Pinhome

Tips Properti

Tips Mendesain Kamar Mandi Sehat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah tinggal yang sehat merupakan konsep utama yang harus diwujudkan ketika Anda mendesain sebuah rumah. Syarat kesehatan harus terpenuhi pada setiap bagian rumah. Tak terkecuali dengan kamar mandinya. Keberadaan kamar mandi yang sehat sangat penting bagi seluruh penghuni rumah. Karena tersedianya kamar mandi yang sehat di sebuah rumah tinggal ikut berkontribusi dalam menjaga kesehatan para penghuninya.

kamar mandi batu alam

Desain kamar mandi yang sehat harus memperhatikan sejumlah kriteria berikut ini:

Pertama, memiliki sirkulasi udara dan lubang ventilasi. Pastikan sirkulasi udara dari luar bisa masuk ke dalam kamar mandi dan begitu juga sebaliknya. Usahakan kamar mandi memiliki ventilasi yang berhadapan langsung dengan bagian luar rumah. Untuk menjaga privasi, Anda bisa menggunakan tanaman yang ditaruh berhimpitan pada lubang ventilasi tersebut. Ada baiknya Anda memasang exhaust agar pertukaran udara dari luar rumah ke dalam kamar mandi maupun dari dalam kamar mandi ke luar rumah bisa berjalan secara optimal.

Kedua, pencahayaan. Bila Anda memiliki kamar mandi berukuran kecil, pastikan terdapat celah sehingga sinar matahari bisa menerangi seluruh area kamar mandi. Pencahayaan yang cukup akan memberikan kesan yang luas pada kamar mandi Anda. Selain itu, paparan sinar matahari bisa mengurangi tingkat kelembaban yang ada di dalamnya. Walhasil, kuman dan bakteri akan mati. Kamar mandi Anda menjadi sehat dan Anda pun bisa menghemat pemakaian listrik.

Ketiga, perawatan. Agar kamar mandi Anda tetap bersih, rajinlah membersihkan kamar mandi secara teratur, baik lantai maupun dindingnya. Seringlah menguras bak mandi agar jentik-jentik nyamuk tidak bertahan hidup. Ada baiknya Anda memilih keramik bak mandi dan closet yang berwarna putih atau cerah. Dengan warna-warna tersebut, bak mandi dan closet akan segera terlihat bila kotor sehingga bisa mengganggu kenyamanan bila tidak segera dibersihkan. Anda pun akhirnya tidak bisa bermalas-malasan dan segera membersihkannya. Hindari pula penggunaan zat pembersih yang banyak mengandung asam untuk mengurangi tingkat kerusakan lingkungan. Untuk menghilangkan bau tidak sedap, Anda bisa menggunakan kamper maupun pengharum kamar mandi.

Tags :

Bagikan Artikel