BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Memasang Kloset Jongkok dengan Mudah
0
0

Cara Memasang Kloset Jongkok dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara memasang kloset jongkoktop-right-banner

Cara memasang kloset jongkok ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Kamu bahkan bisa memasang kloset jongkok sendiri di rumah tanpa menggunakan jasa tukang bangunan. Meski terlihat kuno, masih banyak orang yang menggunakan kloset jongkok di rumah.

Sebagian orang mungkin sudah beralih ke kloset duduk dan tidak lagi menggunakan kloset jongkok. Namun, beberapa pertimbangan juga membuat seseorang masih memilih untuk menggunakan kloset jongkok. Baik karena harganya yang lebih terrjangkau, atau faktor kenyamanan.

Jika kamu ingin menggunakan kloset jongkok, kamu bisa memasangnya sendiri di rumah, lho! Penasaran bagaimana cara memasang kloset jongkok? Simak langkah-langkah berikut ini!

Baca juga: Desain WC Jongkok Modern

Cara Memasang Kloset Jongkok

Cara Memasang Kloset Jongkok
Source : Kompasiana.com

Agar kamar mandi dan toilet lebih rapi, simak cara memasang kloset jongkok dengan baik berikut ini:

Pasang Instalasi Pipa PVC

cara memasang kloset jongkok
Source : Pinterest.com

Pertama, pasang terlebih dahulu instalasi pipa pvc yang digunakan sebagai saluran pembuangan. Pipa yang bisa digunakan minimal berukuran 4” dengan ujung pipa yang terhubung dengan closet jongkok adalah lurus saja tanpa sambungan.

Baca juga: Simak, Cara Membuat Rumah Raman Lingkungan

Tentukan Posisi Kloset Jongkok

Buat gambar pemasangan keramik lantai kamar mandi dan dinding. Tentukan posisi closet jongkok berada di antara nad keramik yang simetris misalnya diperempatan keramik atau ditengah badan keramik.

Buat Marking dan Positioning

Cara Memasang Kloset Jongkok
Source : Keramiklantairumah.com

Ciptakan marking atau pengukuran posisi closet jongkok di ruang toilet sesuai dengan gambar kerja yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan posisi ujung pipa berada pada posisi tengah closet jongkok yang telah direncanakan dan dilakukan pengukuran.

Baca juga: Tips Membuat Desain Kamar Mandi Anak

Buat Adukan Beton dan Ukur Kedatarannya

Buat adukan beton dengan campuran 1 semen : 3 pasir untuk membuat dudukan closet dan membuat cekungan pada ujung pipa. Sesuai dengan bentuk kloset jongkok yang akan dipasang. Dalam posisi adukan yang belum mengering lakukan peletakan closet jongkok pada posisi yang tepat. Ukur kedataran kloset jongkok dengan water pass.

Pasang Kloset Jongkok

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang kamu bisa mulai memasang kloset jongkok. Sebagai langkah pertama, kamu bisa memulainya dengan membuat kotakan sebagai dinding penahan kloset jongkok.

Ukuran kotakan disesuaikan dengan ukuran kloset jongkok yang akan dipasang. Kotakan ini bisa kamu buat dengan menggunakan campuran semen dan batu bata atau campuran semen dan batako.

Setelah kotakan selesai, mulailah pasang kloset jongkok dan tunggu beberapa hari hingga kloset kering sepenuhnya. Terakhir, pasanglah keramik di sekeliling kloset jongkok untuk membuat tampilan kloset semakin rapi.

Demikian cara memasang closet jongkok yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pekerjaan toilet rumah yang rapi, bersih, indah. Tentunya, akan lebih nyaman untuk digunakan dalam menjalankan berbagai aktifitas di kamar mandi.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download