuk memperoleh hunian dengan harga dan bunga rendah.

Keringanan Cicilan KPR Melalui Program Restrukturisasi

Source : Pinterest

Bekerja sama dengan perbankan, dalam hal ini Bank Tabungan Negara (Bank BTN), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan bantuan keringanan kepada para nasabah yang mengalami dampak dari terjadinya pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 lalu. Adapun bantuan keringanan dari OJK dan Bank BTN ini adalah subsidi bunga, termasuk bunga untuk cicilan KPR rumah. 

Sebagai bank penyalur kredit perumahan yang paling besar di Indonesia, Bank BTN memiliki program restrukturisasi kredit untuk keringanan cicilan KPR BTN. Wakil Direktur Utama Bank BTN, Nixon Napitupulu menyebutkan, pihaknya sudah mulai memberikan program restrukturisasi kredit tersebut sejak tahun 2020, dan sebagian besar nasabah Bank BTN yang terkena imbas dari pandemi telah memperoleh restrukturisasi ini. 

Nixon menambahkan, implementasi program restrukturisasi juga sudah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11. Bagi nasabah Bank BTN yang mengalami kesulitan membayar kredit KPR karena turut terkena dampak pandemi sejak tahun 2020, seperti mengalami PHK, bisa ikut serta dalam program keringanan cicilan KPR BTN. 

Baca juga: Cek Subsidi Pemerintah untuk KPR Bagi Kamu yang Punya Gaji Pas-Pasan

Syarat Mengajukan Keringanan Cicilan KPR Bank BTN

Source : Kompas

Sebelum mengajukan permohonan untuk mendapat keringanan cicilan KPR di Bank BTN, kamu sebaiknya menyiapkan semua dokumen yang wajib ada, seperti:

  • Salinan Kartu Identitas milik kamu dan pasangan yang masih berlaku.
  • Salinan Kartu Keluarga.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Surat Keterangan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau Penutupan Perusahaan.
  • Surat yang menyatakan bahwa bisnis telah ditutup untuk para pemilik bisnis.
  • Salinan paklaring.

Sementara itu, ketentuan untuk bisa mendapatkan keringanan cicilan KPR di bank yang wajib kamu perhatikan, di antaranya:

  • Kamu sedang mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya karena mengalami pemutusan hubungan kerja.
  • Pihak bank meyakini kamu dapat melakukan pelunasan setelah mendapat penangguhan.
  • Kamu tidak memiliki catatan atau riwayat kredit macet sebelumnya. 

Contoh Surat Permohonan Keringanan Kredit KPR BTN

Source : Scribd

Kamu bisa mencontoh surat permohonan keringanan atau restrukturisasi kredit yang ada pada gambar di atas. Format surat tersebut bisa untuk KPR konvensional maupun syariah dengan dukungan dokumen yang terkait KPR tersebut.

Baca juga: Memilih Waktu Cicilan KPR Rumah yang Ideal

Langkah-Langkah Mengajukan Permohonan Restrukturisasi Kredit KPR BTN

Source : Pinterest

Lalu, bagaimana cara mengajukan permohonan keringanan ini? Sebenarnya, caranya sangat mudah. Kamu dapat mengajukan permohonan keringanan cicilan KPR BTN dengan langsung mengunjungi kantor cabang Bank BTN yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggalmu. 

Namun, supaya lebih mudah dan pastinya lebih praktis, kamu juga bisa melakukan permohonan pengajuan untuk mendapat restrukturisasi kredit dari Bank BTN melalui online. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh formulir yang ada di situs resmi Bank BTN. Ada tiga formulir yang perlu kamu unduh, yaitu formulir restrukturisasi, formulir penghasilan, dan formulir yang menyatakan bahwa kamu memang ikut mendapatkan dampak pandemi. 
  • Selanjutnya, isilah formulir tersebut dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di setiap formulir yang sudah kamu isikan. 
  • Kemudian, kamu wajib untuk melakukan foto dan scan Kartu Identitas yang masih berlaku. Selain itu, scan pula formulir pernyataan program restrukturisasi, formulir penghasilan atau slip gaji, formulir yang menyatakan ikut terkena dampak pandemi, dan melakukan swafoto dengan memegang Kartu Identitas. 
  • Setelahnya, kamu dapat mendaftarkan diri supaya bisa mendapatkan keringanan cicilan KPR BTN. Caranya yaitu mengakses halaman rumahmurahbtn.co.id.
  • Sementara itu, formulir yang asli dan semua persyaratan lain yang wajib kamu sertakan bisa kamu kirimkan ke kantor Cabang Bank BTN terdekat. 
  • Pastikan alamat email, alamat rumah, nomor ponsel, dan nomor aplikasi WhatsApp dalam kondisi aktif. Sebab, petugas nantinya akan memberikan informasi yang berhubungan permohonan restrukturisasi kredit Bank BTN melalui kanal tersebut. 

Baca juga: Mengenal Apa itu Take Over KPR dan Cara Mengurusnya

Proses Wawancara dan Pengambilan Keputusan

Source : Suara.com

Setelah selesai melakukan permohonan pengajuan keringanan cicilan KPR BTN, kamu hanya perlu menunggu informasi dari pihak bank. Biasanya, bank akan melakukan wawancara singkat kepada nasabah yang mengajukan restrukturisasi kredit, baik secara offline di kantor cabang manapun online melalui telepon video.

1. Prosedur Wawancara

Ketika masuk pada tahapan wawancara, petugas biasanya akan menanyai kamu seputar alasan melakukan pengajuan untuk mendapatkan keringanan bunga dan cicilan KPR. Kamu harus menjawab semua pertanyaan dengan jujur, karena hal ini akan memengaruhi keputusan pihak petugas bank untuk menerima pengajuan yang kamu kirimkan. 

2. Pengambilan Keputusan

Setelahnya, pihak bank akan melakukan analisis lebih lanjut dan memberikan jawaban atas permintaan yang kamu ajukan setidaknya sekitar satu bulan. Ada tiga probabilitas keputusan yang nantinya kamu terima. Bisa jadi, bank akan menerima atau menolak permohonan keringanan. Namun, pihak bank juga mungkin akan menyarankan kamu untuk melakukan take over KPR rumah ke bank lainnya. 

Demikian tadi informasi tentang bagaimana cara mengajukan keringanan cicilan KPR BTN yang dapat kamu perhatikan. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Detik Finance


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Influxia Cluster dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download