BlogPemilik Properti5 Tips Mengelola Properti Warisan Agar Cuan Terus
0
0

5 Tips Mengelola Properti Warisan Agar Cuan Terus

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 17, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Mengelola Properti Warisantop-right-banner

Properti warisan orang tua berupa tanah atau bangunan merupakan modal investasi yang bagus. Namun kamu perlu mengelolanya dengan baik agar mendatangkan manfaat dan cuan. Berikut beberapa tips mengelola properti warisan agar cuan terus. 

Jika properti yang diwariskan berupa rumah dan kamu belum punya rumah, maka cara mengelola paling tepat adalah menempatinya. Namun langkah ini tentu tidak menghasilkan cuan. Properti warisan akan menghasilkan uang jika kamu juga punya rumah sendiri sehingga properti itu disewakan dan sebagainya. 

Kamu yang ingin membeli rumah eksklusif dari Pinhome seperti New Abaya Village atau rumah di BSD bisa membuka Pinhome. Kamu juga bisa menjual rumah bekas di Kec Tangerang melalui Pinhome.

Baca juga: Cara Menghitung BPHTB Tanah Warisan Serta Contohnya

Apa Itu Properti Warisan?

tips mengelola properti warisan
Source : iStock

Properti warisan merupakan bagian dari harta warisan yang berbentuk properti baik tanah atau rumah. Menurut Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham, harta warisan adalah harta peninggalan orang tua kepada anak berupa hak dan kewajiban yang dapat dinilai dengan uang. 

Artinya, harta warisan merupakan harta peninggalan yang diberikan kepada ahli waris atau keluarga ketika seseorang meninggal. Pembagian harta warisan biasanya didasarkan pada hubungan darah, pernikahan, persaudaraan, hingga hubungan kerabat. 

Lebih lanjut, dalam pembagian harta warisan, para pihak ahli waris bisa menentukan tata cara pembagian warisan berdasarkan bentuk pilihan hukum yang telah disepakati bersama. Bagi yang beragama Islam, sudah ada panduan lengkap dalam ajaran agama terkait pembagian warisan ini. 

Ada beberapa bentuk pilihan hukum yang umumnya tersedia, di antaranya hukum perdata, hukum Islam, dan hukum adat. Dalam agama Islam sendiri, biasanya pembagian harta warisan disesuaikan dengan hukum yang berlaku berdasarkan Al-Quran dan Hadits.

Pembagian warisan didasarkan pada hukum waris, yaitu hukum yang mengatur mengenai kekayaan seseorang setelah ia meninggal dunia serta mengenai bagaimana pemindahan kekayaan seseorang setelah ia meninggal. Terdapat tiga unsur pada harta warisan, yaitu adanya pewaris, adanya ahli waris, dan harta warisan. 

Adanya hukum waris bertujuan agar di antara ahli waris atau pihak-pihak yang ditinggalkan tidak terjadi perselisihan dalam membagikan harta yang ada. Harta warisan dibagikan jika memang orang yang meninggal dunia meninggalkan harta yang berguna bagi orang lain.

Baca juga: Begini Cara Mengurus Tanah Warisan yang Belum Bersertifikat

Tips Mengelola Properti Warisan

tips mengelola properti warisan
Source : iStock

Properti yang diwariskan orang tua tentu bisa menambah pendapatan jika dikelola dengan baik. Terlebih properti itu berupa tanah luas atau bangunan besar di lokasi strategis yang memiliki daya tawar yang tinggi. 

Namun demikian, untuk mendapatkan keuntungan dari properti warisan ini juga bukan perkara mudah. Untuk itu kamu bisa mengikuti beberapa tips mengelola properti warisan berikut ini agar mendapatkan cuan. 

1. Evaluasi Properti dengan Teliti

Sebelum memutuskan untuk menjual atau menyewakan properti warisan, lakukan evaluasi dengan teliti. Periksa kondisi struktural bangunan, kelengkapan dokumen, dan nilai properti di pasar saat ini. Jika diperlukan, kamu bisa menggandeng ahli properti atau penilai independen untuk mendapatkan pandangan profesional mengenai nilai properti.

Penting juga untuk memeriksa status hukum properti, termasuk keberadaan utang atau beban lain yang mungkin ada. Pemahaman mendalam tentang kondisi properti akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih baik mengenai pengelolaan warisan ini.

2. Renovasi Jika Diperlukan

Pertimbangkan untuk melakukan perbaikan atau renovasi pada properti tersebut untuk meningkatkan daya tariknya. Terlebih jika kamu ingin menjual, renovasi penting agar daya jual meningkat berdasarkan prinsip dan strategi home staging

Bagaimanapun, perhatikan anggaran yang telah kamu tetapkan dan pastikan bahwa investasi yang dilakukan akan mendatangkan keuntungan yang sebanding. Renovasi yang cerdas dapat meningkatkan daya tarik properti dan mengoptimalkan potensi cuan.

Baca juga: Cara Mengurus Sertifikat Tanah Warisan, Begini Tahapannya!

3. Tentukan Strategi Pemasaran

tips mengelola properti warisan
Source : iStock

Ketika sudah siap untuk menjual atau menyewakan properti, tentukan strategi pemasaran yang tepat. Identifikasi target pasar dan gunakan saluran pemasaran yang efektif. 

Jika properti cocok untuk disewakan kepada mahasiswa, misalnya, pertimbangkan untuk beriklan di dekat kampus atau melalui platform online yang populer di kalangan mereka.

Strategi pemasaran dan iklan properti yang baik mencakup foto-foto berkualitas tinggi, deskripsi properti yang menarik, dan informasi yang jelas tentang harga atau biaya sewa. Ini akan membantu menarik perhatian calon pembeli atau penyewa potensial.

4. Manajemen Properti Profesional

Jika kamu tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk mengelola properti secara langsung, pertimbangkan untuk menggunakan jasa manajemen properti profesional. Manajer properti akan mengurus penyewaan, pemeliharaan rutin, dan berurusan dengan isu-isu sehari-hari.

Memang manajemen profesional memerlukan biaya tambahan yang harus kamu keluarkan. Namun manfaatnya dapat terasa jauh lebih besar terutama jika kamu memiliki properti yang membutuhkan perhatian dan pemeliharaan secara reguler.

5. Pahami Kewajiban Pajak dan Hukum

Pengelolaan properti warisan juga berarti memahami kewajiban pajak dan hukum yang terkait. Pastikan kamu telah membayar semua pajak properti yang sesuai dengan peraturan setempat. Selain itu, pahami aturan sewa yang berlaku dan pastikan kontrak sewa sesuai dengan peraturan tersebut.

Konsultasikan dengan ahli pajak atau pengacara untuk memastikan bahwa kamu memahami sepenuhnya implikasi pajak dan hukum yang dapat mempengaruhi pengelolaan properti warisan. Kesalahan di bidang ini dapat berakibat pada kerugian finansial dan masalah hukum yang serius.

Itulah beberapa tips mengelola properti warisan dengan tepat yang bisa menghasilkan cuan terus menerus. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download