10 Model Ornamen Kaligrafi yang Bagus untuk Mushola di Rumah

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 14 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Bagi umat muslim, memiliki mushola di rumah yang menjadi ruang khusus beribadah adalah hal yang menenangkan. Cara mendekatkan diri kepada Allah di rumah, memiliki makna yang mendalam. Apalagi bila ruang tersebut di hias dengan ornamen kaligrafi masjid yang indah, pastinya kamu dan keluarga akan senang.

Tidak hanya sebagai penghias interior di dalamnya, contoh ornamen kaligrafi yang di pasang di mushola rumah menambah motivasi tersendiri saat beribadah. Betul tidak Pins? Semakin nyaman ruang ibadah dibuat, tentu akan semakin sering kamu berada di dalamnya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Beberapa model menarik sebagai contoh ornamen kaligrafi di bawah ini pastinya dapat menambah keindahan desain mushola di rumah. Dijamin kamu dan keluarga akan semakin semangat beribadah.

Baca juga : Inspirasi Desain Mushola Minimalis

Kaligrafi Benang Emas

(kaskus)

Jika Pins senang dengan dekorasi kerajinan tangan yang menarik, ornamen kaligrafi masjid dengan bahan kain adalah yang terbaik. Sering disebut kaliigrafi benang emas, dekorasi hunian satu ini memang cocok berada pada ruang ibadah. Kerajinan tangan ini dibuat dari tangan terampil dengan teknik menjahit benang pada kain. 

Benang berwarna emas yang menjadi ciri khas membuat lukisan kian terlihat mewah dan elegan. Bila kamu tertarik, ada baiknya membeli di waktu dekat ini. Hal tersebut dikarenakan kerajinan tangan satu ini sering naik harga dua kali lipat pada saat bulan Ramadhan. Nah, terlihat bukan antusias masyarakat bagaimana dengan ornamen satu ini.

Ornamen Kaligrafi Masjid Timbul

(pinterest)

Melirik lebih dalam lagi ciri khas dalam dekorasi tempat ibadah memang tidak terlepas dari kaligrafi timbul yang pastinya sering Pins lihat dalam masjid. Contoh ornamen kaligrafi satu ini menawan dan cukup laris sebagai penghias dalam ruang ibadah muslim. Teknik timbul yang ditampilkan dekorasi ini membuat mushola kecil milik Pins di rumah menjadi ruang ternyaman dalam hunian. Kamu pun bisa menambahkan detail menarik lainnya pada ruang ibadah seperti karper permadani minimalis.

Lukisan Kanvas Kaligrafi

(shopee)

Lukisan kanvas memang terbukti tetap eksis hingga zaman modern. Lukisan yang dibuat dari hasil karya tangan manusia ini bisa dikatakan menyimpan makna lebih dalam dengan teknik yang terbilang tidak mudah. Ornamen kaligrafi vektor maupun lukisan pemandangan yang dipadupadankan dengan tulisan kaligrafi sederhana dapat membuat ruang terlihat sejuk dan nyaman. Ini akan membuat ibadah lebih khusyuk lagi. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Beton Retak

Ornamen Kaligrafi Pada Keramik Dinding

ornamen kaligrafi
(tokopedia)

Keramik dinding dengan motif ornamen kaligrafi masjid merupakan pilihan teratas pada desain ruang ibadah. Dinding keramik seperti ini sangat layak diaplikasikan pula pada hunian. Pins bisa menaruh dalam satu bagian ruang secara penuh maupun hanya setengah badan bangunan. Tidak hanya itu, Pins pun bisa mengaplikasikan hanya pada bagian bawah langit ruang mushola ataupun hanya memakai beberapa keramik saja sebagai hiasan. Dengan bahan keramik sebagai lantai maupun dinding mushola membuat ruang terasa lebih sejuk dan nyaman.

Baca juga: Menghitung Biaya Bangun Rumah Tipe 36

Stiker Dinding Ornamen Kaligrafi Vektor

ornamen kaligrafi
(pinterest)

Ornamen kaligrafi vektor jenis stiker dinding selanjutnya. Kamu dapat menempelkan pada bagian dinding ruang mushola untuk memperindah. Stiker menjadi pilihan dengan biaya yang cukup terjangkau pula sebagai hiasan dinding. 

Kamu bisa mengisinya dengan tulisan motivasi bahasa Arab untuk menambah semangat kamu dan keluarga dalam beribadah. Tidak hanya sampai disitu Pins, stiker dinding pun tidak akan merusak dinding bila Pins ingin menggantinya dengan tulisan lainnya. Hal yang paling penting adalah kamu mengetahui dengan benar cara memasang dan melepasnya. Tindakan tersebut akan berdampak pada kerapihan dari ornamen itu sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah 3D

Pajangan Kaligrafi Minimalis Poster Kayu

ornamen kaligrafi
(bukalapak)

Poster adalah salah satu barang penghias hunian yang memang dengan sangat mudah bisa ditemukan. Kini pun sudah ribuan motif beragam dengan jenis bervariasi yang dapat Pins pilih. Poster pun memiliki harga jual yang jauh lebih terjangkau dengan kelebihan lainnya bisa cepat bongkar pasang dengan mudah. 

Mulai dari ornamen kaligrafi vektor, jenis tulisan kufi, surat-surat pendek bisa kamu pasang pada mushola dalam hunian. Poster dengan bahan material kayu misalnya, menjadi lebih menarik dan tentunya estetik. Ini akan menambah ruang ibadah lebih hangat lagi dan bisa pula diselaraskan dengan furniture kayu di dalamnya.

Baca juga: Analisa Kebutuhan Pagar Kawat Silet Per Meter

Kaligrafi Mozaik

ornamen kaligrafi
(rebanas)

Contoh ornamen kaligrafi dengan teknik mozaik memang menarik diaplikasikan pada bahan dekorasi manapun. Mulai dari kayu, kaca, kertas, bahkan marmer. Selain itu, kamu pun bisa membuat sendiri dengan warna dan motif sesuai selera maupun memesannya custom

Teknik mozaik dengan menempelkan ragam jenis barang di dalamnya pun bisa juga menambah ruang kian berwarna. Apalagi bila Pins membuat sekat ruang dengan material kaca yang mengadaptasi ornamen ini, pasti akan membuat mushola semakin cantik. Cobalah untuk menampilkan warna-warna terang dan berani pada kaca, seperti contoh warna pelangi.

Ornamen Kaligrafi Ayat Kursi dengan Pigura

(Dekoruma)

Salah satu dekorasi kaligrafi yang sering ditemukan adalah bacaan ayat kursi ini.. Meskipun tampak simpel dan sederhana, ornamen ini dapat mengingatkan kamu pada besarnya kuasa Allah dan tentu akan tampak indah ketika dipajang di dinding rumah kamu.

Surat Kursi berisi tentang kebesaran Allah dan digunakan juga untuk mengusir hal-hal yang tidak baik.

Ornamen Kaligrafi dengan Kalimat Religi

(Dekoruma)

Buat Pins yang beragama islam, pasti sudah tidak asing dengan kalimat suci seperti: Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar. Nah, dekorasi satu ini merupakan set 3 bingkai foto yang masing-masing berisikan kalimat suci berikut ini. Kamu bisa memajangnya di dinding rumah kamu agar terlihat lebih indah dan menjadi pengingat untuk selalu beribadah.

Jam Dinding Kaligrafi

(Amazon)

Ornamen kaligrafi lainnya yang bisa kamu coba adalah jam dinding dengan motif kaligrafi ini. Selain indah, tentu hiasan ini juga berguna. Biasanya, kaligrafi akan diukir dengan kayu dan digabungkan dengan jam.

Bagaimana, sudah menentukan kira-kira Pins akan memilih ornamen seperti apa? Semua jenis ornamen di atas dijamin dapat membuat mushola milik kamu menjadi lebih menarik lagi.

Baca juga: 13 Dekorasi Ramadhan Simple yang Pastinya Membuat Hunian Syahdu


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia