BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Cara Menata Ruangan Kamar Sempit Menjadi Luas
0
0

20 Cara Menata Ruangan Kamar Sempit Menjadi Luas

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 14, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dekorasi kamar sederhana dapat terwujud dengan niat dan biaya yang telah diperhitungkan. Jika ingin lakukan penataan kamar tidur namun luas ruangan kamar tak cukup luas, kamu tak perlu khawatir Pins! Kamu bisa mengetahui cara menata ruangan kamar sempit menjadi terlihat luas, nyaman dan tetap estetik.

Sementara untuk menemukan aneka properti di Indonesia gunakan saja aplikasi Pinhome. Tersedia pula Kalkulator KPR untuk memahami KPR lebih dalam. Pinhome juga menampilkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Green Paradise City atau hunian yang dekat dengan Pasar Pakuan Bogor hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Cara Menata Ruangan Kamar Sempit

Dengan kamar yang nyaman, pastinya menambah kualitas tidur dan istirahat seseorang. Tak perlu bingung dan khawatir dengan luas ruangan yang tak cukup besar. Kamu tetap bisa menata kamar sempit menjadi terlihat luas dan nyaman.

Nah, untuk kamu yang miliki ruang kamar dengan luas yang tergolong sempit, ini dia cara menata ruangan kamar yang sempit agar tetap terlihat luas!

1. Pilih Warna Cerah dan Senada Pada Ruangan

cara menata ruangan kamar yang sempit
Source : Interior Fun

Salah satu cara untuk menata atau mendekorasi kamar tidur sempit adalah dengan memilih warna cat dinding yang cerah dan senada dengan furniture lainnya. Pins dapat memilih warna yang cerah seperti putih tulang, broken white, dan putih susu agar memberikan kesan yang lapang pada sebuah ruangan.

Jangan kelewatan juga untuk memilih berbagai perabotan atau furniture dengan warna yang senada. Seperti ranjang dengan warna coklat kayu muda, lampu tidur dengan warna coklat, sprei berwarna putih, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Ranjang yang Rendah di Kamar

cara menata ruangan kamar yang sempit
Source : Lowe’s Canada

Selain warna, peran ranjang dan kasur pada ruang tidur juga penting nih Pins! Salah satu strategi tepat untuk menata kamar sempit yaitu dengan cara memilih ranjang kasur yang rendah.

Hal ini dikarenakan dengan desain kasur yang tinggi akan memberikan tampilan kamar yang lebih padat dan sempit. Namun, dengan kasur yang rendah justru memberikan kesan penataan kamar yang lebih lapang.

Kini sudah banyak sekali pilihan ranjang dan kasur yang rendah. Apalagi jika Pins ingin menampilkan desain kamar minimalis, jenis atau model kasur ini akan memaksimalkan dekorasi kamar tidurmu.

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah Minimalis

3. Letakkan Kasur di Posisi Pinggir Ruangan

cara menata kamar sempit
Source : Remodelista

Ternyata memposisikan kasur di pinggir ruangan bisa memberikan kesan lebih luas pada kamar, lho! Dekorasi kamar tidur sempit ini bisa kamu siasati dengan peletakkan atau posisi dari kasur itu sendiri.

Dengan memposisikannya di pojok ruangan, memungkinkan kamu untuk memiliki space yang lebih luas untuk menaruh berbagai furniture lainnya. Seperti untuk menaruh meja kasur, meja rias, atau mendekorasi kamar dengan karpet yang unik.

4. Gunakan Model Lampu yang Cocok

cara menata kamar sempit
Source : Pixabay

Pencahayaan yang baik dapat membuat ruangan terlihat lebih lapang. Salah satu trik yang dapat digunakan untuk meningkatkan estetika ruangan sempit adalah dengan menggunakan lampu pendant model lilin.

Lampu pendant model lilin dapat membuat ruangan terlihat lebih lebar dan memberikan nuansa yang ceria dan menyenangkan. Selain itu, lampu pendant model lilin juga dapat digunakan sebagai fokus utama dalam ruangan dan menambah kesan mewah dan elegan.

Oleh karena itu, jika Pins ingin meningkatkan estetika ruangan kamu yang sempit, salah satu cara yang dapat Pins coba adalah dengan menggunakan lampu pendant model lilin.

5. Manfaatkan Bagian Belakang Pintu

cara menata kamar sempit
Source : Tokopedia

Bagian belakang pintu juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif tempat untuk menaruh gantungan jaket atau pakaian. Penggunaan dinding kosong di belakang pintu sebagai tempat menggantung pakaian adalah hal yang lazim dilakukan.

Alasan utama dari penggunaan dinding belakang pintu sebagai tempat gantung pakaian adalah karena keterjangkauan, sehingga Pins dapat dengan mudah menggantungkan jaket atau pakaian kamu saat memasuki ruangan.

6. Manfaatkan Celah yang Ada

Selain dinding belakang pintu, sisi bawah meja juga dapat dimanfaatkan agar kamu lebih lapang. Celah di antara dua meja dapat digunakan untuk menata buku-buku atau koran bekas yang masih ingin dibaca.

Dengan menata buku-buku atau koran bekas di celah di antara dua meja, ruangan akan terlihat lebih rapi dan tidak ada lagi buku atau koran yang berserakan. Ini juga akan memberikan tampilan yang lebih rapi pada kamar kamu, Pins.

7. Ubah Jendela jadi Model Tirai

cara menata kamar sempit
Source : Tokopedia

Dalam menata kamar yang sempit, pemilihan jendela juga merupakan faktor penting. Penggunaan jendela dengan model tirai kantor dapat memberikan kesan yang lebih profesional dan rapi.

Hal ini dapat membuat kamar terlihat lebih apik dan meningkatkan produktivitas Pins karena kamu merasa nyaman dan betah dalam ruangan yang rapi dan teratur.

8. Pilih Tempat Tidur Tanpa Headboard

cara menata kamar sempit
Source : Pinterest

Headboard atau dinding belakang tempat tidur memang dapat meningkatkan estetika kamar kamu. Namun, jika digunakan di kamar yang sempit, headboard malah menambah kesan ruangan terasa penuh dan sempit.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan tempat tidur tanpa headboard di kamar sempit. Dengan menggunakan tempat tidur tanpa headboard, kamu dapat menghemat tempat dan menambah kesan ruangan terasa lebih luas.

Baca juga: 25 Pilihan Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Kekinian

9. Gunakan Hidden Storage

cara menata kamar sempit
Source : Pinterest

Pins dapat menambahkan laci yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Selain meningkatkan estetika ruangan, cara ini sangat efektif sebagai tips menata kamar yang sempit. Konsep hidden storage sangat populer digunakan oleh anak muda karena dapat membuat ruangan terasa lebih rapi dan tertata.

10. Atur Dekorasi dengan Baik

cara menata kamar sempit
Source : Pinterest

Cara lain untuk meningkatkan kesan ruangan yang sempit adalah dengan menggunakan permainan dekorasi yang kreatif. Baik pada dinding maupun langit-langit ruangan. Dengan mengaplikasikan dekorasi yang unik seperti lemari tanam, akan membuat ruangan terasa lebih menyenangkan dan nyaman.

Kamu juga bisa menempatkan lemari di bawah kasur. Hal ini akan membuat kamu hemat tempat dan tidak boros karena membuang tempat. Sehingga, Pins tidak perlu lagi membeli lemari pakaian untuk kebutuhan sehari-hari, kecuali untuk bepergian yang memerlukan gantungan pakaian.

11. Gunakan Wallpaper yang Tepat

cara menata kamar sempit
Source : Pinterest

Penggunaan wallpaper juga dapat membuat ruangan terasa lebih hidup dan artistik. Disarankan untuk memilih wallpaper dengan motif atau pola, karena ini akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan tidak membosankan.

Namun, Pins perlu ingat untuk tidak mengaplikasikan wallpaper secara menyeluruh. Sebaiknya kombinasikan dengan warna cat yang netral dan tidak terlalu mencolok.

12. Pilih Warna Sprei yang Netral

cara menata kamar sempit
Source : Finding Silver Pennies

Selain dari furniturenya sendiri, kamu juga perlu memikirkan perabotan lainnya Pins! Salah satunya adalah sprei. Salah satu cara menata ruangan kamar yang sempit adalah memilih warna sprei, sarung bantal dan guling, serta bed cover dengan warna yang netral.

Selain warna netral kamu juga disarankan untuk memilih dengan motif yang tidak ramai, atau minim. Pins bisa memilih sprei dengan motif polos, atau polkadot yang simple. Jangan sampai motif sprei yang terlalu ramai justru membuat tampilan kamar menjadi sempit.

13. Atur Pencahayaan yang Cukup

penataan kamar tidur
Source : Pexels

Cara menata ruangan kamar yang sempit berikutnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan di kamar. Cahaya juga merupakan salah satu faktor penentu yang dapat menciptakan ilusi ruangan yang luas pada kamar.

Semakin redup atau gelap cahaya di kamar, akan terlihat lebih sempit. Sedangkan jika pencahayaan cukup dan terang bisa membuat kamar terlihat lebih lapang.

Usahakan kamu memiliki kamar yang berjendela, agar memiliki pencahayaan alami di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa memilih lampu yang sesuai dan bisa menjadi sumber cahaya di kamar saat malam hari.

Selain pemilihan lampu yang tepat, peletakannya pun juga perlu diperhatikan Pins! Jangan sampai salah memposisikan lampu yang justru membuat desain kamar jadi terlihat sempit.

Baca juga: Tips Desain Kamar Apartemen

14. Manfaatkan Cermin Sebagai Ilusi Ruangan

penataan kamar tidur
Source : Indonesia Design

Berikutnya adalah dengan menggunakan cermin pada ruang tidurmu. Menata kamar sempit bisa disiasati dengan meletakkan cermin untuk tampilan desain kamar yang lebih luas. Seperti contohnya Pins bisa menaruh cermin besar pada bagian sisi kasur.

Kamu juga bisa memilih lemari pakaian yang dilengkapi cermin pada tiap pintu lemari. Dengan demikian, cermin bisa memberikan ilusi pada ruangan agar terlihat lebih luas. Ternyata, cermin bukan hanya berguna untuk kita merias dan mengoreksi penampilan saja, melainkan juga bisa menjadi ilusi pada sebuah ruangan!

15. Penataan Kamar Tidur Menggunakan Rak Gantung

penataan kamar tidur
Source : Teabook.eu

Salah satu inspirasi dekorasi kamar tidur sempit berikutnya adalah dengan menggunakan rak gantung. Untuk kamu yang memiliki beberapa koleksi buku, kamu bisa memanfaatkan rak gantung untuk menata sekaligus mempercantik ruangan sempit ini di rumah.

Jika kamu memiliki desain kamar tidur minimalis, rak gantung juga bisa jadi salah satu pilihan utama, lho! Kamu bisa memilih rak gantung dengan warna yang senada dengan furniture lainnya.

Baca juga:

16. Menggunakan Rak Vertikal

Pins juga dapat melakukan efisiensi ruangan dengan menggunakan rak yang diletakkan di sudut-sudut kamar. Supaya tidak terlalu penuh, pastikan bahwa barang yang ada di tak tidak terlalu banyak ya, Pins. Jangan lupa juga untuk menyusunnya secara rapi.Penataan seperti ini bisa membuat ruangan kamar Pins terlihat lebih lapang.

17. Pemilihan Gorden yang Tepat

penataan kamar tidur
Source : Sunblinds

Jika kamu pemilik kamar tidur sempit, pemilihan gorden juga harus diperhatikan Pins! Hindari gorden yang panjang dan berbahan tebal, terlebih gorden yang menjuntai hingga menyentuh ubin atau lantai. Pilihlah gorden yang simpel dan tidak terlalu panjang. Namun,

jika jendela di kamarmu cukup panjang, kamu bisa gunakan gorden minimalis tanpa vitrase. Seperti salah satunya gorden kayu yang cara penggunaannya di putar.

Gorden tersebut sangat hemat ruang, minimalis, dan memberikan kesan modern pada ruangan. Sehingga tak heran model gorden tersebut jadi pilihan banyak orang.

18. Penataan Kamar Tidur Sempit dengan Pintu Geser

penataan kamar tidur
Source : Archify

Jika kamar tidurmu memiliki kamar mandi dalam, kamu bisa gunakan pintu geser untuk menghemat space. Dengan model pintu bukaan yang pada umumnya dipakai justru memakan ruang lebih untuk pintu atau papan pintunya.

Sedangkan untuk pintu geser akan jauh menghemat tempat. Penggunaan pintu geser membuat tampilan kamar tidur akan terlihat lebih simpel, minimalis dan tetap modern.

19. Gunakan Perabotan Berukuran Kecil

Penataan kamar tidur juga sangat bergantung pada perabotan yang Pins gunakan. Supaya kamar yang Pins buat tidak terlalu penuh, Pins sebaiknya memilih barang-barang atau perabotan yang berukuran tidak besar. Barang-barang dengan ukuran besar bisa memberi kesan ruangan menjadi sangat penuh.

Pins dapat memilah barang-barang yang berfungsi secara baik namun berukuran kecil untuk tetap ditempatkan di kamar. Setelah itu, Pins dapat mengatur penempatan perabotan tersebut secara rapi.

20. Hindari Perabotan yang Tidak Dibutuhkan

penataan kamar tidur
Source : Reddit

Seringkali kita melihat sebuah perabotan atau barang yang bagus dan unik dan langsung membelinya. Hal tersebut terkadang membuat kita pun bingung dimana akan menaruhnya. Nah, jika kamu pemilik kamar tidur yang sempit, hindarilah membeli sebuah barang yang tidak memiliki fungsi di kamar.

Dengan menaruh perabotan yang terlalu banyak di kamar justru jadi faktor utama kamar terlihat sangat sempit dan tidak rapi. Kamar yang luas pun juga bisa terlihat sempit dan berantakan jika banyak ditaruh berbagai perabotan yang tak terpakai.

Itu dia Pins berbagai inspirasi dekorasi dan cara menata ruangan kamar yang sempit. Kamu tetap bisa wujudkan kamar tidur yang nyaman dan luas dengan menata kamar sempit dengan cara yang tepat!

Baca juga: Desain Kamar Tidur Sederhana untuk Pasangan Muda

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download