BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Ruangan Multifungsi Keren dan Efektif
0
0

10 Ide Desain Ruangan Multifungsi Keren dan Efektif

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi rumah mungil, untuk mengakomodasi satu per satu ruangan tersebut tentu tidaklah mungkin. Oleh karena itu Pins bisa menyiasatinya dengan membuat desain ruangan multifungsi. Dengan mendesain ruangan multifungsi, satu ruangan bisa memiliki lebih dari satu fungsi.

Seperti halnya rumah bekas di Kec Bandung Kidul misalnya Grand Sharon Residence atau rumah baru di Kabupaten Bekasi di sekitar Lippo Cikarang yang mempunyai banyak ruangan multifungsi. Gunakan aplikasi Pinhome dan manfaatkan fitur PinValue untuk menemukan rumah impian sesuai budget yang dimiliki.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Desain Rumah Sederhana

Ide Desain Ruangan Multifungsi

Rumah yang mungil bukan berarti Pins tidak bisa menghadirkan rumah yang sehat, indah, dan nyaman bagi para penghuninya. Aspek kesehatan, keindahan serta kenyamanan memang menjadi unsur penting yang harus diwujudkan pada rumah hunian.

Hanya saja keterbatasan lahan menimbulkan tantangan tersendiri dalam menciptakan hal tersebut. Khususnya bagaimana menata ruangan-ruangan yang berukuran kecil namun tetap berfungsi optimal. Apalagi ketika jumlah penghuni rumah semakin bertambah seiring dengan kelahiran anak. Pastinya kebutuhan jumlah ruangan juga ikut bertambah pula. Berikut beberapa contoh desain ruang multifungsi berikut ini!

1. Menggabungkan Kamar dan Tempat Kerja

desain ruangan multifungsi
Source : Shutterstock

Desain ruang multifungsi ini memiliki konsep yang unik dan inovatif dengan menggabungkan tempat tidur, tempat bekerja, dan ruangan bersantai menjadi satu. Dengan begitu, ruangan yang terbatas tidak lagi menjadi masalah dan membuat hunian lebih efisien.

Selain itu, ada juga ayunan yang bisa dipakai sebagai alternatif untuk menghilangkan bosan dan memperkaya pengalaman hunian. Ini merupakan solusi yang sangat baik bagi mereka yang ingin memiliki hunian yang nyaman dan tidak membosankan.

Baca juga : 9 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

2. Loteng Menjadi Kamar Tidur

desain ruangan multifungsi
Source : Shutterstock

Loteng dapat dimanfaatkan sebagai solusi untuk menghemat ruang pada rumah dengan menjadikannya sebagai tempat tidur. Sebelum membuat kamar tidur di loteng, pastikan untuk memasang kipas dan sistem ventilasi yang baik agar udara tetap terasa sejuk dan tidak panas. Dengan demikian, loteng dapat menjadi pilihan yang efisien dan nyaman untuk tempat tidur.

3. Menggunakan Kasur Lipat

kasur lipat
Source : City Matress

Keuntungan utama dari kasur lipat adalah fleksibilitas dan kompak. Kasur ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan,seperti sebagai tempat tidur tamu, tempat tidur sementara saat perjalanan, atau sebagai solusi tambahan saat kekurangan tempat tidur.

4. Menggabungkan Ruang Tamu dan Tempat Kerja

desain ruangan multifungsi
Source : Shutterstock

Desain ini menampilkan warna putih dan biru. Ruang kerja rumah terletak di ruang tamu dan terdapat juga ruang fotokopi. Desain ini sangat cocok bagi Pins yang bekerja dari rumah.

Baca juga: 8 Rumah Lelang BTN di Bandung dari Pinhome

5. Dapur Menyatu dengan Ruang Tamu

desain ruangan multifungsi
Source : Shutterstock

Ruang interior sempit tidak menjadi halangan untuk menciptakan ruang tamu yang indah dan modern. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkan sekat antara ruang tamu dan dapur, sehingga tercipta ruangan yang multifungsi. Tambahkan elemen cahaya pada dinding, pilih warna cerah yang serasi, dan manfaatkan pojok dinding untuk membuat ruang tambahan. Dengan langkah-langkah tersebut, ruang tamu akan terlihat lebih menarik dan penggunaan ruang yang lebih efisien.

6. Manfaatkan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Source : Pxhere

Alternatif ruangan yang bisa digabung misalnya ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan, ruang dapur dengan ruang makan. Untuk membedakan masing – masing fungsi ruang, Pins bisa menggunakan partisi.

Namun demikian sebisa mungkin Pins meminimalisasi penggunaan partisi serta menghindari partisi yang bersifat permanen. Pins bisa menggunakan partisi dari kaca atau lemari yang bisa digunakan bolak – balik. Selain itu, partisi bisa diganti dengan membedakan furnitur pada setiap ruangan ataupun membedakan warna antara ruangan.

7. Pakai Furnitur Multifungsi

Mendesain Ruangan Multifungsi
Source : Arsitek Jogja

Untuk mengoptimalkan fungsi, sebaiknya Pins menggunakan furniture yang multifungsi. Misalnya meja makan serta tempat tidur yang bagian kolongnya dilengkapi dengan laci penyimpanan atau bisa juga menggunakan sofa bed.

Sofa ini jika dilipat akan menjadi kursi namun bila diluruskan akan menjadi tempat tidur. Untuk tempat penyimpanan, Pins bisa memanfaatkan bagian – bagian kosong di dalam rumah seperti di bawah wastafel atau di bawah tangga. Ruangan di bawah tangga bisa pula dipakai sebagai tempat kerja maupun dapur mini.

Baca juga: 8 Barang Idaman untuk Wujudkan Rumah Impian

8. Manfaatkan Warna Cerah Untuk Pencahayaan

Source : Dala Decor

Perhatikan pula dalam pemilihan warna ruangan. Warna-warna cerah sangat disarankan untuk mendesain ruangan multifungsi. Selain itu, warna hijau, putih, atau merah juga bisa digunakan. Warna cerah mampu memanfaatkan masuknya cahaya ke dalam ruangan sehingga lebih menghemat pemakaian lampu.

Untuk menciptakan kesan yang luas pada ruangan, gunakan aksesoris ruangan yang simpel dan berukuran kecil. Hindari memajang terlalu banyak perabot karena akan membuat ruangan terasa semakin sempit.

9. Gunakan Rak Tersembunyi

Source : The Red Closet Diary

Rak tersembunyi dibuat dari sudut dinding sisa atau dinding yang sengaja didesain menjorok ke dalam. Fungsinya sebagai tempat menaruh buku atau dekorasi ruang santai lainnya. Susun buku didalamnya atau letakan pajangan di dalamnya.

10. Konsep Mezzanine

Source : Archdaily

Lantai mezzanine adalah lantai tambahan yang terletak di bagian tengah ruangan. Konsep desain ruangan ini sering diterapkan pada apartemen studio. Kamu bisa membuat tangga menuju ruang tidur pada tengah ruangan lalu lantai dasarnya difungsikan sebagai dapur, kamar mandi dan ruang tamu.

Desain ruangan multifungsi memang tidak sekedar bisa dijadikan banyak aktivitas. Namun harus didukung pula oleh kondisi ruangan serta keberadaan furnitur yang memadai. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya kondisi ruangan masih baik, memiliki bukaan yang cukup serta mampu mendukung mobilitas para penghuni rumah secara leluasa.

Baca juga : Tips Memilih Furnitur Kamar Tidur

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ruma Priva dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download