BlogPemilik PropertiDesain HunianJenis Kloset Leher Angsa Serta Kelebihannya
0
0

Jenis Kloset Leher Angsa Serta Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
kloset leher angsa fwctop-right-banner

Pernah mendengar jenis kloset leher angsa, Pins? Leher angsa adalah istilah untuk bagian leher kloset yang melengkung. Walaupun tak terlihat dari luar, tetapi fungsi leher angsa pada kloset sangat penting. 

Berkat leher angsa, kotoran tidak akan meluap ataupun membalik saat sudah dibuang oleh air. Untuk itulah, jenis kloset leher angsa cenderung tidak bau dibandingkan jenis jamban lainnya seperti Pit Privy (cubluk) maupun Overhung Latrine

Sebelum mengenal lebih jauh tentang jenis kloset ini, coba simak dulu fitur unggulan Pinhome. Salah satunya tersedia fitur Kalkulator KPR untuk mengetahui lebih jauh tentang perhitungan KPR. Tersedia pula layanan pencarian yang membantu menemukan informasi rumah second di Bekasi seperti Orchard Village hingga rumah dijual di Jagakarsa yang dekat dengan Stasiun Universitas Pancasila

Beragam Jenis Kloset Leher Angsa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem leher angsa sering ditemukan pada kloset jongkok. Bahkan, saluran ini termasuk perangkat standar pada kloset duduk untuk mencegah berkembangnya serangga sebagai vektor penyakit. 

Apabila kamu ingin mencari jenis kloset satu ini, berikut ini beragam jenis kloset jongkok leher angsa terbaik yang dapat kamu pilih. 

1. Kloset Jongkok Leher Angsa FWC

kloset leher angsa fwc
Source : FWC

FWC alias Feel Well Ceramics adalah perusahaan toilet yang mengusung misi sosial untuk memberantas buang air besar sembarangan di Indonesia. Nah, perusahaan ini membuat kloset jongkok leher angsa terbaik dengan desain ergonomis mengikuti lebar bahu dan kaki manusia dalam posisi kuda-kuda. 

Hasilnya, Pins akan merasa lebih nyaman saat jongkok maupun saat kembali berdiri. Selain itu, kloset jongkok FWC terbuat dari formulasi lapisan aktif higienis yang membuat kotoran tidak lengket dan tidak bau. Sistem ini menjadikan kloset selalu bersih dan terhindar dari pertumbuhan bakteri. 

2. Kloset Jongkok Leher Angsa Triliunware

kloset leher angsa triliunware
Source : Triliunware

Jenis kloset leher angsa berikutnya dari Triliunware. Modelnya yang elegan terbuat dari keramik berkualitas tinggi dengan glasur lebih tebal dan mengkilap.

Pins tetap dapat membuat tampilan kamar mandi lebih cantik meskipun memakai tipe kloset jongkok. Kelebihan lain dari toilet jongkok ini lebih hemat air. Pins hanya perlu 3 kali bilas dengan gayung maka kotoran sudah hilang.

Penggunannya juga nyaman berkat body-nya yang lebar. Kloset jongkok dari Triliunware sudah berstandar SNI dan bisa ditemukan dengan harga yang terjangkau. 

3. Kloset Jongkok American Standard Rapi Ex

Kloset Jongkok American Standard Rapi Ex
Source : Archify

Apakah kamu ingin kloset leher angsa berkualitas tinggi dengan desain modern dan elegan? Maka kloset dari American Standard bertipe Rapi Ex CWR012N1-1CACT0000 bisa jadi pilihan. Terbuat dari bahan berkualitas dengan sistem pembuangan leher angsa menjadikan kloset ini lebih awet dan tidak mudah mampet. 

Desainnya yang smart memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Kloset jongkok berbahan keramik ini memiliki sentuhan elegan cocok untuk kamar mandi bergaya minimalis. 

4. Jenis Kloset Leher Angsa Toto

Jenis Kloset Leher Angsa Toto
Source : Shopee

Selain American Standard, Toto juga memiliki jenis kloset leher angsa dengan kualitas terbaik di kelasnya. Terbuat dari material full keramik berkualitas menjadikan kloset ini memiliki daya tahan yang kuat serta lebih awet. 

Menariknya, kloset leher angsa Toto bertipe CE 6 ini bisa dipasang pada kamar mandi lantai 2. Dari tampilannya memiliki warna yang cantik dan tidak pudar serta tidak mudah mengelupas. Pins bisa menemukan kloset leher angsa dari Toto di toko sanitary, hardware, maupun e-commerce kesayanganmu. 

5. Kloset Leher Angsa Genio

kloset leher angsa genio
Source : Tokopedia

Kalau ingin kloset dengan sistem pembuangan leher angsa yang lebih murah, maka coba pilih Genio. Walaupun murah, kloset ini memiliki kualitas yang cukup baik. Pins juga bisa lebih hemat air yang tak perlu menyiram berkali-kali supaya kotoran dapat menghilang. 

Baca juga: 12 Rekomendasi Merk Closet Jongkok Terbaik

Kelebihan Kloset Leher Angsa

kloset leher angsa
Source : Dinkes Prov Sumut

Untuk membedakannya dengan jenis lainnya, leher angsa memiliki saluran berbentuk huruf U mirip leher angsa pada bawah dudukannya. Saluran ini berguna sebagai penampungan air yang mencegah supaya bau kotoran atau binatang kecil dapat keluar.  Biasanya, leher angsa ditemukan pada jenis kloset jongkok yang dianjurkan dalam kesehatan lingkungan.

Jika dilihat dari fungsinya, leher angsa memiliki banyak sekali kelebihan dan sangat dibutuhkan pada sistem pembuangan kamar mandi. Pins dapat membuat sendiri leher angsa ini atau bisa juga sudah termasuk 1 paket saat membeli kloset.  Berikut ini sederet kelebihan kloset leher angsa:  

  • Bentuk leher angsa di lubang pembuangannya yang dirancang melengkung ke kanan lalu ke kiri semakin dalam dapat menghalangi bakteri dan mikroba yang keluar dari tinja. 
  • Pada leher angsa terdapat air yang berfungsi untuk mencegah bau. 
  • Serangga atau binatang kecil seperti lalat dan kecoa, tidak mudah masuk sehingga toilet tetap bersih. 
  • Tidak memerlukan air untuk menggelontor kotoran.
  • Pins tidak perlu menutup lubang jamban karena sudah ada sekat air guna mencegah masuknya serangga dan menghalau bau tidak sedap dari bak penampung kotoran
  • Mendukung toilet bersih dan sehat karena leher angsa sudah dilengkapi dengan septic tank yang membuat kotoran tidak mencemari lingkungan sekitar.
  • Modelnya juga lebih bervariasi baik untuk model jongkok maupun duduk disesuaikan dengan desain kamar mandi

Bayangkan jika kloset tidak berbentuk leher angsa maka bakteri dari kotoran keluar dari septic tank. Alhasil, penyakit yang berasal dari bakteri tersebut pun tak bisa dihindarkan lagi. 

Baca juga: 12 Merk Jet Shower Toilet Terbaik

Kekurangan Kloset Leher Angsa

kelebihan leher angsa
Source : Dinkes Prov Sumut

Meski memiliki sederet kelebihan, Pins juga harus tahu bahwa kloset leher angsa juga memiliki kekurangan. Secara umum, sistem mekanis kloset jongkok leher angsa hanya mengandalkan pipa sehingga hanya dapat bertahan hingga 10 tahun saja.

Pemasangannya juga perlu ditanam di lantai kamar mandi atau bisa juga dibuatkan panggungan untuk tempat menanamnya. Berbeda dengan jenis kloset duduk yang umumnya hanya perlu diletakan begitu saja tanpa perlu menanam. 

Harganya juga relatif lebih mahal daripada jenis kloset lainnya. Hal ini ditengarai teknologi yang digunakan lumayan rumit dan modern sehingga membutuhkan keahlian tersendiri.

Demikian penjelasan mengenai jenis kloset leher angsa beserta sederet kelebihan dan kekurangan yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memutuskan memilih kloset terbaik untuk kamar mandimu, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download