3 Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan KPR BTN

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini ∙ January 24, 2023 ∙ 5 menit membaca

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan setiap bulan hingga jatuh tempo. Namun, terkadang ada kondisi yang membuat hal tersebut menjadi sulit dilakukan, seperti mengalami pemutusan hubungan kerja. Apabila kamu sedang berada pada posisi ini, kamu bisa mengajukan keringanan cicilan KPR BTN.

Dengan begitu, kamu tidak perlu cemas akan mengalami kredit macet dan membuat rumah impian masuk dalam program rumah lelang karena tidak bisa melakukan pembayaran bulanan. Lalu, bagaimana cara ikut serta dalam program keringanan cicilan KPR BTN ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Memilih Waktu Cicilan KPR Rumah yang Ideal

Mendapatkan Keringanan Cicilan KPR Melalui Program Restrukturisasi

(Pinterest)

Bekerja sama dengan perbankan, dalam hal ini Bank Tabungan Negara (Bank BTN), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan bantuan keringanan kepada para nasabah yang mengalami dampak dari terjadinya pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 lalu. Adapun bantuan keringanan dari OJK dan Bank BTN ini adalah subsidi bunga, termasuk bunga untuk cicilan KPR rumah. 

Sebagai bank penyalur kredit perumahan yang paling besar di Indonesia, Bank BTN memiliki program restrukturisasi kredit untuk keringanan cicilan KPR BTN. Wakil Direktur Utama Bank BTN, Nixon Napitupulu menyebutkan, pihaknya sudah mulai memberikan program restrukturisasi kredit tersebut sejak tahun 2020, dan sebagian besar nasabah Bank BTN yang terkena imbas dari pandemi telah memperoleh restrukturisasi ini. 

Nixon menambahkan, implementasi program restrukturisasi juga sudah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11. Bagi nasabah Bank BTN yang mengalami kesulitan membayar kredit KPR karena turut terkena dampak pandemi sejak tahun 2020, seperti mengalami PHK, bisa ikut serta dalam program keringanan cicilan KPR BTN. 

Baca juga: Cek Subsidi Pemerintah untuk KPR Bagi Kamu yang Punya Gaji Pas-Pasan

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Keringanan Cicilan KPR Bank BTN

(Kompas)

Sebelum mengajukan permohonan untuk mendapat keringanan cicilan KPR di Bank BTN, kamu sebaiknya menyiapkan semua dokumen yang wajib ada, seperti:

  • Salinan Kartu Identitas milik kamu dan pasangan yang masih berlaku.
  • Salinan Kartu Keluarga.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Surat Keterangan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau Penutupan Perusahaan.
  • Surat yang menyatakan bahwa bisnis telah ditutup untuk para pemilik bisnis.
  • Salinan paklaring.

Sementara itu, ketentuan untuk bisa mendapatkan keringanan cicilan KPR di bank yang wajib kamu perhatikan, di antaranya:

  • Kamu sedang mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya karena mengalami pemutusan hubungan kerja.
  • Pihak bank meyakini kamu dapat melakukan pelunasan setelah mendapat penangguhan.
  • Kamu tidak memiliki catatan atau riwayat kredit macet sebelumnya. 

Langkah-Langkah Mengajukan Permohonan Restrukturisasi Kredit KPR BTN

(Pinterest)

Lalu, bagaimana cara mengajukan permohonan keringanan ini? Sebenarnya, caranya sangat mudah. Kamu dapat mengajukan permohonan keringanan cicilan KPR BTN dengan langsung mengunjungi kantor cabang Bank BTN yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggalmu. 

Namun, supaya lebih mudah dan pastinya lebih praktis, kamu juga bisa melakukan permohonan pengajuan untuk mendapat restrukturisasi kredit dari Bank BTN melalui online. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh formulir yang ada di situs resmi Bank BTN. Ada tiga formulir yang perlu kamu unduh, yaitu formulir restrukturisasi, formulir penghasilan, dan formulir yang menyatakan bahwa kamu memang ikut mendapatkan dampak pandemi. 
  2. Selanjutnya, isilah formulir tersebut dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di setiap formulir yang sudah kamu isikan. 
  3. Kemudian, kamu wajib untuk melakukan foto dan scan Kartu Identitas yang masih berlaku. Selain itu, scan pula formulir pernyataan program restrukturisasi, formulir penghasilan atau slip gaji, formulir yang menyatakan ikut terkena dampak pandemi, dan melakukan swafoto dengan memegang Kartu Identitas. 
  4. Setelahnya, kamu dapat mendaftarkan diri supaya bisa mendapatkan keringanan cicilan KPR BTN. Caranya yaitu mengakses halaman rumahmurahbtn.co.id.
  5. Sementara itu, formulir yang asli dan semua persyaratan lain yang wajib kamu sertakan bisa kamu kirimkan ke kantor Cabang Bank BTN terdekat. 
  6. Pastikan alamat email, alamat rumah, nomor ponsel, dan nomor aplikasi WhatsApp dalam kondisi aktif. Sebab, petugas nantinya akan memberikan informasi yang berhubungan permohonan restrukturisasi kredit Bank BTN melalui kanal tersebut. 

Baca juga: Mengenal Apa itu Take Over KPR dan Cara Mengurusnya

Proses Wawancara dan Pengambilan Keputusan

(Suara.com)

Setelah selesai melakukan permohonan pengajuan keringanan cicilan KPR BTN, kamu hanya perlu menunggu informasi dari pihak bank. Biasanya, bank akan melakukan wawancara singkat kepada nasabah yang mengajukan restrukturisasi kredit, baik secara offline di kantor cabang manapun online melalui telepon video.

Prosedur wawancara

Ketika masuk pada tahapan wawancara, petugas biasanya akan menanyai kamu seputar alasan melakukan pengajuan untuk mendapatkan keringanan bunga dan cicilan KPR. Kamu harus menjawab semua pertanyaan dengan jujur, karena hal ini akan memengaruhi keputusan pihak petugas bank untuk menerima pengajuan yang kamu kirimkan. 

Pengambilan keputusan

Setelahnya, pihak bank akan melakukan analisis lebih lanjut dan memberikan jawaban atas permintaan yang kamu ajukan setidaknya sekitar satu bulan. Ada tiga probabilitas keputusan yang nantinya kamu terima. Bisa jadi, bank akan menerima atau menolak permohonan keringanan. Namun, pihak bank juga mungkin akan menyarankan kamu untuk melakukan take over KPR rumah ke bank lainnya. 

Demikian tadi informasi tentang bagaimana cara mengajukan keringanan cicilan KPR BTN yang dapat kamu perhatikan. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Detik Finance


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Influxia Cluster dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia