Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Desain Rumah Sederhana

Tips Properti

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memilih Desain Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Hai Pins, sudah memiliki rumah? Memiliki rumah sudah menjadi keinginan setiap orang di jaman sekarang. Berapapun harganya, orang selalu memprioritas untuk membeli rumah. Salah satu yang menjadi solusi untuk mengatasi harga mahal sebuah rumah adalah membeli rumah sederhana. Apa saja hal yang harus kamu ketahui sebelum memilih desain rumah sederhana?

Jangan salah, dengan membeli rumah sederhana, jika menggunakan desain yang tepat, maka rumah sederhana tersebut bisa terlihat lebih mahal. Salah satunya adalah dengan menggunakan desain minimalis. Konsep rumah minimalis menjadi trendsetter saat ini, karena relatif lebih terjangkau dan perawatan rumah yang tidak mahal.

Nah, apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih desain rumah sederhana?

1. Ukuran besar lahan rumah sederhana

Ukuran besar lahan ini memegang peranan penting. Karena pada dasarnya sebuah desain untuk rumah sederhana akan mengikuti ukuran lahan tersebut. Selain interior, Pins perlu juga memperhatikan lahan di depan dan belakang rumah, yang bisa dimanfaatkan.

Contohnya, jika Pins memilih gaya minimalis untuk desain rumah sederhana, manfaatkan bagian depan atau belakang rumah untuk area khusus anak bermain.

2. Detail & tekstur

Memiliki rumah sederhana dengan lahan yang tidak cukup besar, merupakan tantangan tersendiri untuk Pins agar bisa menampilkan gaya dan estetika sederhana namun indah.

(Rumahpedia)

Kuncinya adalah, keberanian untuk eksplorasi warna, material, tekstur, dan bentuk pada eksterior maupun interior dengan detail fungsional, pemilihan material, dan komposisi tekstur yang tepat, maka akan memberikan kesan mewah pada rumah sederhana.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Pintu Rumah Minimalis

3. Sirkulasi udara dan cahaya

Kondisi lain yang menjadi tantangan rumah sederhana yang terlalu kecil dan sempit adalah sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Tips dari Pinhome adalah, siasati dengan cara meninggikan atap rumah. Hal ini akan membuat sirkulasi udara lebih bebas dan segar. Atau perbanyak penggunaan ventilasi pada setiap sudut atas rumah.

(Khendata)

Dengan sirkulasi udara yang baik, akan membuat rumah terasa lebih sejuk dan tidak sesak, sehingga akan membuat rumah sederhana nyaman untuk dihuni.

Tapi perlu diingat juga, hitung baik-baik penggunaan ventilasi, jangan sampai berlebihan. Contohnya dampak buruk pertama adalah air hujan, yang kemungkinan besar bisa masuk ke dalam rumah. Lalu pertimbangkan juga angin malam yang bisa membuat udara di dalam rumah semakin dingin.

4. Memaksimalkan ruang

Dalam menentukan desain yang tepat untuk rumah sederhana, kunci utamanya  adalah terletak pada memaksimalkan setiap ruang baik interior maupun eksterior sehingga tetap bisa membebaskan ruang gerak Pins.

(Sanook)

Contohnya adalah mendesain dapur menjadi satu dengan ruang makan. Pemanfaatan kitchen dengan desain minimalis, akan bisa memaksimalkan penggabungan dua ruang ini. Jangan lupa gunakan warna yang senada, sehingga ruangan akan terkesan lebih luas.

(DMA House)

Atau desain sebuah ruang tamu yang multi fungsi. Gabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Pins bisa menggunakan sofa yang nyaman dan berkualitas. Tidak perlu banyak perabotan, cukup tambahkan meja, lemari multifungsi, dan TV. Sedangkan untuk dekorasinya,  bisa memilih menggunakan karpet dengan beragam motif. Atau Pins bisa menggunakan lukisan atau foto menjadi salah satu aksen.

5. Gunakan Split level

Selain tips diatas, ada solusi lain yang bisa Pins terapkan. Model rumah sederhana tapi indah dengan lahan sempit akan terlihat lebih mewah dan luas, yaitu menggunakan konsep split level atau perbedaan level tiap-tiap ruangan.

(YouTube Ken Rhido)

Konsep ini sudah cukup populer. Perbedaan ketinggian lantai pada rumah berkonsep split level ini justru membuat seluruh ruangan terlihat lebih besar dan lapang.

Nah, bagaimana Pins? Sudah menemukan desain rumah sederhana? Selalu bereksplorasi ya Pins untuk menemukan desain yang tepat bagi rumah sederhana. Karena berhubungan dengan luas tanah, luas bangunan dan biaya perawatan.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel