BlogPemilik PropertiDesain HunianBerbagai Macam Sanitair Kamar Mandi atau Toilet
0
0

Berbagai Macam Sanitair Kamar Mandi atau Toilet

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 9, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
sanitair kamar manditop-right-banner

Kamar mandi merupakan sebuah ruangan yang membutuhkan berbagai macam sanitair. Sesuai fungsinya, kamar mandi sebagai ruang untuk mandi dan membuang air maka material sanitair kamar mandi lebih berfungsi sebagai alat dalam melakukan aktivitas tersebut.

Dengan memiliki sanitair yang lengkap, akan membuat kamar mandi kamu semakin nyaman digunakan. Kamar mandi yang nyaman mencerminkan rumah yang nyaman juga. Senyaman rumah yang ada di perumahan Bali Resort Tangerang, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga: Tips Menghemat Air

10 Macam Sanitair Kamar Mandi

Berbicara tentang sanitair kamar mandi, ada beragam komponen yang memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan. Inilah dia sepuluh jenis sanitair kamar mandi yang perlu Pins kenali.

1. Kloset

Source : Suara.com

Sanitair ini berfungsi sebagai tempat untuk pembungan air besar. Ada berbagai macam jenis kloset yang mempunyai bentuk, ukuran serta warna masing-masing. Namun secara keseluruhan tipe kloset dapat dibedakan menjadi kloset jongkok dan kloset duduk. Bagi yang menginginkan tampak toilet yang bersih penggunaan closet duduk akan lebih baik namun tidak semua nyaman dalam menggunakan kloset duduk sehingga dapat menggunakan kloset jongkok.

2. Urinoir

Source : Daftar Harga dan Tarif 2022

Urinoir, yang juga dikenal sebagai tempat pemberian air kecil khusus untuk pria, merupakan salah satu komponen penting dalam fasilitas toilet umum khusus pria. Sanitair ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam proses pembuangan air kecil.

Pins sering menjumpai urinoir di berbagai tempat umum seperti pusat perbelanjaan, stasiun, dan restoran, menjadikannya bagian penting dari infrastruktur sanitasi modern. Urinoir memungkinkan para pengguna toilet untuk melakukan tindakan sederhana ini dengan lebih cepat dan lebih efisien daripada menggunakan toilet konvensional.

3. Bak Mandi

Bak mandi memiliki peran penting sebagai wadah penyimpanan air di dalam ruang mandi, dan terdapat beragam pilihan bahan yang dapat digunakan untuk membuatnya. Material yang sering digunakan mencakup pasangan dinding dari batu bata atau beton dengan finishing aci, pilihan keramik yang elegan, bak mandi fiberglass yang ringan dan praktis. Serta bahkan bak mandi tipe ember yang unik.

4. Wastafel

Source : Freepik

Siapa tidak tahu wastafel? Sanitair kamar mandi yang ini berfungsi sebagai bak cuci tangan, yang dapat diletakan didalam kamar mandi atau di luar ruangan dekat dengan kamar mandi. Wastafel, sebuah elemen sanitasi yang tak asing lagi bagi semua orang. Fungsinya yang tak tergantikan sebagai tempat mencuci tangan membuatnya menjadi salah satu peranti kamar mandi yang penting.

Wastafel dapat ditempatkan baik di dalam ruang kamar mandi itu sendiri atau di lokasi terdekat yang mudah dijangkau dari kamar mandi. Ini adalah sebuah elemen yang memainkan peran krusial dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak hanya dalam konteks kamar mandi. Tetapi juga dalam berbagai situasi lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari, wastafel menjadi penunjang utama dalam menjalankan praktik cuci tangan yang higienis.

5. Kran air

Pentingnya penyelesaian instalasi saluran pipa, terutama saat berkaitan dengan kran air, tidak dapat diabaikan. Kran air merupakan komponen penting dalam memastikan aliran air yang efisien, serta memberikan sentuhan estetika yang menawan dalam ruangan.

Agar instalasi saluran pipa ini dapat memenuhi kebutuhan dengan baik, sangat diperlukan penggunaan bahan penutup yang sesuai di ujung-ujungnya. Tidak hanya berfungsi untuk memudahkan penggunaan, tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang mempercantik ruangan.

Baca juga: Ide Desain untuk Ukuran Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Luas

6. Floor Drain

Source : Grid.ID

Floor drain, atau lebih dikenal dengan saluran lantai, memiliki peran vital dalam menjaga saluran pembuangan air di kamar mandi tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Fungsinya sebagai penyaring dalam sistem pembuangan air membuatnya menjadi salah satu elemen terpenting dalam desain kamar mandi.

Floor drain umumnya ditempatkan di sudut ruangan, namun penempatannya sebaiknya dipertimbangkan dengan cermat. Salah satu opsi yang sering dipilih adalah menempatkan floor drain di antara pertemuan nadir keramik. Hal ini tidak hanya memberikan tampilan yang estetis, tetapi juga memastikan bahwa air yang mengalir ke floor drain dapat diolah dengan maksimal.

7. Cermin

Penggunaan cermin dalam sebuah kamar mandi sebaiknya dipilih dari jenis cermin yang tahan terhadap air, perletakan cermin dapat dipadukan diatas wastafel sehingga dapat saling melengkapi fungsinya serta membuat keindahan kamar mandi.

Baca juga:

8. Shower

Source : Kompas

Sanitair kamar mandi yang satu ini ini berfungsi sebagai saluran ujung air yang digunakan untuk menyemprotkan air untuk mandi, shower dapat diletakkan menempel pada dinding dengan ketinggian diatas kepala.

9. Aksesoris toilet

Berbagai macam aksesoris toilet lainya seperti gantungan handuk, tempat sikat gigi, tempat sabun, gantungan handuk dan sebagainya, penempatan aksesoris toilet ini sebaiknya dilakukan setelah pekerjaan finishing kamar mandi atau toilet.

10. Bidet

Source : Tushy

Bidet, yang saat ini masih jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia, berperan sebagai perangkat sanitasi yang memfasilitasi proses buang air kecil, terutama untuk wanita. Biasanya, bidet dipasang sejajar dengan wastafel atau kloset, dan kesadaran akan manfaatnya semakin meningkat di tengah masyarakat modern.

Itulah beberapa macam sanitair yang wajib Pins ketahui.

Baca juga:

Featured Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download