BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Referensi Desain Dapur Bersih yang Nyaman untuk Memasak
0
0

12 Referensi Desain Dapur Bersih yang Nyaman untuk Memasak

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 21, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain dapur Kamu menggabungkan antara dapur bersih dan dapur kotor? Ubah desain tersebut dengan penempatan masing-masing dapur bersih dan dapur kotor yang berbeda tempatnya. Hal ini dilakukan demi menjaga kebersihan rumah Kamu dan penjamuan makanan dapat dilakukan di dapur bersih. Dapur kotor hanya difungsikan untuk pengolahan bahan makanan menjadi makanan yang siap disantap. Simak artikel ini untuk mengetahui referensi desain dapur bersih yang nyaman untuk memasak.

Kamu dapat memiliki dua dapur, yang salah satunya ada dapur bersih di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung Ketika membangun rumah di KPR rumah Kamu harus mewujudkan desain dapur yang memiliki dua konsep dapur, dapur bersih Kamu tempatkan di dekat ruang makan keluarga, sedangkan dapur kotor Kamu tempatkan di area belakang rumah.

12 Referensi Desain Dapur Bersih yang Nyaman untuk Memasak

Dapur merupakan ruangan yang dibutuhkan oleh keluarga di dalam rumah sebagai ruangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Di dapur terjadi pemasakan bahan makanan untuk disajikan kepada keluarga besar. Desain dapur yang nyaman dan menarik tentunya akan membuat pemilik rumah merasa betah dan semakin bersemangat untuk memasak di dapur.

Apakah kalian tahu terdapat dua jenis dapur di rumah-rumah bergaya saat ini? Dua jenis dapur tersebut adalah dapur bersih dan juga dapur kotor. Mungkin kalian akan berpendapat bahwa menciptakan dua dapur di dalam satu rumah adalah hal yang memboros ruangan. Tetapi, dapur bersih dan kotor memiliki fungsi yang berbeda sehingga dalam penggunaannya disarankan dipisah ruangannya agar tetap sesuai dengan fungsionalnya. Dapur bersih didesain menyatu dengan interior rumah lainnya dan dekat dengan meja makan keluarga. Lalu, dapur kotor didesain berada di belakang rumah di area terbuka untuk mendapatkan sirkulasi udara yang banyak.

Dapur bersih adalah dapur dengan tingkat kebersihan yang tinggi karena aktivitas yang dilakukan adalah aktivitas ringan seperti membuat minuman ringan seperti teh, jus, kopi, memotong buah, dan menghangatkan makanan menggunakan microwave. Sedangkan, dapur kotor adalah dapur yang setelah digunakan untuk beraktivitas akan menghasilkan tingkat kekotoran yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan aktivitas memasak yang dilakukan tergolong berat, seperti melakukan pembersihan bahan makanan, dan memasak makanan sehari-hari. Dapur bersih akan terlihat lebih estetik dibandingkan dengan dapur kotor.

Berikut ini referensi desain dapur bersih yang nyaman untuk memasak: 

1. Dapur Bersih Bertema Hitam Elegan

dapur cantik
Source : iStock

Dapur pertama yang dapat Kamu jadikan sebagai referensi penciptaan dapur bersih adalah dapur bertema hitam elegan. Kabinet-kabinet dapurnya disajikan berwarna hitam bermodel keramik dan di tengahnya diberikan lis menyambung dari satu kabinet ke kabinet lainnya berwarna perak. Warna kabinet dengan lis ini disamakan juga dengan warna kulkas di sebelahnya loh.

Dapur bersih ini dibuat sangat simpel sesuai dengan peruntukkan dapur bersih, yaitu terdapat kompor elektrik, pemanggang roti, wastafel, dan tempat luas untuk beraktivitas sesuatu. Kamu juga bisa menambahkan microwave untuk menghangatkan makanan dengan mudah.

Baca juga: 4 Perbedaan Jenis Dapur Kotor dan Dapur Bersih

2. Dapur Bersih Berwarna Abu dan Tanah Liat

dapur cantik
Source : iStock

Dapur bersih selanjutnya yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas ringan untuk menyiapkan bahan masakan atau melakukan pembuatan minuman adalah dapur bersih yang bertema warna abu dan tanah liat. Penggunaan warna abu terlihat dari penggunaan kabinet-kabinet dan kursi di kitchen island. Terdapat kitchen island juga loh Pins sebagai tempat adanya wastafel. Dinding kitchen set dan kabinet kitchen island dibuat menggunakan marmer berwarna tanah liat bercorak retakan membuat dapur bersih ini menjadi mewah.

3. Dapur Bersih Bernuansa Penuh Kayu

dapur cantik
Source : iStock

Dapur bersih ketiga sebagai referensi Kamu dalam mewujudkan rumah dengan dapur bersih dan dapur kotor adalah dengan penciptaan dapur bersih bernuansa penuh kayu. Pada dapur ini, mulai dari kabinet-kabinet hingga dinding kitchen set dibuat dengan material kayu. Material kayu pada kabinet dicat menggunakan warna hitam, sedangkan pada dinding kitchen set tetap menggunakan warna alami dari kayu. Pada dapur bersih ini kompor hanya dimanfaatkan untuk membuat minuman panas.

4. Dapur Bersih dengan Marmer Hijau

desain dapur
Source : iStock

Dapur bersih selanjutnya dapat Kamu gunakan inspirasinya untuk membangun dapur bersih yang nyaman untuk Kamu memasak, yaitu dapur bersih dengan marmer hijau. Dapur ini mengemban sentuhan marmer hijau yang diarsitekturkan pada meja kitchen island dan dinding kitchen set-nya. Tampilan marmer hijau tersebut membuat dapur Kamu akan terkesan natural. Kabinet lainnya mempergunakan material yang terbuat dari kayu berwarna coklat gelap. Lagi-lagi peralatan dapur di dapur bersih satu ini hanya terdapat kompor dan microwave.

5. Dapur Bersih Berunsur Putih yang Nyaman

desain dapur
Source : iStock

Dapur bersih kali ini mengambil tema warna putih yang jika dilihat Kamu akan merasakan kenyamanannya. Dinding dapur ini menggunakan cat berwarna abu-abu untuk menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan berkelas. Lalu, penggunaan warna putih menyelimuti kabinet-kabinet dapur bersih dan kitchen island-nya. Kompor elektrik ditempatkan di kitche island, dan kitchen set sebagai tempat untuk mempersiapkan bahan makanan.

Kamu bisa menambahkan ide taman dekat dapur, agar rumah jadi nyaman.

6. Dapur Bersih Kabinet yang Berseberangan

desain dapur
Source : iStock

Referensi dapur bersih keenam untuk Kamu adalah dapur bersih dengan gaya kabinet yang berseberangan. Dapur bersih kali ini menggunakan material yang terbuat dari kayu termasuk kabinet-kabinetnya dan meja kitchen set-nya. Warna dinding berwarna putih sangat tepat disandingkan dengan warna coklat kayu, dapur Kamu akan terlihat semakin menarik dan memberikan suasana hangat. 

Pada bagian kirinya, dibuat sebagai wastafel dan terdapat peralatan dapur yang ditata dengan rak yang menempel di dinding. Pada bagian kanannya, ditambahkan kompor elektrik, microwave, dan oven.

7. Dapur Bersih Broken White Bergaya Estetik

desain dapur
Source : iStock

Di urutan ketujuh Kamu dapat mengenali warna broken white yang diterapkan pada pewarnaan dapur bersih bergaya estetik. Pewarnaan broken white tidak hanya pada kabinet dapur saja, tetapi juga pada dinding dan plafon dapur. Uniknya pada pewarnaan dinding bermodel setengah warna, setengah warna menggunakan broken white dan setengah warna selanjutnya menggunakan warna coklat. Warna coklat ini sengaja digunakan agar senada dengan meja makan dan kabinet kitchen set bagian bawah. 

Peralatan kitchen set yang disediakan berupa kompor dan wastafel. Terdapat juga kulkas yang menyatu dengan desain kitchen set-nya. Pada dinding kitchen set ditambahkan lampu LED yang menerangi aktivitas memasak Kamu sekaligus menambah kesan estetik.

8. Dapur Bersih dengan Kitchen Island yang Menarik

desain dapur bersih
Source : iStock

Referensi dapur bersih berikut ini dapat Kamu terapkan untuk dapur hunian Kamu, yaitu dapur bersih dengan kitchen island yang menarik. Kemenarikan tersebut dipadukan dengan penggunaan material kayu pada kabinet kitchen island dan kitchen set. Kedua meja dapur tersebut dikemas dengan sentuhan keramik berwarna putih. Penggunaan warna putih tersebut dibuat senada dengan dinding sekitarnya yang juga berwarna putih.

Di kitchen set-nya terdapat kompor dan wastafel. Lalu, ditambahkan keberadaan rak piring dan beberapa peralatan dapur untuk memasak. Kulkasnya juga menggunakan warna putih loh Pins. Ketahui desain dapur sehat, nyaman tapi tetap cantik!

9. Dapur Bersih Berkesan Mewah

desain dapur bersih
Source : iStock

Di referensi dapur bersih kesembilan dapat memberikan kesimpulan saat melihatnya, yaitu jika diterapkan di rumah Kamu akan membuatnya berkesan mewah. Kabinet kitchen set difinalisasi dengan pewarnaan putih dan pada sisi kabinet atasnya menggunakan bahan bermaterial kayu. Lalu, kitchen island yang digunakan diberikan warna abu-abu bermeja marmer yang senada warnanya.

Pemilik hunian ini juga menambahkan tanaman-tanaman hias yang ditempatkan di rak-rak dinding kitchen set untuk menambahkan kesan alami di dapur bersih tersebut.

10. Dapur Bersih yang Nyaman dan Artistik

desain dapur bersih
Source : iStock

Model dapur bersih selanjutnya cocok sekali bagi Kamu yang menyukai pewarnaan yang terang namun tidak mencolok dan dapat memberikan kesan yang artistik. Dapur bersih ini dibangun sangat simpel dan memanjang untuk memberikan ruang yang lebih luas di sekitarnya. Warna yang digunakan adalah biru tua yang tidak mengkilap, lalu di meja kitchen set-nya disediakan beberapa alat dapur seperti mesin kopi, peralatan untuk memasak, serta gelas-gelas yang dibuat menggantung.

11. Dapur Bersih Bergaya Monokrom

desain dapur bersih
Source : iStock

Ide pembuatan dapur bersih kesebelas untukmu adalah dapur bersih bergaya monokrom. Walaupun warna yang diberikan pada dapur ini didominasi oleh penggunaan cat putih, tetapi terdapat warna monokrom sebagai pendampingnya. Penggunaan monokrom dinilai agar menciptakan suasana dapur yang tidak monoton. Lalu, unsur monokrom tersebut membaluti meja kitchen set dan meja kitchen island dengan motif marmer. Pada meja kitchen set ditambahkan kompor dan oven, lalu terdapat mesin pembuat kopi dan microwave. Wastafelnya diletakkan di bagian kitchen island.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat untuk Dapur yang Membuatnya Terlihat Bersih

12. Dapur Bersih Estetik di Rumah Minimalis

desain dapur bersih
Source : iStock

Rumah berikut ini berada di dekat hutan dan memiliki arsitektur yang kurang lebar tetapi memanjang. Dapur bersih yang berada di rumah memanjang ini dibuat berseberangan dengan meja makannya. Sungguh simpel tetapi tetap menarik hati kan Pins! Rumah ini bertema serba putih dengan tambahan kayu sebagai alas lantainya. Kabinet-kabinet kitchen set-nya dibuat berwarna putih, lalu ditambahkan jendela panjang yang langsung menghadap ke pemandangan di luar. Kamu tidak akan bosan memasak di rumah seperti ini.

Jika Kamu sadar, tempat tidurnya mengusung gaya mezzanine untuk mengoptimalkan ukuran ruangan yang minimalis. Pada kitchen set-nya disediakan kompor untuk aktivitas memasak ringan dan terdapat wastafel di sebelahnya.

Itulah Pins beberapa referensi dapur bersih yang nyaman untuk memasak. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan ide untuk pembuatan dapur bersih Kamu ya!

Baca juga13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download